PENGERTIAN HUNTING DALAM FOTOGRAFI


  • Pengertian hunting dalam fotografi itu apa sih ?
  • Apa itu hunting ? Apa arti apa arti hunting foto ?
  • Apa yang dimaksud dengan hunting foto ?

Pengertian Hunting


Pengertian Hunting Menurut Para Ahli

Arti hunting foto adalah :

Definisi hunting foto adalah kegiatan berburu objek foto yang dilakukan secara kelompok ataupun perseorangan untuk mengabadikan momen tertentu.

Pengertian hunting dalam fotografi adalah kegiatan jepret-jepret foto bisa berupa foto model, landscape dan momen lainnya pada lokasi tertentu.


Siapa yang tidak suka difoto ? Sebagian besar orang suka difoto untuk mengabadikan momen-momen penting dalam kehidupannya seperti pernikahan, liburan keluarga, dan lain-lain. Apalagi pada zaman sekarang dimana handphone sudah dilengkapi dengan kamera berkualitas bagus membuat kegiatan ini menjadi gaya hidup. Mau makan foto dulu, sedang bosan menunggu selfie dulu, bahkan sampai ada orang yang kecanduan selfie sehingga berdampak negatif pada dirinya.

Kegiatan untuk menghasilkan sebuah foto disebut juga dengan fotografi. Dan orang-orang yang suka atau berprofesi mengambil foto disebut dengan fotografer. Ada fotografer amatir yang mengambil foto karena hobi atau ada juga yang sudah profesional yang mengambil foto karena tuntutan pekerjaan. Para fotografer ini sering melakukan hunting objek yang akan difoto dengan tujuan mengasah kemampuannya dan tentu saja menambah jam terbang. Karena kita tahu keahlian seseorang berbanding lurus dengan tingginya jam terbang.

Dari segi bahasa istilah hunting berasal dari bahasa Inggris yang artinya berburu. Karena pada dasarnya hunting merupakan tindakan proaktif fotografer untuk “berburu” dan mendapatkan objek foto yang bagus. Hunting tidak harus dilakukan di tempat-tempat yang jauh atau tempat-tempat wisata yang sudah terkenal indah. Hunting juga dapat dilakukan di daerah sekitar kita seperti di halaman dan di lantai atas rumah.

Yang terpenting bagaimana kita menangkap suatu momen yang bagus dan mengambil gambarnya dengan teknik yang baik. Orang yang tidak dapat menangkap momen yang bagus tidak akan menghasilkan foto yang luar biasa walaupun ia mengambil foto di lokasi yang bagus. Berapa banyak foto-foto luar biasa yang diambil dari objek yang biasa-biasa saja. Contohnya tanaman yang akan mati di halaman belakang, dengan sudut pengambilan dan pencahayaan yang tepat kita dapat menghasilkan foto yang bagus.

Hunting juga dapat dilakukan sendirian atau beramai-ramai. Bagi pemula dianjurkan untuk pergi dengan komunitas fotografi sehingga bisa banyak belajar dari para senior sekaligus bergaul dengan sesama pecinta fotografi. Bagi yang sudah mahir dapat pergi beramai-ramai atapun sendiri. Biasanya mereka hunting foto sendirian karena ingin lebih fokus dan lebih bebas berlama-lama mengeksplorasi sebuah objek.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai arti hunting dalam fotografi. Oke mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian hunting dalam fotografi ya ! Lihat juga pengertian haters 🙂