PENGERTIAN IMPROVISASI


  • Pengertian improvisasi dalam musik itu apa sih ?
  • Apa itu improvisasi ? Apa arti kata improvisasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan improvisasi ?
  • Apa pengertian improvisasi dalam drama / teater ?
  • Apa pengertian improvisasi gerak dalam seni tari ?

Pengertian Improvisasi


Pengertian Improvisasi Menurut Para Ahli

Arti improvisasi adalah :

Pengertian improvisasi adalah suatu ciptaan spontan yang terjadi seketika itu juga. (Rendra : 1993)

Definisi improvisasi adalah suatu tindakan untuk membuat atau melakukan sesuatu dengan apa pun yang tersedia pada saat itu tanpa persiapan sebelumnya.

Pengertian improvisasi dalam musik adalah memainkan musik secara spontan tanpa perencanaan atau bacaan tertentu. (Banoe : 2003)

Pengertian improvisasi dalam lagu adalah suatu kebebasan dalam memainkan suatu notasi dengan tidak terikat atau tidak sama dengan notasi lagu aslinya. (Dr. Hendro : 2005)

Pengertian improvisasi dalam drama adalah suatu ucapan atau gerakan penyeimbang yang bertujuan untuk lebih menghidupkan pemeranan. (Asul Wiyanto : 2002)

Pengertian improvisasi dalam tari adalah suatu bentuk aktivitas gerak untuk mencari-cari atau mencoba-coba berbagai jenis gerakan yang bisa dilakukan pada saat menari. Gerakan improvisasi ini bisa dilakukan secara sengaja ataupun secara spontan. Tujuan improvisasi gerak tari adalah untuk lebih mengeksplorasi imajinasi dan mengembangkan ide-ide gerakan tarian yang baru.


Apa sih yang membedakan penyanyi profesional yang sudah berpengalaman dengan penyanyi amatir yang belum lama bernyanyi? Salah satunya adalah kemampuan dalam berimprovisasi sehingga lagu yang sama yang biasa kita dengar akan menjadi berbeda dan terdengar lebih indah.

Misalnya lagu balonku ada lima yang sehari-hari kita dengar akan menjadi sangat berbeda jika dinyanyikan penyanyi seperti Tompi, terasa nuansa jazznya sehingga seakan-akan kita tidak sedang mendengarkan lagu balonku ada lima. Atau ketika penyanyi sekelas Krisdayanti tampil di panggung dan tiba-tiba ia lupa lirik lagu maka ia akan tetap tampil tenang dan berimprovisasi dengan mengganti lirik lagu tersebut, apakah dengan mengarang lirik sendiri atau dengan bersenandung sehingga terkadang penonton tidak sadar bahwa si penyanyi sedang lupa lirik.

Istilah improvisasi atau dalam bahasa Inggrisnya improve berarti menambah-nambahkan atau mengembangkan. Dapat dikatakan improvisasi adalah perbuatan atau penyajian sesuatu berdasarkan apa yang dimiliki atau seadanya dan kemudian mengembangkannya menjadi sesuatu yang lebih baik. Atau dapat juga dikatakan bahwa improvisasi adalah menyajikan atau menampilkan sesuatu secara spontan tanpa persiapan terlebih dahulu.

Istilah improvisasi dapat diaplikasikan secara umum dalam kehidupan sehari-hari, meskipun memang lebih sering digunakan dalam bidang seni seperti musik, drama, dan teater. Misalnya ketika akan memasak makanan rupanya gas di rumah habis. Kita dapat berimprovisasi dengan memanfaatkan rice cooker untuk memasak sayur, gulai, atau merebus air.

Begitupula dalam bidang seni drama. Meskipun dalam pementasan drama naskahnya sudah ditentukan dan dihapalkan akan tetapi bisa saja salah seorang pemain lupa naskah dialognya sehingga ia harus berimprovisasi dengan mengarang dialog sendiri sehingga permainan drama tetap berjalan dengan baik dan tidak keluar dari alur yang telah ditentukan. Bahkan terkadang dialog yang muncul secara spontan ini lebih mengena dan terasa natural.

Untuk dapat melakukan improvisasi dengan baik tentu yang pertama kali dibutuhkan pemahaman dan penguasaan yang baik mengenai dasar-dasar apakah dasar dalam bermusik, drama, atau teater. Setelah paham, menguasai dengan baik, dan berlatih terus-menerus barulah seseorang dirasa mampu melakukan improvisasi. Selain itu juga dibutuhkan pengalaman, kreativitas, dan daya imajinasi yang tinggi agar improvisasi yang dilakukan tepat dan tidak berlebihan karena improvisasi yang berlebihan juga tidak bagus dan terkesan over acting.


Oke itulah penjelasan pengertian improvisasi dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian improvisasi dalam seni musik & dalam tari secara umum ya ! Lihat juga pengertian estetis 🙂