PENGERTIAN FABRIKASI


  • Pengertian fabrikasi data itu apa sih ?
  • Apa itu fabrikasi ? Apa arti kata fabrikasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan fabrikasi ?
  • Apa pengertian fabrikasi baja ?
  • Apa pengertian fabrikasi logam ?

Pengertian Fabrikasi


Pengertian Fabrikasi Menurut Para Ahli

Definisi fabrikasi adalah proses pembuatan suatu produk jadi dengan menggabungkan atau merakit barang-barang tertentu yang sifatnya beraneka ragam.

Pengertian fabrikasi adalah proses manufaktur di mana item atau barang dibuat dari bahan baku mentah atau setengah jadi bukannya dirakit dari komponen yang sudah siap pakai. Perbedaan fabrikasi dan manufaktur yaitu manufaktur adalah pabrik sedangkan fabrikasi adalah salah satu proses operasional dari perusahaan manufaktur.

Arti fabrikasi adalah menciptakan atau menghasilkan sesuatu palsu untuk menipu seseorang. Contoh fabrikasi data. Pengertian fabrikasi data adalah suatu bentuk manipulasi atau pemalsuan data dengan menciptakan atau membuat suatu data-data yang sifatnya fiktif atau palsu. Contoh fabrikasi data adalah menuliskan referensi yang sama sekali tidak ada sumbernya atau tidak dipakai di dalam daftar acuan literatur.


Istilah fabrikasi mungkin cukup asing bagi sebagian besar kita, apalagi bagi yang tidak bersentuhan dengan dunia teknik dan konstruksi. Tapi tentu tidak ada salahnya kita mengenal istilah ini, setidaknya jika ada orang yang membicarakan mengenai fabrikasi kita bisa paham walupun hanya sedikit.

Dalam bidang konstruksi, pengertian fabrikasi adalah proses pembuatan alat produksi atau konstruksi dari material mentah yang masih berbentuk plat, pipa, baja profil, steinless, alumunium, dan jenis logam lainnya. Contoh alat produksi atau konstruksi yang dihasilkan seperti ducting, hopper, dust cooler, dan lain sebagainya.

Fabrikasi terdiri dari serangkaian pekerjaan yang dikerjakan secara bertahap berdasarkan gambar atau desain yang telah dibuat dengan ukuran yang sesuai yang terdiri dari proses marking, cutting, drilling, assembling, welding, finishing, blasting, dan painting.

Pertama-tama material mentah diukur dan dibentuk sesuai sketsa yang disebut proses marking. Kemudian material tersebut dipotong sesuai ukurannya, proses ini disebut cutting. Agar komponen-komponen dapat direkatkan maka dilakukan pengeboran material untuk membuat lubang baut, proses ini disebut drilling.

Kemudian dilanjutkan dengan proses assembling yaitu perakitan komponen-komponen menjadi bentuk jadi. Agar komponen-komponen melekat sempurna maka dilakukan pengelasan sesuai dengan aturan yang disebut juga dengan welding. Setelah itu dilakukan proses finishing yaitu membersihkan dan menggerinda seluruh permukaan material dari kotoran dan bekas-bekas selama proses pengerjaan.

Proses fabrikasi tidak berhenti di sini. Setelah finishing masih harus dilakukan blasting agar kotoran atau lapisan logam lain yang masih tertinggal benar-benar dibersihkan dengan cara menyemprotkan pasir bertekanan udara ke seluruh permukaan material. Dan terakhir dilakukan proses pengecatan material yang disebut dengan painting.

Fabrikasi dapat dilakukan dalam suatu ruangan atau bangunan yang sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan fabrikasi seperti mesin las, mesin bending, mesin potong plat, overhead crane, dan masih banyak lagi. Proses fabrikasi ini dinamakan workshop fabrications.

Selain itu fabrikasi juga dapat dilaksanakan di tempat terbuka dimana proses konstruksi akan dilaksanakan, proses fabrikasi ini disebut dengan site fabrications. Dimana seluruh proses fabrikasi mulai dari menampung stok material yang akan digunakan, memotong material, sampai pemasangan konstruksi dilakukan di lokasi proses konstruksi akan dilaksanakan.

Pengertian fabrikasi baja adalah suatu proses pembuatan baja menjadi suatu bentuk lain berdasarkan gambar teknik atau desain, jenis kualitas dan standar kekuatan yang telah disepakati dari pemesan baja tersebut.

Pengertian fabrikasi logam adalah serangkaian proses pembuatan material logam menjadi suatu komponen akhir dalam sebuah proyek konstruksi yang dimulai dari tahapan desain, pembentukan, penyambungan hingga perakitan akhir.

Pengertian fabrikasi senyawa ester adalah tahapan pembuatan senyawa ester dalam proses kimiawi.


Itulah penjelasan singkat mengenai apakah maksud fabrikasi. Mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian favrikasi secara umum ya ! Lihat juga pengertian etis dan tidak etis 🙂