PENGERTIAN GEGABAH


  • Pengertian gegabah itu apa sih ?
  • Apa itu gegabah ? Apa arti kata gegabah ?
  • Gegabah artinya apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan gegabah ?

Pengertian Gegabah


Pengertian Gegabah Menurut Para Ahli

Arti gegabah adalah :

Definisi gegabah adalah sikap dalam mengambil keputusan tanpa pikir panjang serta tidak peduli terhadap dampak apa yang akan terjadi pada diri sendiri atau orang lain atas tindakan tersebut.

Pengertian gegabah adalah melakukan sesuatu yang berbahaya dan tidak khawatir tentang risiko dan kemungkinan yang akan terjadi.


Di dunia ini kita pasti pernah bertemu orang yang terlalu berani mengambil keputusan dan berbuat sesuatu tanpa memikirkan dengan baik akibat yang ditimbulkan oleh perbuatannya. Orang seperti ini mudah terbawa emosi sehingga keputusan-keputusannya sering berdasarkan emosi daripada akal sehat. Sifat seperti ini disebut gegabah.

Kata gegabah sendiri berasal dari bahasa jawa yang sudah menjadi kosakata baku bahasa Indonesia. Oleh karena itu orang tua terdahulu sering menasehati kita agar selalu berpikir sebelum mengambil tindakan supaya kita tidak salah melangkah yang mengakibatkan penyesalan.

Contoh sikap gegabah : Suatu kelompok yang salah satu anggotanya dipukuli oleh kelompok lain. Tanpa konfirmasi dengan anggotanya yang dipukuli, ketua kelompok langsung mengajak anggota kelompoknya untuk menyerang kelompok lain tersebut. Akibatnya banyak anggota kedua kelompok yang terluka dan fasilitas umum yang rusak sehingga menimbulkan kerugian di kedua belah pihak. Akankah lebih baik jika ketua kelompok mengonfirmasi terlebih dahulu penyebab pemukulan dan sedapat mungkin diselesaikan dengan baik.

Selain karena emosi, seseorang juga bisa berbuat gegabah karena ia ingin menyelesaikan suatu masalah dengan cepat sehingga kurang pertimbangan dalam melakukan aksinya. Bukannya masalah yang selesai, terkadang aksi gegabahnya malah bisa memunculkan masalah baru.

Contohnya seorang gadis yang wajahnya berjerawat. Karena sangat ingin menghilangkan jerawat maka ia menggunakan obat penghilang jerawat yang kabarnya ampuh menghilangkan jerawat tetapi obat tersebut tidak jelas produksinya. Setelah dipakai ternyata wajahnya tidak cocok dengan obat tersebut sehingga bukan hanya berjerawat tetapi wajahnya juga melepuh.

Walaupun kita dianjurkan untuk tidak gegabah dalam berbuat, bukan berarti kita harus berlama-lama mengambil keputusan. Apalagi pada zaman sekarang dimana semua hal dituntut untuk cepat dan tepat, kita harus dapat bertindak benar dengan mempertimbangkan semua resiko dalam waktu seminimal mungkin.

Pada dasarnya gegabah bukan masalah cepat atau lambatnya tindakan seseorang, akan tetapi pertimbangan-pertimbangan seseorang dalam memutuskan sesuatu.

Istilah gegabah memiliki beberapa sinonim atau persamaan kata yang memiliki makna yang sama hanya saja berbeda pemakaian dalam kalimat, diantaranya asal-asalan, kurang hati-hati,  ceroboh, sembarangan, sembrono, serampangan, dan terburu-buru.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian arti gegabah dan contohnya. Mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian gegabah secara umum ya ! Lihat juga pengertian fabrikasi 🙂