PENGERTIAN FINANCIAL ADVISOR


  • Pengertian financial advisor itu apa sih ?
  • Apa itu financial advisor ? Apa arti kata financial advisor ?
  • Apa yang dimaksud dengan financial advisor ?
  • Apa deskripsi pekerjaan financial advisor ?
  • Apa pekerjaan financial advisor asuransi ?

Pengertian Financial Advisor


Pengertian Financial Advisor Menurut Para Ahli

Arti financial advisor adalah :

Pengertian financial advisor adalah seorang tenaga profesional yang membantu seseorang untuk mengelola keuangan mereka dengan memberikan nasihat tentang berbagai masalah keuangan seperti investasi, asuransi, hipotek, tabungan kuliah, perencanaan perumahan, pajak dan pensiun, tergantung dari permintaan klien. Beberapa financial advisor dibayar denagn biaya tetap untuk rekomendasi mereka, sementara beberapa financial advisor yang lain mendapatkan komisi dari investasi yang mereka jual kepada klien mereka.

Definisi financial advisor adalah sebutan bagi perencana keuangan nasabah yang bertugas sebagai konsultan layanan sales dan service.


Secara umum pengertian financial advisor adalah seseorang yang berlisensi dan berbadan hukum yang tugasnya adalah untuk membantu masyarakat, perusahaan atau lembaga pemerintahan dalam merencanakan kondisi keuangan di masa depan. Financial advisor juga bertugas untuk memberikan pengetahuan mengenai berbagai macam jenis investasi serta keuntungan yang melekat pada investasi tersebut.

Financial advisor (penasihat keuangan) merupakan profesional investasi terdidik yang membantu orang dan bisnis dalam menetapkan dan memenuhi tujuan keuangan jangka panjang. Sedangkan di Indonesia, financial advisor banyak kita jumpai pada perusahaan asuransi. Pekerjaan financial advisor dalam asuransi berfokus pada memberikan pengetahuan serta kesadaran untuk berasuransi. Tujuannya adalah agar klien atau nasabah mendapatkan manfaat proteksi hidup seperti kematian, kesehatan, biaya rumah sakit, sakit kritis dsb.

Untuk menjadi financial advisor dalam asuransi diperlukan kejujuran, jiwa sosial dan komitmen yang tinggi. Hal ini dikarenakan pekerjaan financial advisor tidaklah semudah yang dibayangkan. Seorang financial advisor harus mengetahui berbagai produk asuransi yang dia jual dan lebih mengutamakan pelayanan yang diberikan ketimbang komisi yang dia dapatkan. Financial advisor asuransi juga tidak diperbolehkan memanipulasi data-data apalagi menggelapkan premi nasabahnya.

Adapun tugas financial advisor asuransi adalah sebagai berikut :

  • Merencanakan serta memasarkan berbagai produk asuransi sesuai dengan kebutuhan klien
  • Melayani komplain serta klaim asuransi dari klien
  • Mampu bekerja sesuai target
  • Mampu mendapatkan nasabah dengan target tertentu

Pendek kata financial advisor asuransi adalah istilah untuk tenaga penjual pada perusahaan asuransi. Tugas financial advisor ini sistem kerjanya yaitu mencari klien atau nasabah untuk bergabung ke dalam perusahaan asuransi tertentu. Gaji financial advisor asuransi tidaklah besar yang besar itu adalah komisinya.


Nah itulah penjelasan singkat tentang pengertian dan tugas financial advisor. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian financial advisor & financial advisor job description secara umum ya ! Lihat juga pengertian investment advisor 🙂