PENGERTIAN IMUNISASI DASAR LENGKAP


  • Pengertian imunisasi dasar lengkap itu apa sih ?
  • Apa itu imunisasi dasar lengkap ?
  • Apa arti kata imunisasi dasar lengkap ?
  • Apa yang dimaksud dengan imunisasi dasar lengkap ?

Pengertian Imunisasi Dasar Lengkap


Pengertian Imunisasi Dasar Lengkap Menurut Para Ahli

Arti imunisasi dasar lengkap adalah suatu upaya untuk memberikan imunitas pada bayi yang berusia 0-12 bulan agar terhindar dari berbagai penyakit. Imunisasi ini meliputi Polio, HB, DPT, BCG, dan campak. (pengertian imunisasi dasar lengkap menurut Depkes)

Pengertian imunisasi dasar lengkap adalah suatu program imunisasi yang diwajibkan oleh pemerintah yaitu Hepatitis B (1 kali pemberian), polio (4 kali pemberian dengan interval 4 minggu), DPT/HB (3 kali pemberian dengan interval 4 minggu), BCG (1 kali pemberian), dan campak (1 kali pemberian). (Supari,S.F : 2008)

Definisi imunisasi dasar lengkap adalah program imunisasi yang diselenggarakan oleh pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan bayi di Indonesia yang diberikan mulai dari bayi lahir yakni hepatitis B sampai dengan umur sembilan bulan yakni campak. (Ifan : 2010)


Kita tentu tidak asing dengan lagu Aku Anak Sehat yang diciptakan oleh Bapak AT Mahmud yang juga banyak menciptakan lagu-lagu terkenal. Lagu ini menggambarkan bagaimana seorang anak yang sehat dan kuat karena didukung oleh ibu yang rajin dan cermat. Salah satu poin penting dalam lagu tersebut adalah pentingnya pemberian imunisasi kepada bayi disamping ASI dan makanan bergizi.

Indonesia merupakan negara yang sangat menganjurkan warga negaranya untuk melakukan imunisasi. Melalui PPI atau pengembangan program imunisasi pemerintah berupaya agar masyarakat memahami pentingnya imunisasi dan menerapkannya pada anak-anak mereka.

Imunisasi pada dasarnya adalah upaya untuk mengaktifkan sistem kekebalan tubuh manusia. Ada imunisasi aktif yang dilakukan dengan memasukkan bibit penyakit yang telah dimatikan atau dilemahkan ke dalam tubuh. Ada juga imunisasi pasif yang dilakukan dengan memasukkan zat immunoglobulin yang dapat mengatasi mikroba atau bibit penyakit yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh.

Imunisasi dasar lengkap adalah imunisasi awal yang diberikan kepada anak mulai dari bayi baru lahir sampai usia satu tahun agar sistem kekebalan tubuh anak aktif sejak dari awal. Ada lima jenis imunisasi dasar yang diwajibkan oleh pemerintah yaitu BCG, hepatitis B, polio, DPT, dan campak.

Imunisasi BCG digunakan untuk mencegah atau meminimalisir penyakit TBC atau tuberkolosis berat seperti TBC pada selaput otak, TBC tulang, dan TBC milier. Imunisasi ini diberikan 1 dosis dan dapat diberikan sejak bayi baru lahir hingga usia 3 bulan. Proses pemberiannya melalui suntikan, biasanya pada lengan kanan bagian atas.

Untuk melindungi anak dari penyakit hepatitis B maka imunisasi hepatitis B menjadi salah satu imunisasi dasar bagi anak. Proses pemberiannya juga melalui suntikan, biasanya di paha bagian luar. Imunisasi ini biasanya diberikan pada bayi baru lahir sekitar usia 0-7 hari.

Imunisasi polio berguna untuk mencegah penyakit poliomyelitis pada anak yang dapat menyebabkan kelumpuhan. Imunisasi ini biasanya diberikan 4 dosis pada usia anak 1,2,3, dan 4 bulan dengan cara diteteskan ke mulut anak.

Imunisasi DPT membantu mencegah timbulnya penyakit difteri, pertusis, dan tetanus. Diberikan 3 dosis pada usia anak 2,3, dan 4 bulan. Juga diberikan melalui suntikan, biasanya di paha bagian luar.

Dan terakhir adalah pemberian imunisasi campak untuk mencegah penyakit campak. Diberikan 1 dosis pada usia anak 9 bulan. Diberikan melalui suntikan, biasanya pada lengan kiri bagian atas.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian imunisasi dasar lengkap dan cara pemberiannya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian imunisasi dasar lengkap dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian antibiotik 🙂