PENGERTIAN INVESTMENT COMPANY


  • Pengertian investment company itu apa sih ?
  • Apa itu investment company ?
  • Apa arti kata investment company ?
  • Apa yang dimaksud dengan investment company ?
  • Apa pengertian investment holding company ?

Pengertian Investment Company


Pengertian Investment Company Menurut Para Ahli

Arti investment company adalah :

Pengertian investment company adalah perusahaan investasi ataupun badan usaha, yang dimiliki baik secara pribadi ataupun publik yang mengelola, menjual, dan melakukan kegiatan investasi untuk umum. Mereka biasanya menawarkan investor berbagai dana dan investasi, yang meliputi manajemen portofolio, pencatatan, kustodian, hukum, akuntansi dan jasa manajemen pajak.

Definisi investment company adalah perusahaan yang mengelola suatu portofolio investasi tertentu yang sumber dananya berasal dari investor (nasabahnya).

Pengertian investment holding company adalah perusahaan yang kegiatan utamanya adalah memegang dan memiliki investasi seperti properti dan saham untuk investasi jangka panjang dan memperoleh penghasilan investasi dari dividen, bunga, pendapatan sewa serta pendapatan lainnya yang bukan dari berasal dari hasil jual beli produk barang dan jasa.


Dunia investasi sangatlah luas dan kompleks. Jika kita tidak berhati-hati dalam berinvestasi, bukan untung yang kita dapatkan melainkan kerugian uang, waktu serta tenaga. Salah satu untuk meminimalisir risiko investasi adalah dengan menggunakan investment company. Dengan berinvestasi lewat investment company maka secara tidak langsung kita mempercayakan nasib serta tingkat keuntungan yang akan kita dapatkan di masa depan pada perusahaan investasi.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kita sebagai investor menitipkan uang kita untuk dikelola dan “dimainkan” oleh investment company. Contoh investment company adalah mutual fund (reksadana) dan trust (kontrak investasi kolektif). Secara umum investment company terbagi ke dalam 3 kelompok yaitu :

Reksadana (Open End Investment Companies)

Perusahaan investasi jenis ini menjual saham baru kepada nasabah (investor) setelah IPO (penjualan saham perdananya)

Closed End Investment Company

Perusahaan investasi ini hanya menjual sahamnya pada saat IPO saja.

Unit Investment Trust

Perusahaan ini menerbitkan portofolio dari surat berharga yang menghasilkan return yang tetap seperti obligasi dsb yang kemudian sertifikat portofolio tersebut dijual kepada investornya ditambah dengan sejumlah komisi.

Para nasabah yang mengandalkan jasa investment company pada dasarnya telah melakukan strategi investasi pasif karena kita sebagai investor hanya tinggal duduk diam saja. Metode seperti ini sangatlah tepat jika kita mempunyai waktu yang sangat terbatas untuk melakukan investasi secara manual.

Adapun kelebihan investment company adalah sebagai berikut :

  • Investasi dilakukan secara profesional dan pegawai perusahaan investasi pada umumnya mempunyai profesionalisme yang tinggi untuk mengelola investasi.
  • Risiko lebih rendah karena investment company melakukan diversifikasi pada portofolio investasinya.

Sedangkan kekurangan investment company adalah :

  • Tingkat keuntungan yang kecil. Hal ini dikarenakan risiko investasi yang kita hadapi juga relatif kecil.
  • Tidak fleksibel karena investor tidak bisa mengubah portofolio investasi seenak jidat mereka.
  • Memerlukan riset serta analisa untuk mencari informasi mengenai perusahaan investasi yang mau kita gunakan. Karena jika kita asal-asalan menaruh uang kita pada perusahaan investasi abal-abal maka risiko kerugian kita juga akan lebih besar.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai perusahaan investasi. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian investment company secara umum ya ! Lihat juga pengertian investment banking 🙂