PENGERTIAN INTEGRITAS DIRI


  • Pengertian integritas diri itu apa sih ?
  • Apa itu integritas diri ? Apa arti kata integritas diri ?
  • Apa yang dimaksud dengan integritas diri ?
  • Apa manfaat menjadi pribadi yang memiliki integritas diri ?
  • Apa contoh integritas diri ?

Pengertian Integritas Diri


Pengertian Integritas Diri Menurut Para Ahli

Arti integritas diri adalah :

Pengertian integritas diri adalah suatu sikap yang melekat pada diri seseorang, yang membuat individu mampu bekerja secara utuh, terampil, serta tidak mudah terpecah antara prinsip dan
tindakan serta antara sikap dan perbuatan. Integritas diri muncul ketika seseorang mempunyai prinsip hidup atau pegangan hidup yang dianut secara konsisten. (Nuraeni Nani : 2008)

Definisi integritas diri adalah suatu pemahaman komprehensif tentang dimensi diri yang terwujud secara seimbang dan sinergis. Manfaat integritas diri adalah seorang individu akan lebih mampu dalam menjalani dan memahami kehidupan. Seorang yang mempunyai integritas diri akan cenderung menerima segala keterbatasannya. Mereka juga akan sangat sedih dan putus asa jika dalam hidupnya mereka tidak melakukan apa-apa atau tidak memberikan kontribusi yang banyak bagi dunia. Orang yang mempunyai integritas diri cenderung akan melakukan suatu pekerjaan dengan sepenuhnya.


Secara umum pengertian integritas diri adalah pandangan atau penilaian tentang diri kita sendiri seperti apa, kemudian diwujudkan dalam sebuah sikap yang menunjukkan karakteristik diri yang khas. Setiap orang memiliki cara sendiri untuk menunjukkan integritas dirinya yang dapat membuat orang lain merespon untuk menghargainya atau sebaliknya.

Integritas diri dapat dikatakan sebagai jati diri seseorang, yang tentunya hanya diri sendiri yang dapat menunjukkannya. Sebagian masyarakat menilai bahwa integritas diri dapat diciptakan dengan penampilan saat berpakaian. Sebagai contoh, orang yang bertujuan mencuri kemudian berpenampilan seperti seorang pejabat yang menggunakan jas dan dasi, namun pakaian tersebut tidak akan bertahan lama karena jati diri yang sebenarnya akan terlihat ketika ia bersikap.

Integritas diri juga dapat diartikan sebagai cara seseorang menyelesaikan pekerjaan yang dikerjakannya, karena memang tuntutan profesi. Misalnya saja, seorang pengacara yang membantu klien dalam sebuah pengadilan. Jika ia tidak berupaya keras untuk menunjukkannya pada pengadilan bahwa kliennya tidak bersalah, maka integritasnya sebagai seorang pengacara akan diragukan banyak orang, sedangkan fakta persidangan mulai dari bukti-bukti yang diperlihatkan di pengadilan tidak menunjukkan bahwa kliennya bersalah. Jadi integritas diri dapat ditunjukkan dengan cara kerja seseorang karena tuntutan profesinya dalam menyelesaikan pekerjaan.

Integritas diri merupakan cermin kepribadian seseorang. Penilaian integritas diri seseorang yang diberikan oleh masyarakat dapat menjadi tinggi atau justru menjadi rendah, tergantung dari sudut pandang masyarakat yang menilainya. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi integritas diri seseorang adalah kebiasaan.Jika kebiasaan yang dilakukan adalah kebaikan, maka akan mencerminkan kepribadian yang baik, begitu pula sebaliknya, jika kebiasaan yang dilakukannya buruk maka integritas dirinya akan menunjukkan kepribadian yang buruk pula.

Oleh karena itu, jika saat ini kita memiliki kebiasaan yang kurang baik, sebaiknya ditinggalkan saja karena akan mempengaruhi integritas diri kita di masyarakat. Setiap orang menginginkan integritas diri yang baik, namun sangat jarang yang mau memulainya dengan kebiasaan baik atau meninggalkan kebiasaan buruk yang dilakukannya. Di sisi lain, sebagian orang menciptakan integritas dirinya seperti yang diinginkan masyarakat, namun bukan menunjukkan karakteristik diri yang sebenarnya.


Oke itulah penjelasan pengertian integritas diri & manfaat integritas diri secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami contoh integritas dalam kehidupan sehari-hari secara umum ya ! Lihat juga pengertian provokasi 🙂