PENGERTIAN INSENTIF PAJAK DAN CONTOHNYA


  • Pengertian insentif pajak dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu insentif pajak ? Apa arti kata insentif pajak ?
  • Apa yang dimaksud dengan insentif pajak ?
  • Apa contoh insentif pajak di Indonesia ?

Pengertian Insentif Pajak


Pengertian Insentif Pajak Menurut Para Ahli

Arti insentif pajak adalah :

Pengertian insentif pajak adalah suatu bentuk fasilitas perpajakan yang diberikan oleh pemerintah kepada wajib pajak tertentu berupa penurunan tarif pajak yang bertujuan untuk memperkecil besarnya beban pajak yang harus dibayarkan. Contoh insentif pajak antara lain (1) pengecualian dari pengenaan pajak (2) penangguhan pajak (3) pengurangan dasar pengenaan pajak dan (4) penurunan tarif pajak. (Barry : 2002)

Definisi insentif pajak adalah fasilitas perpajakan yang diberikan pemerintah kepada Wajib Pajak agar si wajib pajak mau melakukan penanaman modal (investasi) di bidang-bidang usaha
tertentu (Nareswari, 2000:24).


Secara umum, pengertian insentif pajak adalah kebijakan pemerintah yang diberikan kepada individu atau organisasi tertentu hingga investor asing yang bersedia mendukung pemerintah, dari sektor sosial hingga penelitian dan pengembangan, yang mana kebijakan insentif tersebut diberikan untuk memudahkan dan mendorong wajib pajak untuk patuh dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya di masa sekarang serta pada masa yang akan datang.

Bentuk insentif pajak tersebut bisa berupa pengurangan pajak sampai pengecualian pajak. Insentif pajak inipun secara tidak langsung mendorong serta memotivasi individu dan organisasi agar mendukung pemerintah dalam kesejahteraan sosial. Hal tersebut disebabkan karena setiap pajak yang didapat oleh pemerintah melalui rakyat pada saat sekarang ini, jumlahnya belum mencukupi untuk membiayai kesejahteraan di hampir seluruh aspek kehidupan, seperti kesejahteraan sosial, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, pemerintah juga memberikan insentif pajak kepada organisasi non profit hingga individu yang memiliki keinginan untuk membantu sesama. Sebagai contoh, organisasi non profit World Wild Fundation atau WWF yang mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk menolong satwa liar. Ada pula Yayasan Jantung Indonesia (YJI) yang menggalang dana untuk membantu sesama yang mengalami masalah gagal jantung, Badan Wakaf Alquran (BWA) yang merupakan lembaga philanthropic yang berfokus untuk membantu sesama, khususnya masyarakat muslim, dan juga masyarakat lain.

Organisasi-organisasi tersebut oleh pemerintah diberikan insentif pajak, seperti pengurangan atau bahkan dikecualikan untuk dikenakan pajak. Hal ini dikarenakan tujuan mereka sejatinya tidak mencari keuntungan semata, melainkan mensejahterakan masyarakat lainnya, yang tentunya juga membantu program pemerintah. Nah kalau kamu memiliki organisasi dengan tujuan membantu kesejahteraan masyarakat lainnya, kamu berhak juga lho mendapatkan insentif pajak dari pemerintah.


Oke itulah penjelasan pengertian insentif pajak dan contohnya secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami contoh insentif pajak di Indonesia secara umum ya ! Lihat juga pengertian properti dalam drama 🙂