PENGERTIAN INVESTOR DAN INVESTEE


  • Pengertian investor dan investee itu apa sih ?
  • Apa itu investor dan investee ?
  • Apa arti kata investor dan investee ?
  • Apa yang dimaksud dengan investor dan investee ?
  • Apa perbedaan investor dan investee ?

Pengertian Investor dan Investee


Pengertian Investor dan Investee Menurut Para Ahli

Arti investor dan investee adalah :

Pengertian investor adalah suatu pihak baik perorangan ataupun lembaga yang berasal dari dalam negeri atau dari luar negeri yang melakukan suatu kegiatan investasi yang bersifat jangka panjang maupun jangka pendek. (Nasarudin & Surya : 2004)

Definisi investor dalah seseorang yang memasukkan uang ke dalam sesuatu hal untuk membuat keuntungan finansial atau mendapatkan tingkat keuntungan tertentu. Investor memanfaatkan kendaraan investasi untuk mengembangkan uang mereka. Contoh kendaraan investasi adalah saham, obligasi, komoditas, reksa dana, opsi, futures, valuta asing, emas, perak, real estate dsb. Investor biasanya melakukan analisis teknis maupun anilisis fundamental untuk menentukan peluang investasi yang paling menguntungkan, dan mereka pada umumnya akan lebih memilih untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan.

Pengertian investee adalah tempat dimana investor melakukan penanaman modal atau melakukan penyertaan modal.

Definisi investee adalah orang atau perusahaan yang bergerak dibidang jasa keuangan yang telah diberi uang oleh investor untuk membuat keuntungan atau mendapatkan tingkat keuntungan tertentu.


Dunia investasi adalah dunia yang saling berhubungan dan saling bergantungan satu sama lain. Sama halnya seperti investor dan investee company. Investor adalah orang yang mempunyai modal untuk berinvestasi sedangkan pengertian investee company adalah perusahaan yang akan menghimpun dan mengolah sejumlah uang investor ke dalam portofio mereka supaya mendapatkan keuntungan. Dengan demikian apabila investee company untung maka investorpun mendapakan keuntungan.

Investee company adalah sebuah perusahaan atau lembaga keuangan di mana seorang investor membuat investasinya secara langsung. Dalam praktek sehari-hari investee biasa disebut dengan modal ventura.

Investee company (perusahaan penerima investasi) menggunakan uang yang diberikan oleh investor untuk menjalankan bisnis dan memberikan investor pengembalian uang dengan  tingkat keuntungan tertentu tergantung jenis risikonya.

Jenis investor berdasarkan preferensinya terhadap risiko adalah sebagai berikut :

  • Risk averse (menghindari risiko). Investor jenis ini pada umumnya memilih jenis investasi yang mempunyai risiko yang rendah walaupun memang tingkat keuntungan yang didapatkan juga relatif kecil.
  • Risk medium. Investor tipe ini cenderung akan melihat risiko secara proporsional. Mereka akan memilih jenis investasi yang memiliki tingkat risiko yang sedang dan berharap mendapatkan keuntungan yang tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.
  • Risk taker. Ini adalah jenis investor yang berani mengambil risiko. Investor jenis ini sama sekali tidak takut kehilangan seluruh uangnya. Mereka akan mengambil investasi yang mempunyai tingkat keuntungan yang cukup tinggi tanpa memperdulikan risiko yang melekat pada instrumen investasi tersebut.

Pengertian investor dalam pasar modal adalah masyarakat baik itu yang bersifat perorangan maupun lembaga publik yang menyerahkan dananya kepada perusahaan investasi untuk membeli saham ataupun obligasi yang diterbitkan oleh suatu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Investor tersebut mempunyai tujuan untuk memperoleh dividen, melakukan perdagangan efek ataupun hanya menjadi seorang spekulator yang berharap mendapatkan suatu tingkat keuntungan tertentu.

Pengertian investor asing adalah investor yang berasal dari luar negeri dimana instrumen investasi itu kelola, diterbitkan dan diperdagangkan. Contohnya : Saham BUMN dikuasai 20% oleh investor Cina, maka investor asing di sini adalah investor Cina.

Pengertian investor institusi adalah investor yang berupa lembaga institusi yang sudah berbadan hukum seperti reksa dana, asuransi, dana pensiun, bank dsb.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan investor dan investee. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian investor dan investee secara umum ya ! Lihat juga pengertian sindikat 🙂