PENGERTIAN FUNGSIONAL


  • Pengertian fungsional dan non fungsional itu apa sih ?
  • Apa itu fungsional ? Apa arti kata fungsional ?
  • Apa yang dimaksud dengan fungsional ?
  • Apa pengertian fungsional dan disfungsional ?
  • Apa pengertian fungsional dalam sosiologi ?

Pengertian Fungsional


Pengertian Fungsional Menurut Para Ahli

Arti fungsional adalah :

Pengertian fungsional adalah sesuatu hal yang dirancang untuk mampu melakukan satu atau lebih kegiatan yang practical, lebih mengutamakan fungsi dan kebergunaan ketimbang hal-hal yang berbau dekorasi atraktif (tidak ada fitur yang tidak perlu).

Pengertian non fungsional adalah sesuatu hal yang keberadaannya mempunyai peran secara tidak langsung terhadap suatu sistem dan hanya bersifat sebagai pendukung hal-hal yang fungsional (utama). Contohnya pada aplikasi perpustakaan, proses pencatatan peminjaman buku dan mengelola denda adalah hal yang fungsional sedangkan security (hak akses aplikasi) dan performance (respon yang cepat) merupakan hal yang non fungsional.

Pengertian fungsional dalam sosiologi adalah salah satu perspektif di dalam ilmu sosiologi yang memandang masyarakat sebagai suatu sistem yang terdiri atas bagian-bagian yang saling terkait antara satu dengan yang lainnya. Bagian yang satu tidak akan bisa berfungsi tanpa ada hubungan dan keterikatan dengan bagian lainnya. Pendek kata, masyarakat luas hanya akan bisa berjalan dengan normal jika masing-masing elemen menjalankan fungsinya dengan baik. (Bernard Raho dalam buku Teori Sosiologi Modern : 2007)


Suatu ketika seorang guru memberikan pekerjaan rumah kepada para siswanya. Salah satu pertanyaan disana tertulis seperti ini: “Bagaimana peran dari seorang ketua RW secara fungsional?”. Peran seorang ketua RW mungkin dapat kita jawab dengan mudah semisal membantu pengurusan dokumen-dokumen keluarga dan menjaga keharmonisan seluruh RT yang berada dibawahnya. Akan tetapi jawaban tersebut belum tentu tepat karena yang diminta adalah peran secara fungsional saja. Bukan peran ketua RW secara umum. Jadi sebenarnya apakah arti dari kata fungsional?

Fungsional berasal dari kata fungsi yang secara umum berarti kegunaan akan sesuatu. Secara bahasa fungsional dapat diartikan sebagai suatu aspek yang ditinjau berdasarkan fungsinya. Maka dari itu peninjauan terhadap suatu aspek secara fungsional sama saja artinya dengan meninjau aspek tersebut berdasarkan fungsinya. Contoh pembahasannya dapat berupa fungsi umum, fungsi khusus, hal yang terjadi apabila fungsi tersebut terganggu, atau bahkan bagaimana fungsi itu bisa terjadi.

Istilah fungsional dapat kita jumpai dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam ilmu ketatanegaraan misalnya dikenal istilah jabatan fungsional yang mengacu pada jabatan dengan fungsi tertentu yang spesifik. Jabatan yang ditetapkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia ini misalnya penguji mutu barang, pengawas benih tanaman, polisi kehutanan, penguji kendaraan bermotor, pembina jasa konstruksi, dan perekam medis. Masing-masing jabatan ini menjalankan fungsinya masing-masing secara spesifik sehingga disebut memiliki jabatan fungsional.

Istilah fungsional juga banyak dipakai dalam ilmu biologi. Suatu makhluk hidup biasanya dianalisis melalui 2 aspek, yakni aspek struktural dan aspek fungsional. Pengamatan ginjal manusia misalnya. Apabila dilakukan secara struktural maka pengamatan tersebut berfokus pada bagian-bagian ginjal, kandungan unsur dalam ginjal, bentuk ginjal, dll. Sementara itu pada pengamatan secara fungsional yang akan dibahas ialah bagaimana fungsi ginjal, adakah perbedaan ginjal yang kanan dengan ginjal yang kiri, apa yang terjadi jika fungsi ginjal terganggu, dll. Pembahasan lebih mendalam seputar aspek fungsional dalam biologi bahkan dilakukan dalam cabang ilmu tersendiri yang disebut fisiologi.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian fungsional dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian fungsional dan non fungsional secara umum ya ! Lihat juga pengertian definitif 🙂