PENGERTIAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET


  • Pengertian investment opportunity set itu apa sih ?
  • Apa itu investment opportunity set ?
  • Apa arti kata investment opportunity set ?
  • Apa yang dimaksud dengan investment opportunity set ?
  • Apa pengaruh investment opportunity set terhadap kebijakan dividen ?

Pengertian Investment Opportunity Set


Pengertian Investment Opportunity Set Menurut Para Ahli

Arti investment opportunity set adalah :

Pengertian investment opportunity set (ios) adalah pilihan investasi di masa depan yang mempunyai return yang cukup tinggi sehingga mampu membuat nilai perusahaan ikut terdongkrak. Hal ini dikarenakan besarnya nilai perusahaan tergantung pada berbagai pengeluaran yang ditetapkan oleh pihak manajemen perusahaan di masa depan. (Gaver & Gaver : 1993)

Definisi investment opportunity set adalah tersedianya beberapa alternatif investasi di masa depan bagi suatu perusahaan yang diharapkan menghasilkan return investasi yang cukup besar di masa depan (Hartono : 1999).

Pengertian investment opportunity set adalah suatu pilihan kombinasi antara aset yang dimiliki perusahaan dengan beberapa pilihan investasi di masa yang akan datang (Myers : 1977)

Pengertian investment opportunity set (ios) adalah proksi kombinasi dari pertumbuhan perusahaan yang digambarkan sebagai nilai pasar (Smith dan Watts, 1986)

Investment Opportunity Set adalah kombinasi antara asset in place (aktiva riil) dengan alternatif investasi di masa depan yang mempunyai nilai bersih sekarang yang positif (Wardani & Siregar : 2009)


Investment opportunity set bisa dikatakan sebagai suatu kesempatan untuk berkembang, akan tetapi tidak semua perusahaan bisa melakukan eksekusi IOS di masa yang akan datang. Bagi perusahaan yang tak bisa menggunakan kesempatan investasi tersebut maka perusahaan tersebut tentunya akan membuat pengeluaran yang cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai kesempatan yang hilang.

Dengan demikian, jika kondisi perusahaan sekarang sangat baik, maka pihak manajemen perusahaan tentunya akan lebih memilih investasi yang baru ketimbang membayar dividen yang nilainya cukup tinggi. Sebaliknya, perusahaan yang pertumbuhannya lambat cenderung akan membagikan dividen yang lebih tinggi untuk mengatasi masalah over investment.

Hal ini dikarenakan pembayaran dividen pada dasarnya dilakukan jika perusahaan mempunyai dana sisa setelah membiayai investasi yang mempunyai NPV yang positif dengan Retained Earning. Pendek kata, jika perusahaan tak punya dana sisa maka pembayaran dividenpun tidak akan dilakukan. Dengan demikian, investment opportunity set bisa menjadi suatu kesempatan bagi manajer perusahaan untuk melakukan praktek manajemen laba.

Untuk mendapatkan nilai IOS yang tinggi maka diperlukan tingkat pertumbuhan penjualan yang tinggi pula. Sedangkan untuk meningkatkan pertumbuhan penjualan, perusahaan tentunya memerlukan biaya yang besar. Biaya ini dapat diperoleh dari dalam ataupun dari luar perusahaan. Jika dana tersebut bersumber dari dalam perusahaan, maka pembayaran dividenpun akan mengalami penurunan. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa Investment Opportunity Set (IOS) mempunyai pengaruh yang negatif dengan kebijakan dividen.


Nah itulah beberapa pengertian set kesempatan investasi menurut para ahli. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian investment opportunity set ios secara umum ya ! Lihat juga pengertian kolega dan pelanggan 🙂