PENGERTIAN INTERAKSI OBAT


  • Pengertian interaksi obat dengan makanan itu apa sih ?
  • Apa itu interaksi obat ?
  • Apa arti kata interaksi obat ?
  • Apa yang dimaksud dengan interaksi obat ?
  • Apa saja macam macam interaksi obat ?

Pengertian Interaksi Obat


Pengertian Interaksi Obat Menurut Para Ahli

Arti interaksi obat adalah :

Definisi interaksi obat adalah suatu perubahan atau efek yang terjadi pada suatu obat ketika obat tersebut digabungkan dengan pemakaian obat yang lain, makanan, obat-obatan tradisional ataupun senyawa kimia yang lain.

Pengertian interaksi obat dengan obat adalah suatu peristiwa dimana suatu obat bereaksi dengan obat lainnya sehingga kinerja suatu obat akan terpengaruh dan efek obat bisa menjadi berkurang atau bertambah atau bahkan tidak ada efek sama sekali. Hal ini terjadi jika 2 obat atau lebih diberikan secara sequensial atau bersamaan. Contoh interaksi obat dengan obat lain : obat penghilang rasa sakit seperti Vicodin dan Tylox yang mengandung acetaminophen jika dikombinasikan dengan obat yang punya kandungan acetaminophone juga seperti Bodrex maka akan menyebabkan kerusakan hati karena dosis acetaminophennya bertambah.

Pengertian interaksi obat dengan makanan adalah efek yang terjadi pada suatu obat ketika obat tersebut dicampurkan dengan makanan tertentu. Contohnya ketika seseorang meminum obat Bodrex yang berguna untuk menghilangkan dengan minuman Sprite atau Coca Cola, maka yang terjadi adalah obat tersebut akan bereaksi dan akan menyebabkan orang tersebut mabuk bahkan menyebabkan kematian.


Siapa yang tidak pernah minum obat? Saya rasa kita semua pernah mencobanya setidaknya satu kali, contohnya obat batuk atau obat penurun panas. Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa sebaiknya konsumsi beberapa jenis obat jangan dilakukan sekaligus namun satu-persatu kecuali bila ada resep dokter.

Sebagai orang awam sebaiknya kita jangan sembarangan mengonsumsi beberapa jenis obat sekaligus karena sangat berbahaya. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya obat merupakan bahan kimia yang akan bereaksi bila bertemu dengan bahan kimia lainnya sehingga bisa saja reaksi yang ditimbulkan akan membahayakan tubuh.

Tidak hanya antar obat dokter, dengan obat-obatan herbal pun sebaiknya jangan dilakukan karena obat-obatan herbal juga memiliki struktur kimia sendiri. Demikian pula dengan makanan, tidak jarang dokter melarang kita mengonsumsi makanan tertentu ketika sedang dalam pengobatan untuk menghindari reaksi yang tidak diinginkan.

Hal inilah yang disebut dengan interaksi obat. Pendek kata, pengertian interaksi obat adalah suatu keadaan ketika terjadi interaksi antar obat, obat dengan ramuan herbal, atau obat dengan makanan yang menimbulkan perubahan efek dari obat tersebut. Perubahan efek ini dapat berupa peningkatan atau penurunan efek obat tersebut, atau timbulnya efek baru. Interaksi antar obat yang dikonsumsi bersamaan dapat menyebabkan berkurang atau hilangnya khasiat obat tersebut atau yang lebih parah dapat meningkatkan efek samping dari obat-obatan tertentu sehingga membahayakan kesehatan.

Meskipun demikian tidak semua interaksi obat berbahaya bagi tubuh. Seperti obat-obat yang  berinteraksi akan tetapi efeknya tidak signifikan sehingga tidak berbahaya bagi tubuh. Atau bahkan interaksi obat yang justru menguntungkan karena dapat meningkatkan efek suatu obat. Contohnya ketika penisilin belum diproduksi secara massal dan penggunaannya harus dibatasi. Pada saat itu para dokter menyiasatinya dengan menggabungkan pengobatan penisilin dan probenesid sehingga terjadi interaksi obat yang menyebabkan kadar penisilin di dalam darah tetap tinggi dan berefek lebih lama bagi tubuh karena ekskeresi penisilin dihambat oleh probenesid.

Interaksi obat tidak hanya melibatkan reaksi antar obat saja namun juga dipengaruhi oleh faktor-faktor penunjang seperti usia pasien, berat badan pasien, apakah pasien sedang dalam masa kehamilan atau menyusui, variasi diurenal, toleransi, suhu tubuh, kondisi patologik, genetik, serta waktu pemberian obat.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian interaksi obat & contoh interaksi obat secara umum ya ! Lihat juga pengertian efek samping obat 🙂