PENGERTIAN GINCU


  • Pengertian gincu itu apa sih ?
  • Apa itu gincu ? Apa arti kata gincu ?
  • Apa yang dimaksud dengan gincu ?
  • Apa perbedaan gincu dan lipstik ?

Pengertian Gincu


Pengertian Gincu Menurut Para Ahli

Arti gincu adalah :

Pengertian gincu adalah ikon mistik kewanitaan yang telah ada sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Gincu terbuat dari campuran lilin, pigmen, minyak dan lemak, serta bahan pelembap. Adapun fungsi lilin kosmetik dalam pembuatan gincu adalah untuk memberikan bentuk gincu serta membantu memudahkan pemakaiannya. (Yap & Sarini : 2006).

Lalu apa perbedaan gincu dan lipstik ? Gincu adalah alat pemoles bibir yang mirip lipstik, perbedaan yang mencolok antara gincu dan lipstik adalah dari ketebalan dimana gincu mempunyai warna yang lebih pekat dan tebal ketimbang lipstik.


Secara sederhana, gincu dapat diartikan sebagai bahan pewarna. Bahan pewarna ini dihubungkan dengan bibir, jadi gincu itu adalah bahan pewarna untuk bibir yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan lipstik.

Ternyata ada perbedaan antara “Gincu” dengan “Lipstik” lho. Secara harfiah memang pengertian gincu dan lipstik sama, yaitu sama-sama sebagai bahan pewarna untuk bibir. Gincu lebih dikenal menggunakan bahan-bahan alami semisal untuk membuat warna bibir menjadi merah, orang-orang pada zaman dulu lebih memanfaatkan warna-warna alami dari tumbuh-tumbuhan. Jadi boleh dikatakan gincu ini merupakan proses pewarnaan pada bibir dengan menggunakan cara-cara yang tradisional yang memanfaatkan alam sebagai bahannya.

Walaupun gincu dan lipstik mempunyai fungsi yang sama, yaitu untuk pemberian warna pada bibir, tetapi lipstik lebih tepat digunakan di era zaman sekarang ini yang mana pembuatan lipstik tersebut sudah menggunakan bahan sintetis melalui alat teknologi yang canggih dan diproses secara lebih cepat daripada pembuatan pewarna bibir dengan metode gincu.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian gincu secara umum ya ! Lihat juga pengertian opsional 🙂