PENGERTIAN INDUSTRI KREATIF DAN CONTOHNYA


  • Pengertian industri kreatif dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu industri kreatif ? Apa arti kata industri kreatif ?
  • Apa yang dimaksud dengan industri kreatif ?
  • Apa macam-macam industri kreatif / jenis industri kreatif ?
  • Apa saja contoh industri kreatif ?

Pengertian Industri Kreatif


Pengertian industri kreatif Menurut Para Ahli

Pengertian industri kreatif adalah industri yang mengandalkan keterampilan, talenta dan kreativitas yang berpotensi dalam meningkatkan kesejahteraan. (Simatupang : 2007)

Definisi industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan keterampilan, kreativitas dan bakat individu dalam menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. Industri ini akan berfokus untuk memberdayakan daya cipta dan daya kreasi suatu individu. (Departemen Perdagangan RI : 2009)

Arti industri kreatif adalah industri yang berasal dari kreativitas, keterampilan dan bakat dari suatu individu yang secara potensial mampu untuk menciptakan kekayaan dan lapangan pekerjaan melalui eksploitasi serta pembangkitan daya cipta & kekayaan intelektual individu. (UK DCMS Task Force : 1998)

Pengertian industri kreatif adalah industri yang mempunyai ciri-ciri keunggulan pada sisi kreativitas dalam menghasilkan berbagai desain kreatif yang melekat pada produk barang atau jasa yang dihasilkan. (Howkins : 2001)

Pengertian industri kreatif digital adalah suatu industri yang menggabungkan unsur digital dan unsur kreatif pada produk dan jasanya. Industri jenis ini pada umumnya merupakan hasil dari produk teknologi informasi yang bisa menjadi solusi atas masalah di kehidupan sehari-hari. Contoh industri kreatif digital adalah Gojek dan Uber.


Salah satu hal yang menjadi perhatian dalam era kepemimpinan Presiden Jokowi adalah industri kreatif atau ekonomi kreatif. Hal ini terlihat dari didirikannya Badan Ekonomi Kreatif, sebuah lembaga pemerintahan bukan kementrian yang mengurus ekonomi kreatif atau industri kreatif di Indonesia.

Sesuai namanya industri kreatif atau di Eropa disebut industri budaya merupakan jenis industri yang mengolah kreativitas, keterampilan, dan bakat seseorang untuk menghasilkan sebuah karya atau produk  yang bernilai ekonomi sehingga dapat memberikan kesejahteraan dan membuka lapangan pekerjaan.

Jika dalam industri konvensional bahan baku yang akan diolah adalah sumber daya alam seperti hasil hutan maka pada industri kreatif yang menjadi bahan bakunya adalah kreativitas dan pengetahuan manusia itu sendiri.

Menurut Departemen Perdagangan Republik Indonesia ada 15 sub-sektor industri kreatif yaitu periklanan, kuliner, arsitektur, seni pertunjukan, pasar barang seni, kerajinan, penerbitan dan percetakan, fesyen, riset dan pengembangan, permainan interaktif, musik, televisi dan radio, desain, layanan komputer dan piranti lunak, serta video, film, dan fotografi.

Kita ambil contoh dalam bidang kuliner, contoh industri kreatif yang bisa kita lihat dari produknya antara lain seperti : keripik buah kering, cake durian, pisang lapis coklat, burger tempe, snack belalang goreng, rendang instan dalam kemasan dsb.

Salah satu cara memperkenalkan dan mempromosikan produk kepada calon pembeli adalah melalui iklan baik iklan di televisi, radio, ataupun melalui media cetak. Untuk menghasilkan sebuah iklan yang dapat menarik perhatian masyarakat diperlukan proses kreatif di dalamnya, mulai dari riset pasar, perencanaan, konsep iklan, sampai distribusi iklan ke berbagai media.

Berbagai bangunan megah dengan desain yang kadang di luar pemikiran kita berasal dari proses kreatif yang panjang. Tidak hanya memperhatikan keindahan bangunan tetapi juga pemanfaatannya dan bagaimana menjadikan desain tersebut mungkin untuk diwujudkan ke dalam bentuk nyata.

Untuk dapat menyelenggarakan sebuah pertunjukan apakah pertunjukan musik, drama, teater, atau gabungan dari beberapa pertunjukan diperlukan proses kreatif di dalamnya. Mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan, mulai dari tata panggung, tata lampu, hingga kostum, semuanya membutuhkan proses kreatif agar dapat menyuguhkan pertunjukan yang luar biasa.

Begitupula dengan televisi dan radio. Setiap hari pihak televisi atau radio harus berjibaku mencari ide-ide baru untuk program-program yang akan ditampilkan baik di televisi maupun di radio. Mulai dari perencanaan, produksi, pengemasan, penyiaran, sampai transmisi siaran tersebut agar dapat diakses oleh masyarakat luas.


Oke itulah beberapa contoh pengertian industri kreatif menurut para ahli. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian industri kreatif dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian industri jasa 🙂