PENGERTIAN INSPEKSI


  • Pengertian inspeksi itu apa sih ?
  • Apa itu inspeksi ? Apa arti kata inspeksi ?
  • Apa yang dimaksud dengan inspeksi ?
  • Apa pengertian inspeksi dalam kesehatan ?
  • Apa pengertian inspeksi diri dalam cpob ?

Pengertian Inspeksi


Pengertian Inspeksi Menurut Para Ahli

Arti inspeksi adalah :

Definisi inspeksi adalah pemeriksaan yang dilakukan dengan cara melakukan observasi secara langsung. (Salmah : 2006)

Pengertian inspeksi adalah tindakan untuk melihat sesuatu yang dari dekat guna mempelajari sesuatu hal secara lebih lanjut untuk melihat apakah aturan sedang diikuti atau tidak serta untuk menemukan berbagai masalah yang ada.


Dalam suatu kelompok atau organisasi mulai dari yang paling kecil seperti keluarga sampai dalam skala besar seperti negara diperlukan aturan-aturan dan standar-standar tertentu agar seluruh anggota kelompok dapat hidup tertib dan aman serta tercapainya tujuan kelompok tersebut. Misalnya suatu perusahaan memerlukan aturan-aturan bagi para pegawai seperti jam masuk kerja, jam pulang, cara kerja, cara berpakaian, dan lain sebagainya agar para pegawai dapat bekerja dengan baik dan tertib.

Selain itu juga dibutuhkan standar-standar dalam bekerja agar produk yang dihasilkan sesuai dengan yang apa yang diharapkan. Untuk menjaga terlaksananya aturan dan standar inilah diperlukan inspeksi yang dilakukan secara berkesinambungan sehingga dapat diketahui apa yang kurang dan harus diperbaiki.

Inspeksi adalah pemeriksaan secara detail dan cermat terhadap suatu objek apakah sesuai atau tidak dengan aturan dan standar yang telah ditetapkan. Contohnya menurut aturan seorang pegawai seharusnya berpakaian lengkap dan sesuai dengan hari kerja, serta sudah harus hadir di kantor pada pukul 7 pagi.

Jika pada inspeksi ditemukan bahwa pakaiannya tidak sesuai dengan hari kerja atau terlambat dari waktu yang telah ditentukan maka si pegawai akan mendapatkan sanksi. Atau inspeksi yang dilakukan terhadap kinerja dan cara kerja karyawan pabrik untuk mengetahui apakah cara kerjanya sudah sesuai standar. Jika belum maka si karyawan bisa mendapat pelatihan kembali untuk memperbaiki cara kerjanya.

Poin penting pada inspeksi adalah pemeriksaan dengan detail dan cermat serta kesesuaian dengan aturan atau standar yang ada. Inspeksi biasanya dilakukan oleh orang atau sekelompok orang yang bertugas mengawasi orang atau objek lain. Biasanya ada bagian atau departemen khusus di setiap perusahaan atau organisasi untuk melakukan tugas ini.

Hal ini menunjukkan pentingnya dilakukan inspeksi. Tanpa ada fungsi inspeksi pada suatu kelompok atau organisasi maka  elemen-elemen organisasi dapat berbuat seenaknya dan hasil kerja tidak memenuhi standar sehingga dapat mengancam kelangsungan organisasi.

Inspeksi ada yang dilakukan secara rutin ataupun mendadak. Inspeksi mendadak dilakukan tiba-tiba tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Biasanya hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih nyata untuk mengetahui kondisi real di lapangan. Karena terkadang ada orang yang hanya berpatokan pada inspeksi sehingga ketika tidak ada inspeksi maka standar atau aturan tidak diindahkan.


Adapun pengertian lainnya yang berkaitan dengan kata inspeksi antara lain :

Pengertian inspeksi mendadak adalah suatu pemeriksaan yang dilakukan pihak manajerial untuk mengetahui secara langsung fakta atau kenyataan di lapangan secara gamblang apa adanya yang tanpa dibuat-buat dan tanpa persiapan sebelumnya.

Pengertian inspeksi dalam audit adalah suatu prosedur audit yang kegiatannya adalah melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan verifikasi bahwa sesuatu hal tersebut sudah memenuhi standar atau aturan yang telah ditetapkan. Inspeksi pada umunya digunakan untuk menjamin kualitas. Contohnya seperti dalam memeriksa mobil, untuk memastikan itu berjalan dengan baik, kita bisa memeriksa apakah mobil tersebut sudah menggunakan onderdil dan komponen yang diproduksi sesuai dengan standar atau tidak.

Pengertian inspeksi dalam kesehatan adalah suatu proses pengamatan dengan mata untuk menggali dan mendapatkan informasi mengenai penyakit dan penampilan fisik penderita contohnya warna wajah, kondisi lidah, raut muka, bentuk tubuh dsb.

Pengertian inspeksi diri CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) adalalah kegiatan pengevaluasian untuk mengetahui apakah semua aspek produksi dan pengawasan Mutu industri farmasi telah memenuhi standar atau tidak. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi berbagai kelemahan dalam pelaksanaan CPOB serta melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan.

Pengertian inspeksi sanitasi rumah sehat adalah pemeriksaan dan pengamatan secara langsung terhadap sarana fisik rumah dengan mencari informasi kepada pemilik ataupun penanggung jawabnya dengan mewawancarai ataupun dengan cara melihat langsung kondisi rumah untuk menilai apakah rumah tersebut sudah memenuhi kriteria dan standar sanitasi rumah yang sehat atau tidak. Jika belum memenuhi standar maka kemudian diberikan masukan dan jika perlu dilakukan pemantauan secara bertahap.

Pengertian inspeksi k3 adalah suatu cara yang terbaik dalam menemukan berbagai masalah dan menilai resikonya sebelum terjadinya kecelakaan / kerugian dan penyakit akibat kerja. (Birds dan Germain : 1986)

Pengertian inspeksi lapangan adalah kegiatan pengawasan langsung ke Lapangan yang dilakukan oleh Petugas yang berwewenang yang dapat berupa tindakan pemeriksaan apakah sesuatu sudah dilaksanakan menurut peraturan atau intruksi yang telah diberikan, memberikan koreksi, memberikan contoh dan memberikan pengarahan. (Pakih : 1982)


Oke semoga sobat bisa memahami pengertian inspeksi secara umum ya ! Lihat juga pengertian inflamasi dan tujuannya 🙂