PENGERTIAN INVESTASI BODONG


  • Pengertian investasi bodong itu apa sih ?
  • Apa itu investasi bodong ? Apa arti kata investasi bodong ?
  • Apa yang dimaksud dengan investasi bodong ?
  • Apa ciri ciri investasi bodong ?
  • Apa contoh investasi bodong ?

Pengertian Investasi Bodong


Pengertian Investasi Bodong Menurut Para Ahli

Arti investasi bodong adalah :

Pengertian investasi bodong adalah suatu bentuk investasi dimana investor menitipkan sejumlah uangnya untuk dikelola dan diolah oleh suatu perusahaan investasi namun sebenarnya perusahaan investasi tersebut tidak mengelola uang tersebut. Terkadang mereka memutarkannya kepada investor lain atau bahkan membawa kabur uang para investornya. (Sugraha Prawira R : 2010)

Definisi investasi bodong adalah investasi yang tidak jelas sumber dana serta pengelolaannya. Investasi bodong pada umumnya melibatkan 2 pihak yakni “si bohong” dan “si bodoh”. (Dwi Ariani : 2015)


Kebanyakan orang memahami investasi sebagai tindakan yang pasti mendatangkan untung berlipat-lipat. Dengan menanamkan modal sekian pasti akan mendapatkan untung sekian persen dalam jangka waktu tertentu. Padahal sebenarnya tidaklah demikian, yang namanya investasi seperti apapun bentuknya selalu memiliki risiko kerugian kecuali investasi pada aset yang cenderung stabil seperti emas dan tanah. Akan tetapi investasi pada emas dan tanah keuntungannya tentu tidak sebesar investasi pada usaha-usaha yang sifatnya dinamis.

Menyadari kesalahpahaman orang-orang mengenai investasi serta keinginan untuk mendapatkan untung besar tanpa perlu bersusah payah memunculkan berbagai bentuk penipuan yang seolah-olah seperti investasi yang disebut juga dengan investasi bodong.

Para pelaku investasi bodong akan menawarkan produk-produk investasi yang sebenarnya hanyalah penipuan dengan keuntungan yang sangat fantastis yang  sebenarnya jika calon korban mau teliti keuntungan seperti itu adalah mustahil. Calon korban biasanya diiming-imingi untung sekian persen pada hari kesekian, semakin hari keuntungannya semakin bertambah, serta seperti tidak ada risiko. Biasanya di awal-awal pelaku penipuan akan melakukan sesuai janjinya, keuntungan ditransfer ke para korban. Namun setelah beberapa kali, pengiriman keuntungan mulai macet yang pada akhirnya tidak ada sama sekali dan para penipu tersebut sudah melarikan diri.

Jika kita mau teliti kita dapat mengenali apakah sebuah investasi yang ditawarkan bodong atau tidak. Diantara ciri-ciri investasi bodong adalah keuntungan yang ditawarkan sangat tinggi dan tidak realistis.

Ketika kita ditawari suatu bentuk investasi dengan keuntungan yang sangat tinggi sebaiknya kita berhati-hati dan menelusuri lebih jauh investasi tersebut. Biasanya para pelaku ini menawarkan keuntungan yang sangat tinggi hanya untuk menarik minat banyak calon korban. Selain itu investasi bodong juga mengiming-imingi calon korbannya dengan janji bahwa investasi tersebut sama sekali tidak berisiko. Hal ini sangat tidak mungkin mengingat usaha apapun bahkan yang dijalankan oleh pengusaha berpengalaman sekalipun tetap masih memiliki risiko.

Ciri lainnya adalah adanya cashback atau sejumlah imbalan jika kita berhasil merekrut anggota baru. Untuk menarik minat calon korban biasanya para penipu ini menambahkan testimoni dari tokoh-tokoh seperti pemuka agama atau pejabat. Kita tidak tahu apakah testimoni tersebut betul atau tidak. Investasi bodong biasanya juga menawarkan kemudahan penarikan aset. Hal ini juga harus diwaspadai karena pada dasarnya penarikan aset investasi bukanlah sesuatu yang mudah.

contoh investasi bodong di Indonesia yang cukup terkenal yakni investasi bodong MMM, investasi bodong D4F dan investasi bodong koperasi langit biru. Dengan memahami ciri-ciri investasi bodong semoga kita dapat lebih teliti dan berhati-hati terhadap berbagai bentuk penipuan yang tampil sebagai produk investasi.


Oke itulah penjelasan singkat mengenai pengertian investasi bodong & contoh kasus investasi bodong secara umum. Semoga artikel tentang investasi bodong ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian referensi bank 🙂