PENGERTIAN INFLAMASI DAN TUJUANNYA


  • Pengertian inflamasi dan tujuannya itu apa sih ?
  • Apa itu inflamasi ? Apa arti kata inflamasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan inflamasi ?
  • Apa pengertian inflamasi menurut ahli ?
  • Apa pengertian inflamasi kronik ?
  • Apa pengertian inflamasi akut ?

Pengertian Inflamasi


Pengertian Inflamasi Menurut Para Ahli

Definisi inflamasi adalah suatu reaksi vaskuler yang hasilnya berupa pengiriman cairan, zat-zat yang terlarut, dan sel-sel dari sirkulasi darah ke jaringan-jaringan intertisial pada daerah tubuh yang mengalami cedera yang mana reaksi ini merupakan suatu proses pertahanan tubuh yang hasilnya adalah netralisasi, penghancuran jaringan nekrosis dan pembuangan agen penyerang sebagai bentuk pemulihan tubuh. (Abrams : 1994)

Pengertian inflamasi adalah suatu respon fisiologis tubuh terhadap adanya suatu gangguan dari faktor eksternal / luar tubuh. Respon tersebut dapat berupa penghancuran agen penyebab jejas yang bertujuan untuk memperbaiki atau menyembuhkan jaringan yang rusak. Inflamasi biasanya disebut dengan peradangan. (Kumar et al : 2005)

Arti inflamasi adalah suatu respon protektif normal terhadap luka jaringan yang bisa disebabkan oleh trauma fisik, zat mikrobiologik atau zat kimia yang merusak. Tujuan proses inflamasi adalah untuk merusak organisme yang menyerang, menghilangkan zat iritan, serta mengatur zat perbaikan jaringan tubuh. (Mycek et al. : 2001)


Hampir semua manusia pernah terkena demam dimana suhu tubuh seseorang lebih tinggi daripada suhu normal. Kita semua tentu tidak suka ketika demam melanda, badan terasa tidak enak, makan tidak sedap, dan aktivitas kita pun jadi terhambat. Tapi tahukah teman-teman bahwa demam itu merupakan reaksi yang dilakukan tubuh kita untuk melindungi diri.

Ketika tubuh kita diserang oleh sesuatu yang berbahaya seperti bakteri dan virus maka sistem kekebalan tubuh kita akan bereaksi untuk melawan dan membunuh apapun yang menyerang. Sehingga demam merupakan salah satu tanda bahwa tubuh kita sedang berusaha menyembuhkan dirinya sendiri. Hal ini disebut juga dengan inflamasi atau peradangan.

Selain suhu tubuh tinggi, tanda-tanda lain yang menunjukkan tubuh sedang mengalami peradangan adalah nyeri pada bagian tubuh tertentu, kulit yang memerah, pembengkakan, atau fungsi pergerakan tubuh menurun. Contoh sederhananya ketika kita digigit nyamuk, bagian yang digigit biasanya akan memerah yang menandakan tubuh sedang mengalami peradangan.

Inflamasi bertujuan untuk menghilangkan rangsangan berbahaya yang ditimbulkan oleh organisme berbahaya, seperti sel-sel yang rusak, iritasi, dan infeksi, serta memulai proses penyembuhan. Oleh karena itu inflamasi ini merupakan mekanisme yang sangat penting bagi tubuh.

Dalam melawan infeksi yang terjadi, inflamasi sangat berperan penting karena memungkinkan penambahan molekul dan sel yang bertugas menanggapi rangsangan (efektor) sehingga kinerja makrofaga dalam merespon patogen atau zat berbahaya meningkat. Inflamasi juga berperan dalam menghambat penyebaran infeksi dan mencetuskan perbaikan terhadap jaringan tubuh yang diserang.

Ada dua jenis inflamasi yaitu yang bersifat akut dan kronik. Pengertian inflamasi akut adalah peradangan terjadi dengan cepat dan segera menjadi parah. Gejalanya dapat dirasakan selama beberapa hari, dalam beberapa kasus dapat terjadi selama beberapa minggu. Contohnya seperti usus buntu akut dan luka atau goresan pada kulit.

Sedangkan pengertian inflamasi kronik adalah peradangan yang terjadi dalam waktu yang lama, dalam hitungan bulan bahkan tahun. Contohnya seperti asma dan sinusitis kronik.

Ketika tubuh mengalami inflamasi, boleh-boleh saja melakukan pengobatan untuk mengurangi inflamasi. Tetapi karena inflamasi merupakan mekanisme tubuh dalam menyembuhkan bagian yang sakit maka hal ini tidak selalu diperlukan. Selain dengan mengonsumsi obat-obatan, inflamasi juga dapat dikurangi dengan pengompresan yaitu meletakkan es yang sudah dibungkus dengan kain pada bagian kulit yang meradang dengan tujuan mendinginkan dan mengurangi rasa sakit.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian inflamasi dan tujuan proses inflamasi. Semoga sobat bisa memahami pengertian inflamasi dan tujuannya secara umum ya ! Lihat juga pengertian industri manufaktur 🙂