PENGERTIAN ISOLASI


  • Pengertian isolasi bakteri itu apa sih ?
  • Apa itu isolasi ? Apa arti kata isolasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan isolasi dalam mikrobiologi?
  • Apa pengertian isolasi dalam kesehatan ?
  • Apa pengertian isolasi sosial ?

Pengertian Isolasi


Pengertian Isolasi Menurut Para Ahli

Arti isolasi adalah :

Pengertian isolasi adalah sesuatu yang terpisah dan tidak terhubung ke hal-hal lain.

Pengertian isolasi bakteri adalah suatu proses pemisahan dan pemindahan bakteri dari lingkungan alam bebas untuk menumbuhkannya di suatu medium buatan. Gunanya adalah agar diperoleh biakan yang murni di dalam medium buatan tersebut.

Pengertian isolasi dalam kesehatan adalah menempatkan pasien di suatu ruangan yang terpisah dari pasien lainnya dan agar pasien tersebut tidak bisa keluar masuk dengan bebas. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan penyakit atau risiko kerusakan yang ditimbulkan oleh pasien tersebut. Contoh isolasi dalam kesehatan adalah isolasi pasien penyakit jiwa dan pasien pengidap HIV AIDS.


Isolasi adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa terasingkan dan kesepian karena ulah orang lain yang bersifat merugikan dan negatif. Maksudnya, apabila seseorang dijauhkan dari kelompoknya dan sendirian berarti orang tersebut diisolasi oleh kelompoknya. Tetapi isolasi bukan hanya dilakukan oleh orang lain, melainkan dapat juga dilakukan oleh diri sendiri. Seseorang bisa dengan sengaja mengasingkan dirinya sendiri dari orang lain dan lingkungan sekitar. Perilaku tersebut umum disebut perilaku menarik diri.

Contohnya apabila ada kalimat ‘wilayah itu terisolasi dari dunia luar’, artinya wilayah tersebut terasingkan, jauh dari keramaian dan jangkauan sarana transportasi. Selain itu saat kita ke rumah sakit, ada ruangan isolasi, artinya di dalam ruangan tersebut berada pasien dengan jenis penyakit menular sehingga harus dipisahkan dari pasien lain.

Di atas adalah pengertian umum dari isolasi. Secara antropologi, isolasi merupakan cara seseorang menjauhkan diri dari kelompok rasnya dan bergabung dengan ras lain, sehingga akan menghasilnya ras jenis lain. Hal tersebut memiliki keuntungan agar manusia bersifat homogen atau bermacam-macam jenis.

Sementara pada bidang kimia, isolasi memiliki arti memisahkan sebuah senyawa yang telah tercampur agar bisa menghasilkan senyawa yang tunggal. Contohnya terdapat pada tumbuhan. Tumbuhan memiliki berbagai macam senyawa, dan apabila isolasi pada senyawa tumbuhan dilakukan maka akan menghasilkan manfaat bagi kehidupan manusia.

Bidang fisika juga memiliki arti tersendiri tentang isolasi. Isolasi di bidang fisika berarti penyekat (non konduktor) untuk mencegah aliran listrik maupun aliran panas. Isolasi panas adalah bahan yang mengurangi aliran panas, sedangkan isolasi listrik adalah bahan penghantar listrik yang buruk.

Bidang lain yang juga memiliki pengertian tersendiri tentang isolasi adalah bidang biologi. Pengertian isolasi memiliki makna yang sama dengan makna umum, yaitu pemisahan. Tetapi dalam bidang biologi, pemisahan ini berlaku untuk mikroba.

Pengertian isolasi mikroba adalah cara memindahkan atau memisahkan mikroba tertentu dari lingkungannya dengan tujuan untuk memperoleh kultur murni. (Waluyo : 2007)

Mikroba yang telah saling bercampur dipisahkan menjadi satu mikroba dengan cara meletakkannya di suatu tempat padat dan sel-sel mikroba tersebut akan membentuk koloni yang memiliki jenis yang sama. Contoh lain adalah apabila kita budidaya ikan, maka ikan betina dan jantan dalam satu kelompok tersebut dipisah agar tidak terjadi perkawinan antara satu kelompok.

Pengertian isolasi sosial adalah suatu kondisi dimana individu mengalami suatu penurunan atau bahkan tidak mampu sama sekali untuk berinteraksi dengan orang lain di sekitar lingkungannya. Individu seperti ini selalu merasa kesepian, tidak diterima atau ditolak oleh orang lain di sekitarnya. (Keliat : 2011)

Definisi isolasi sosial adalah keadaan kesepian yang dirasakan oleh seseorang dikarenakan ada orang lain yang melakukan tindakan yang bersifat mengancam atau tindakan negatif lainnya. (Towsend dalam Kusumawati : 2010)

Pengertian isolasi DNA adalah suatu proses memisahkan molekul DNA dari berbagai molekul-molekul lain di dalam inti sel.


Oke itulah penjelasan singkat mengenai pengertian isolasi dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian isolasi secara umum ya ! Lihat juga pengertian grading 🙂