PENGERTIAN HIGIENIS


  • Pengertian higienis itu apa sih ?
  • Apa itu higienis ? Apa arti kata higienis ?
  • Apa yang dimaksud dengan higienis ?
  • Apa yang dimaksud dengan makanan higienis ?

Pengertian Higienis


Pengertian Higienis Menurut Para Ahli

Arti higienis adalah :

Pengertian higienis adalah pengetahuan, sikap serta tindakan proaktif yang bertujuan untuk melindungi diri dari ancaman penyakit dan mencegah resiko terjadinya penyakit. (Solita : 1993)

Pengertian makanan higienis adalah makanan yang tidak mengandung racun / zat yang bisa membahayakan kesehatan serta tidak mengandung kuman penyakit. (Hanifa & Luthfeni : 2006)


Istilah higienis, sering kita dengar maupun temukan di kehidupan sehari – hari. Bila kita mendengar kata higienis, sering kali yang terlintas dalam pikiran kita adalah sesuatu yang bersih atau sesutau yang sehat. Namun, apa arti sebenarnya dari higienis itu?

Secara etimologi, kata higienis merupakan serapan dari kata ‘hygiene’ yang berasal dari Yunani yang didefinisikan sebagai ilmu untuk membentuk dan menjaga kesehatan. Sejarahnya, kata ‘hygiene’ diambil dari nama Dewi Yunani, ‘Hygea’, yang melambangkan dewi pecegah penyakit. Merujuk pada KBBI, higienis (/hi-gi-e-nis/) diartikan sebagai hal yang berkenaan dengan atau sesuai dengan ilmu kesehatan, bersih, dan bebas penyakit.

Pengertian arti higienis menurut Badan Kesahatan Dunia atau World Health Organization (WHO) merupakan suatu kondisi atau upaya dalam menjaga kesehatan dan pencegahan terhadap penyebaran wabah penyakit. WHO menjelaskan jika higienitas kesehatan mencakup serangkaian tindakan yang berhubungan dengan upaya pencegahan di bidang kesehatan, contohnya pembersihan lingkungan; sterilisasi alat, kebersihan tangan, ketersediaan air bersih, serta sanitasi dan pembuangan limbah medis yang aman.

Sedangkan menurut Depertemen Kesehatan RI tahun 2004, arti higienis adalah upaya kesehatan dengan cara memeriksa dan melindungi kebersihan subjeknya

Selain pengertian di atas, “Cambridge Advanced Learner’s Dictionary and Thesaurus” mengartikan istiah higienis sebagai kesadaran orang – orang untuk menjaga diri mereka sendiri atau lingkungan mereka tetap bersih, terutama untuk mencegah penyakit. Dalam UU Nomor 2 Tahun 1996, disebutkan jika higienis merupakan kesehatan masyarakat yang meliputi semua usaha untuk merawat, melindungi, dan mempertinggi derajat kesehatan badan, jiwa, baik untuk umum maupun perorangan yang bertujuan memberikan dasar-dasar kelanjutan hidup yang sehat serta meningkatkan kesehatan dalam masyarakat.

Adapun pengertian higiene menurut para ahli diantaranya :

  1. Menurut Brownell, higienis adalah cara bagaimana sseorang menjaga dan melindungi kesehatannya.
  2. Menurut Gosh, higienis adalah suatu ilmu kesehatan yang mencakup seluruh faktor yang membantu atau mendorong adanya kehidupan yang sehat baik secara perorangan maupun dalam lingkup masyarakat luas.
  3. Menurut Prescott, higienis mencakup dua aspek yakni, higienis secara individu (personal hygiene) serta higienis dalam lingkungan (environment).

Dari sekumpulan definisi di atas, dapat kita simpulkan jika higienis merupakan upaya pencegahan di bidang kesehatan yang bertujuan untuk peningkatan kesehatan baik perorangan maupun masyarakat serta mencengah penyebaran wabah penyakit. Berangkat dari kesimpulan tersebut, jelas diperlukan penerapan standar higienis yang tinggi di segala industri saat ini, terutama industri makanan yang menyediakan makanan yang akan dikonsumsi khalayak umum, serta beresiko tinggi menyebabkan penyakit apabila tidak ditangani dengan baik dan higienis.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian higiene makanan. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian higienis dan sanitasi secara umum ya ! Lihat juga pengertian kompilasi 🙂