PENGERTIAN INTIMIDASI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian intimidasi dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu intimidasi ? Apa arti kata intimidasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan intimidasi ?
  • Apa contoh intimidasi dalam pengendalian sosial ?
  • Apa arti intimidasi dalam negosiasi ?

Pengertian Intimidasi


Pengertian Intimidasi Menurut Para Ahli

Arti intimidasi adalah :

Pengertian intimidasi adalah perilaku agresif yang disengaja untuk membuat tekanan kepada orang lain baik secara fisik maupun psikologis. Perilaku yang menyakitkan ini pada umumnya dilakukan secara berulang-ulang. (Peter Randall)

Definisi intimidasi adalah suatu tindakan untuk memaksa orang lain untuk berbuat sesuatu hal tertentu, yang mana pelakunya mendapatkan manfaat atas perbuatan tersebut. (Ratno Lukito : 2008)

Intimidasi adalah suatu bentuk pengendalian sosial yang disertai dengan ancaman, tekanan dan menakut-nakuti. Contoh intimidasi dalam pengendalian sosial : bos yang mengintimidasi karyawannya agar lebih bekerja keras seperti “Siapa saja yang malas-malasan dan tidak niat bekerja, silahkan tunjuk tangan, akan saya pecat sekarang juga !” Contoh kalimat intimidasi lainnya : “Jangan coba-coba mendekati pacarku, atau kalian akan berurusan panjang denganku”.

Pengertian intimidasi dalam negosiasi adalah tindakan memaksa dan mengancam orang atau pihak lain yang sedang melakukan negosiasi untuk tunduk berbuat sesuai yang dikehendaki oleh pelaku intimidasi baik secara langsung ataupun tidak langsung.


Secara umum,  pengertian intimidasi adalah perbuatan menakut-nakuti, menggertak hingga mengancam agar seseorang dapat mengikuti kemauan orang yang mengintimidasi tersebut. Perbuatan ini merupakan perbuatan tidak terpuji yang dapat mempengaruhi mental seseorang menjadi turun.

Contoh intimidasi : perampok bank yang mengancam semua nasabah yang ada di dalam bank, mereka akan ditembak jika melawan perintah dari perampok tersebut. Contoh lainnya adalah mengintimidasi anak yang tidak mau makan, maka anak tersebut akan dititipkan kepada badut keliling, dan masih banyak lagi perbuatan mengintimidasi lainnya yang tidak patut ditiru.

Perbuatan intimidasi juga dilakukan pada bidang pekerjaan yang dijalani sehari-hari. Misalnya saja agen asuransi yang mengintimidasi calon nasabahnya, jika tidak memiliki asuransi jiwa maka kehidupan generasi berikutnya akan berdampak dari sisi pendidikan hingga kesejahteraan hidup, sehingga calon nasabah tersebut mendaftarkan diri pada asuransi jiwa yang ditawarkan agen tersebut.

perbuatan mengintimidasi tidak selamanya selalu memberikan kesan yang buruk, karena sikap intimidasi juga dapat membawa pengaruh yang positif dalam kehidupan seseorang. Perbuatan intimidasi yang memberikan dampak positif bisa dengan banyak kita ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya dalam bidang pendidikan ada beberapa guru yang mempunyai sikap mengintimidasi siswanya, hal tersebut mungkin memang harus dilakukan agar siswa tidak mengulangi kesalahan dan perbuatan buruk yang dapat dicontoh oleh peserta didik yang lain. Sehingga dalam tempat pendidikan seperti sekolah hanya memberi contoh sikap yang baik saja. Hanya saja sebagian besar masyarakat yang kurang bertanggung jawab memanfaatkan aktivitas intimidasi tersebut untuk kepentingan dirinya sendiri dan merugikan orang lain.

Oleh sebab itu, agar tidak terintimidasi oleh beberapa ancaman dan juga gertakan, selalu latih otak kita untuk menelaah bentuk gertakan tersebut, apakah benar akan dilakukan atau hanya sekedar mengancam semata. Umumnya seorang psikolog akan mampu memahami sebuah sikap yang mengintimidasi, namun masyarakat umum juga bisa mengetahui hal seperti itu dengan cara selalu melatih otak dan terus berinteraksi dengan orang lain. Dengan kebiasaan tersebut, nantinya seseorang akan terbiasa memahami bentuk kalimat-kalimat yang mengintimidasi, sehingga tidak akan mudah takut dengan bentuk intimidasi yang negatif.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian intimidasi dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami contoh intimidasi dalam pengendalian sosial secara umum ya ! Lihat juga pengertian insentif pajak 🙂