PENGERTIAN HUNTING TELEPON


  • Pengertian hunting telepon itu apa sih ?
  • Apa itu hunting telepon ? Apa arti hunting telepon?
  • Apa yang dimaksud dengan hunting telepon ?
  • Apa artinya nomor telepon hunting ?
  • Apa pengertian nomor telepon hunting ?

Pengertian Hunting Telepon


Pengertian Hunting Telepon Menurut Para Ahli

Arti hunting telepon adalah :

Pengertian hunting telepon adalah metode mendistribusikan panggilan telepon dari nomor telepon tunggal ke beberapa kelompok saluran telepon. Pada umumnya sistem hunting ini menggunakan acuan algoritma dalam proses menyambungkan komunikasi antara penggunanya. Contohnya adalah nomor telepon call center taxi, kantor , hotel dsb.


Sebagian besar teman-teman pasti pernah menghubungi suatu perusahaan melalui telepon, misalnya untuk menanyakan info pekerjaan atau mengonfirmasi lamaran kerja yang sudah dikirimkan. Ketika kita melakukan panggilan telepon, biasanya kita akan ditanya ingin menghubungi bagian atau departemen mana. Setelah itu kita akan mendengar nada panggil lagi untuk disambungkan ke departemen bersangkutan.

Seolah-olah orang yang menjawab telepon kita membuat panggilan baru ke departemen bersangkutan untuk kita. Padahal sebenarnya kita tetap terhubung ke nomor pertama yang kita hubungi, hanya saja diteruskan ke saluran tertentu. Sistem telepon seperti ini disebut juga sistem hunting dimana dengan satu nomor telepon dapat digunakan untuk beberapa saluran sekaligus.

Penggunaan telepon hunting maksudnya agar setiap panggilan telepon yang masuk dapat dilayani tanpa harus menunggu dan mendengar nada sibuk walaupun salah satu saluran sedang digunakan. Sistem ini banyak dimanfaatkan oleh suatu perusahaan yang terdiri dari banyak departemen dan berlokasi di ruang atau lantai yang berbeda-beda dimana setiap panggilan masuk dapat dihubungkan ke bagian yang dituju.

Jika perusahaannya tidak besar dan hanya terdiri dari beberapa orang dalam sebuah ruangan maka sistem hunting belum perlu diterapkan karena biasanya intensitas telepon yang masuk belum tinggi dan setiap panggilan telepon dapat langsung diberikan ke orang yang bersangkutan.

Biasanya setiap saluran memiliki kode masing-masing yang disebut nomor ekstensi. Nomor ini digunakan ketika kita akan disambungkan ke saluran tertentu. Kita juga dapat berhubungan antar departemen dalam satu perusahaan dengan menggunakan kode ini.

Untuk dapat menerapkan sistem hunting diperlukan alat yang disebut PABX atau Private Automatic Branch Exchange. Alat ini berfungsi sebagai switch yang akan mengatur telepon masuk dan keluar yang akan meneruskan panggilan sesuai nomor ekstensi yang ditekan. PABX menjadi semacam switchboard atau papan pengatur yang terhubung dengan beberapa sambungan kabel sesuai dengan jumlah saluran yang digunakan.

Selain digunakan untuk telepon, PABX juga dapat digunakan untuk modem dan mesin fax. Cara kerja alat ini cukup sederhana. Pada PABX dimasukkan kode atau nomor ekstensi setiap saluran telepon yang tersedia. Kemudian setiap ada panggilan masuk maka panggilan tersebut akan diarahkan oleh alat ini ke saluran yang sesuai dengan nomor ekstensi yang telah ditekan.


Itulah penjelasan singkat mengenai definisi hunting telepon. Oke mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian hunting system pada pesawat telepon ya ! Lihat juga pengertian hunting dalam fotografi 🙂