PENGERTIAN INDUSTRI REPRODUKTIF


  • Pengertian industri reproduktif dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu industri reproduktif ?
  • Apa arti kata industri reproduktif ?
  • Apa yang dimaksud dengan industri reproduktif ?

Pengertian Industri Reproduktif


Pengertian Industri Reproduktif Menurut Para Ahli

Arti industri reproduktif adalah :

Pengertian industri reproduktif adalah industi yang menggunakan bahan baku yang berasal dari alam dan bahan baku dari alam tersebut perlahan-lahan bisa kembali dengan sendirinya secara alami.


Sebuah benda dapat berbeda nilainya tergantung dari proses yang telah dilaluinya. Misalnya saja ubi, sebatang ubi mentah yang dijual di pasar hanya dihargai sekian ribu rupiah perkilogram. Berbeda bila ubi tersebut sudah melalui proses pengolahan seperti dikupas, dicuci, diiris tipis-tipis, dan digoreng hingga menjadi keripik ubi. Setelah menjadi keripik ubi dan dibungkus dengan kemasan yang baik nilainya menjadi jauh lebih tinggi di pasaran. Pengolahan dari bahan mentah seperti ubi menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yaitu keripik inilah yang disebut industri.

Ada bermacam-macam jenis industri, salah satunya industri reproduktif. Pengertian industri reproduktif adalah industri yang bahan bakunya berasal dari alam dan setelah digunakan bahan bakunya dapat diperbarui kembali. Contohnya seperti industri perikanan dan perkebunan. Industri pengolahan ikan kaleng bahan bakunya adalah ikan yang setelah diambil masih dapat diperbarui kembali karena ikan merupakan makhluk hidup yang dapat berkembang biak. Demikian pula dengan industri perkebunan seperti kelapa sawit. Setelah dipanen maka lahan sawit akan dibersihkan untuk persiapan penanaman benih sawit yang baru.

Meskipun bahan bakunya dapat selalu diperbarui dan tidak akan habis akan tetapi jenis industri ini harus tetap memperhatikan dengan baik manajemen penggunaan bahan baku. Proses pengembangbiakan dan pengambilan bahan baku harus benar-benar diperhatikan sehingga bahan bakunya terhindar dari kepunahan.

Sebuah industri pengolahan ikan kaleng yang bahan bakunya adalah ikan laut biasanya memiliki aturan dalam penangkapan ikan seperti ikan yang diambil hanya yang sudah cukup besar sementara ikan-ikan yang masih kecil dibiarkan dahulu sehingga dapat tumbuh, bereproduksi, dan populasinya tetap terjaga. Bayangkan saja jika semua ikan ditangkap tidak peduli yang kecil atau yang besar, populasi ikan akan menyusut dan pada akhirnya perusahaan juga yang akan kesulitan mencari bahan baku. Belum lagi efeknya bagi lingkungan dimana salah satu populasi hewan terancam punah sehingga mengganggu keseimbangan lingkungan.

Karena industri jenis ini bahan bakunya berasal dari alam biasanya industri ini berlokasi di daerah sekitar sumber daya alam seperti di sekitar laut dan di dekat perkebunan. Hal ini dilakukan diantaranya untuk menghemat ongkos dan waktu produksi. Jika pabrik dibangun di sekitar sumber bahan baku maka biaya transportasinya lebih murah dan lebih cepat. Selain itu juga dapat meminimalkan resiko kerusakan bahan baku di perjalanan.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian industri ekstraktif reproduktif. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian industri reproduktif dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian industri kreatif dan contohnya 🙂