PENGERTIAN INVESTMENT CENTER


  • Pengertian investment center itu apa sih ?
  • Apa itu investment center ? Apa arti kata investment center ?
  • Apa yang dimaksud dengan investment center ?
  • Apa perbedaan profit center dan investment center ?

Pengertian Investment Center


Pengertian Investment Center Menurut Para Ahli

Arti investment center adalah :

Pengertian investment center adalah pusat pertanggungjawaban yang bertujuan untuk mengatur investasi untuk mencapai laba yang maksimal dimana prestasi manajer diukur dengan menghubungkan laba yang diperoleh dengan investasi yang dipergunakan (Mulyadi : 2014)

Definisi investment center adalah sebuah bentuk pertanggungjawaban model desentralisasi atas aset yang ada. Dalam investment center, pimpinan tertinggi atau manajer akan diberikan target berupa ROE (Return on Equity), ROI (Return on Investment), EVA dsb.

Pengertian investment center adalah salah satu bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab atas segala biaya dan pendapatan yang secara langsung dihubungkan dengan modal yang digunakan oleh bagian tersebut. 


Fungsi manajemen dalam akuntansi pertanggungjawaban suatu perusahaan dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu pusat laba (profit center), pusat biaya (cost center) dan pusat investasi (investment center). Model yang paling tepat digunakan dalam pertanggungjawaban desentralisasi adalah model investment center dan profit center. Hal ini dikarenakan keduanya sangat cocok diaplikasikan untuk perusahaan yang mempunyai kebutuhan koordinasi yang cepat serta akurat antara bagian produksi dan penjualan.

Berbeda dengan investment center, profit center adalah salah satu divisi perusahaan yang bertanggung jawab atas segala pengeluaran dan pendapatan perusahaan. Contoh perusahaan Kecap ABC di Semarang mempunyai divisi pemasaran di Jakarta. Maka divisi pemasaran tersebut adalah profit center bagi perusahaan kecap ABC. Hal ini dikarenakan selain bertanggung jawab atas pendapatan dari kegiatan pemasaran yang dilakukan, divisi pemasaran tersbut juga bertanggung jawab atas berbagai biaya yang dikeluarkan oleh divisinya.

Pendek kata profit center adalah jenis pertanggungjawaban desentralisasi dengan ukuran moneter berupa laba atau profit. Dengan demikian pimpinan tertinggi bisnis atau manajer unit akan diberikan target berupa profit.

Mana yang lebih baik antara investment center dan profit center ?

Jika perusahaan memiliki unit bisnis yang banyak maka pilihan yang terbaik adalah model investment center. Hal ini dikarenakan jika kita menggunakan model profit center maka informasi akan menjadi bias dikarenakan evaluasi hanya terkait dengan profit semata. Sedangkan apabila model investment center diterapkan maka akan mengurangi berbagai macam misleading atau kesalahan yang terkait dengan efektifitas penggunaan aset dalam menghasilkan laba karena informasi akan disajikan secara lebih komprehensif dan tidak berpatok pada ukuran moneter semata.

Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa bentuk pusat pertanggungjawaban yang paling lengkap dan paling komprehensif adalah pusat investment center.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian investment center. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian profit center dan investment center secara umum ya ! Lihat juga pengertian financial advisor 🙂