PENGERTIAN INVESTMENT ADVISOR


  • Pengertian investment advisor itu apa sih ?
  • Apa itu investment advisor ?
  • Apa arti kata investment advisor ?
  • Apa yang dimaksud dengan investment advisor ?

Pengertian Investment Advisor


Pengertian Investment Advisor Menurut Para Ahli

Arti investment advisor adalah :

Pengertian investment advisor adalah seseorang atau pihak tertentu yang memberikan suatu nasihat mengenai pembelian atau penjualan efek kepada pihak lain. (Prof. Dr. Eduardus Tandelin : 2010)

Definisi investment advisor adalah setiap orang atau kelompok yang membuat rekomendasi investasi atau melakukan analisis sekuritas dengan imbalan biaya, baik melalui manajemen langsung dari aset nasabah atau melalui publikasi tertulis.

Investment advisor adalah penasihat investasi yang berupa lembaga per orangan yang memberikan berbagai nasehat dan pendapat kepada emiten atau calon emiten yang berkaitan dengan efek. Contohnya tentang komposisi utang dan modal perusahaan dsb.


Investment advisor atau yang lebih dikenal dengan sebutan konsultan efek banyak kita jumpai pada perusahaan efek seperti reksadana dsb. Pada umumnya investment advisor bekerja sebagai profesional dalam industri keuangan dengan memberikan rekomendasi, saran serta bimbingan kepada klien dengan imbalan biaya tertentu.

Seringkali investment advisor juga  memiliki kewenangan diskresioner yang memungkinkan mereka untuk bertindak atas nama klien mereka tanpa harus mendapatkan izin resmi sebelum mengeksekusi suatu tindakan. Namun, kewenangan diskresioner ini harus secara resmi diberikan oleh klien.

Secara umum investment advisor adalah seorang teman nasabah (klien) yang akan memberikan suatu opini tentang keuangan dan manajemen suatu emiten. Investment advisor juga memberikan konsultasi mengenai hal :

  • Struktur permodalan yang tepat
  • Jenis dana yang diperlukan oleh klien
  • Pemilihan sumber dana yang diingankan oleh klien
  • Tips dan trik bermain efek di pasar modal dsb

Konsultan efek memberikan berbagai nasihat mengenai dunia investasi di pasar modal serta risiko apa saja yang melekat pada investasi tersebut. Investment advisor juga dapat berperan sebagai konsultan keuangan (financial advisor) yang memberikan pendapat yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan bagi perusahaan yang akan go public.

Bicara soal penghasilan, gaji investment advisor di Indonesia terbilang masih lebih kecil jika dibandingkan dengan gaji konsultan efek di luar negeri. Gaji investment advisor Indonesia rata-rata masih sekitaran 3 sampai 4 juta. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia masih banyak yang belum melek dengan pasar modal sehingga jumlah transaksi efekpun tidak mengalami perubahan yang signifikan.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian investment advisor (konsultan efek). Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian investment advisor secara umum ya ! Lihat juga pengertian investmen opportunity set 🙂