PENGERTIAN JUARA FAVORIT


  • Pengertian juara favorit itu apa sih ?
  • Apa itu juara favorit ?
  • Apa arti kata juara favorit ?
  • Apa yang dimaksud dengan juara favorit ?

Pengertian Juara Favorit


Pengertian Juara Favorit Menurut Para Ahli

Arti Juara favorit adalah :

Pengertian juara favorit adalah peserta yang tidak menjadi Juara 1, 2 dan tiga namun peserta tersebut menjadi favorit penonton karena mendapatkan banyak dukungan seperti voting, like, dsb.

Definisi juara favorit adalah juara di hati penonton atau peserta yang paling dijagokan untuk menang dalam suatu kompetisi karena banyak pendukungnya.


Secara umum, pengertian juara favorit adalah sebuah gelar yang diberikan kepada seseorang yang mendapatkan dukungan dari banyak orang dalam hal tertentu, namun tidak dalam hal yang menyeluruh. Seseorang yang mendapatkan gelar juara favorit, belum tentu mendapatkan gelar juara umum dalam suatu kompetisi. Contohnya seperti kontes kecantikan, kontes musik, kontes robot, hingga kontes desain pakaian yang umumnya selalu memberikan gelar juara favorit yang kastanya masih dibawah level juara 1, 2 dan 3.

Beberapa faktor yang membuat munculnya juara favorit adalah perbedaan pendapat dari para juri dan penonton dalam memberikan penilaian. Tujuan dibuat juara favorit pada dasarnya agar proporsi penilaian antara juri dan penonton seimbang. Penilaian juara umum biasanya melalui mekanisme voting.

Juara favorit juga diberikan dengan tujuan agar seseorang yang belum bisa mendapatkan gelar juara umum tetap terus berkarya dan belajar, karena gelar yang didapatkan tersebut sudah mendapatkan dukungan dari banyak orang. Tidak jauh berbeda dengan istilah juara harapan yang diberikan dalam sebuah kompetisi, yang bertujuan agar tidak putus asa dan terus berupaya menjadi juara umum. Akan tetapi juara favorit juga bukan merupakan sesuatu yang memalukan, karena beberapa orang yang menjadi juri mungkin memiliki perbedaan dalam menentukan juara umum. Bisa saja karena pertimbangan dalam beberapa hal, kandidat yang dinilai lebih unggul akan dijadikan juara umum sedangkan yang nilainya sedikit lebih kecil dijadikan juara favorit.

Juara favorit memiliki tempat tersendiri pada beberapa kompetisi, dimana karakteristiknya disukai oleh banyak orang, misalnya desain dalam bidang fashion serta hal-hal lainnya yang belum tentu masuk perhitungan para juri. Pendapat negatif dari juara favorit memang pasti ada, bahkan ada yang menggambarkan bahwa juara favorit merupakan istilah yang diberikan untuk seseorang yang kalah supaya mereka tidak putus asa dan tetap berkarya.

Jadi, terlepas dari penilaian masyarakat akan baik atau buruknya juara favorit, kita harus tetap memberikan apresiasi kepada pemegang juara favorit, karena juara pada dasarnya adalah seorang pemenang.


Oke itulah penjelasan tentang definisi juara favorit. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian juara favorit dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian klarifikasi 🙂