PENGERTIAN IBU RUMAH TANGGA


  • Pengertian ibu rumah tangga itu apa sih ?
  • Apa itu ibu rumah tangga ? Apa arti kata ibu rumah tangga ?
  • Apa yang dimaksud dengan ibu rumah tangga ?
  • Apa pengertian ibu rumah tangga menurut kbbi ?
  • Apa pengertian ibu rumah tangga menurut para ahli ?

Pengertian Ibu Rumah Tangga


Pengertian Ibu Rumah Tangga Menurut Para Ahli

Arti ibu rumah tangga adalah wanita yang lebih banyak menghabiskan waktunya dirumah dan mempersembahkan waktunya tersebut untuk mengasuh dan mengurus anak-anaknya menurut pola yang diberikan masyarakat umum. (Dwijayanti : 1999)

Definisi ibu rumah tangga adalah wanita yang mayoritas waktunya dipergunakan untuk mengajarkan dan memelihara anak-anaknya dengan pola asuh yang baik dan benar. (Kartono : 1992)

Pengertian ibu rumah tangga adalah sosok ibu yang berperan dalam :

  • mengurus rumah tangga seperti memasak, mencuci, menyapu, mencuci, dsb
  • mengasuk serta mendidik anak-anaknya dan sebagai salah satu kelompok dari peranan sosial.
  • memenuhi kebutuhan efektif dan sosial anak-anaknya.
  • serta menjadi anggota masyarakat yang aktif dan harmonis dilingkungannya yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan seperti PKK, arisan, pengajian dsb. (Effendy : 2004)

Ibu merupakan sosok yang penting dalam keluarga. Ada istilah ibu rumah tangga tetapi kita tidak pernah mendengar sebutan bapak rumah tangga. Kenapa begitu? Karena lazimnya seluruh kebutuhan dan pemeliharaan rumah tangga diatur oleh seorang ibu.

Sementara bapak bertanggung jawab bekerja untuk mencari nafkah. Walaupun pada zaman sekarang hal ini sudah bergeser, sudah lumrah kita lihat ibu dan bapak yang sama-sama bekerja di luar rumah sementara pekerjaan rumah dan pengurusan anak diserahkan pada asisten rumah tangga dan baby sitter.

Ada beberapa versi pengertian istilah ibu rumah tangga. Merujuk pada situs wikipedia, ibu rumah tangga diartikan sebagai seorang wanita yang tugas utamanya adalah mengelola seluruh kebutuhan rumah tangga mulai dari memasak makanan, membeli kebutuhan keluarga, membersihkan rumah, mencuci pakaian, sampai menjahit jika pakaian ada yang rusak, serta mengurus dan mendidik anak. Kebanyakan ibu rumah tangga tidak bekerja di luar rumah karena pekerjaan mereka sudah sangat banyak dan hampir tidak ada waktu untuk hal-hal lain, apalagi jika memiliki anak lebih dari satu dan masih balita.

Sejalan dengan wikipedia, kamus Merriam Webster juga mengartikan istilah ibu rumah tangga atau housewife sebagai seorang wanita yang memiliki tanggung jawab atas seluruh kebutuhan rumah tangganya, dan wanita ini sudah menikah.

Karena sering juga kita temui anak perempuan yang sudah remaja atau dewasa tetapi belum menikah diberi tanggung jawab untuk mengurus keperluan rumah tangga keluarga. Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena ibunya sudah tua, sakit, meninggal, atau bekerja di luar rumah sehingga pekerjaan rumah tangga dibebankan atau dibagi-bagi pada anak-anak perempuan.

Pengertian ibu rumah tangga menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah perempuan yang mengurus seluruh keperluan rumah tangga, seorang istri yang pekerjaan utamanya adalah mengerjakan seluruh pekerjaan rumah tangga dan tidak bekerja di kantor. Pada umumnya seorang perempuan yang disebut ibu rumah tangga memang total mengurus rumah tangga dan tidak bekerja di luar rumah.

Begitupula jika merujuk pada jenis pekerjaan yang terdapat di KTP, seorang perempuan yang bekerja di kantor walaupun ia sudah menikah dan memiliki anak, pekerjaannya pada KTP adalah karyawati. Berbeda jika seorang perempuan yang total mengurus rumah tangga dan tidak bekerja di luar rumah, pekerjaannya pada KTP adalah ibu rumah tangga.


Itulah kumpulan pengertian ibu rumah tangga menurut para ahli. Semoga artikel pengertian ibu rumah tangga ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian hunting telepon 🙂