PENGERTIAN HATERS DAN CONTOHNYA


  • Pengertian haters dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu haters ? Apa arti haters ?
  • Apa yang dimaksud dengan haters ?
  • Apa arti kata haters gonna hate ?
  • Apa pengertian kata haters dan netizen ?

Pengertian Haters


Pengertian haters Menurut Para Ahli

Arti haters adalah :

Definisi haters adalah orang yang mempunyai rasa tidak suka yang kuat atau permusuhan terhadap orang lain serta sama sekali tidak sopan terhadap orang yang dibencinya.

Pengertian haters adalah seseorang yang tidak bisa bahagia melihat kesuksesan orang lain. Jadi, daripada melihat kebahagiaan mereka, hater akan selalu mencoba mencari aib dan memperlihatkan berbagai macam kekurangan pada orang yang dibencinya. Pada era teknologi informasi ini, kebanyakan haters berasal dari kalangan netizen yaitu para masyarakat pengguna internet.

Pengertian haters gonna hate adalah ungkapan kebanggaan pribadi dan individualitas (tak peduli dengan segala tingkah laku haters). Ini berarti bahwa seseorang akan mengabaikan komentar kejam dan penuh kebencian dari orang lain. Diluar negeri istilah haters gonna hate umumnya digunakan untuk mengekspresikan tingkah laku binatang yang mondar mandir dan bertingkah laku seenaknya tanpa memperhatikan hal lainnya seperti kucing yang pipis sembarangan, ayam yang kawin sembarangan dsb.


Pada dasarnya istilah haters bukanlah kosakata baku bahasa Indonesia. Kita tidak akan menemukan kosakata ini dalam kamus besar bahasa Indonesia. Setelah saya coba berkeliling dunia maya bersama mbah gugel, saya belum menemukan siapa orang yang pertama kali mencetuskan istilah ini. Dilihat dari segi bahasa istilah haters berasal dari bahasa inggris hate yang artinya benci. Kemudian menjadi hater yang artinya orang yang membenci. Haters berarti bentuk jamak dari hater yang artinya para pembenci.

Istilah ini mulai muncul seiring makin berkembangnya pengguna media sosial seperti facebook dan twitter. Untuk mendefinisikan istilah ini kita perlu melihat pada contoh siapa saja yang disebut haters karena sampai saat ini belum ada definisi baku dari istilah ini.

Istilah haters ditujukan pada orang atau sekelompok orang yang fokus mengkritik orang atau kelompok tertentu yang kebanyakan adalah publik figur. Dalam memberikan kritik orang-orang ini terkesan membenci dan menggunakan kata-kata kasar yang cukup memprovokasi. Kritik yang diberikan juga tidak bersifat membangun sehingga objek yang dibenci dapat memperbaiki diri. Kritiknya kebanyakan berisi cacian dan hinaan untuk melampiaskan emosi. Padahal bertemu saja mereka mungkin belum pernah dengan objek yang dibenci.

Contohnya haters dari artis A. Apapun yang diperbuat, ditulis, ataupun diposting oleh si artis selalu dihina oleh para haters. Misalnya gaya si artis, bajunya, suaranya, dan lain-lain yang kebanyakan adalah hal sepele yang tidak perlu dibesar-besarkan.

Mengapa bisa muncul haters? Haters kebanyakan adalah remaja alay yang memiliki banyak waktu luang. Hal ini bisa dilihat dari gaya bahasa di komentarnya dan intensitas mereka dalam mengomentari sesuatu yang dibenci.

Jika yang mengkritik adalah orang dewasa, komentarnya tentu akan lebih bersahaja, menggunakan kata-kata yang baik, dan bersifat membangun. Selain itu seseorang yang sudah dewasa pasti memiliki banyak hal untuk dikerjakan daripada setiap saat selalu mengawasi seseorang. Lain halnya dengan haters yang dilihat dari timelinenya sangat intens seolah-olah tidak ada pekerjaan lain.

Salah satu poin pentingnya adalah berkembangnya media sosial dimana setiap orang sangat bebas berpendapat. Mereka merasa bebas memposting apapun tanpa berpikir terlebih dahulu karena merasa terlindung di balik layar komputer atau smartphone. Ini adalah hal yang tidak etis. Padahal sejak dahulu sudah ada aturan tidak tertulis mengenai etika berkomunikasi di internet. Contohnya menghindari penggunaan huruf besar yang diartikan sebagai penekanan atau rasa marah.


Oke itulah penjelasan singkat mengenai pengertian haters dan contohnya. Mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian haters dan netizen ya ! Lihat juga pengertian gerabah dan contohnya 🙂