PENGERTIAN KARSINOGENIK DAN CONTOHNYA


  • Pengertian karsinogenik dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu karsinogenik ? Apa arti kata karsinogenik ?
  • Apa yang dimaksud dengan karsinogenik ?

Pengertian Karsinogenik


Pengertian Karsinogenik Menurut Para Ahli

Pengertian karsinogenik adalah zat-zat yang menyebabkan timbulnya kanker. Kanker yang disebabkan oleh zat karsinogenik bersifat langsung yaitu zat tersebut menyebabkan perubahan pada sel tubuh dan perubahan tersebut sangatlah cepat akibatnya sel gagal tumbuh sempurna dan kanker pun muncul. Zat karsinogenik berasal dari makanan dan minuman, rokok, zat radioaktif, dan bahan lain yang ada di sekitar kita.

Seperti data yang diungkap oleh organisasi kesehatan dunia (WHO), 40% penyakit kanker disebabkan oleh faktor lingkungan yaitu asap rokok, 30% dari makanan dan minuman, dan 10 % dari udara tempat kita tinggal. Sebenarnya zat karsinogenik bisa bersifat alamiah dan kimiawi. Karsinogenik bersifat alami hanya berjumlah 30 senyawa yang dapat menyebabkan kanker pada manusia. Sedangkan zat karsinogenik alami hampir dapat kita temui sehari-hari.

Sumber zat karsinogenik yang dapat kita jumpai sehari-hari adalah sebagai berikut:

  1. Obat-obatan

Obat yang dijual di apotik sebenarnya mempunyai efek samping jika kita konsumsi secara terus menerus. Jenis obat seperti obat penenang, obat penurun panas, dan obat anti nyeri adalah jenis obat yang sangat beresiko kanker. Oleh sebab itu setiap obat selalu dicantumkan dosis pemakaian sehingga konsumen tidak mengkonsuminya secara berlebih.

  1. Polusi

Udara di perkotaan sudah tak segar seperti udara di pedesaan yang masih alami. Orang yang tinggal di perkotaan beresiko terkena kanker akibat paparan polusi udara dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik, serta sumber pembangkit listrik.

  1. Gaya hidup

Kurang olahraga, obesitas, merokok serta minum beralkohol menjadi penyebab timbulnya kanker.

Tentunya masih banyak lagi sumber penyebab kanker yang dapat kita temui sehari-hari. Intinya kita harus selalu menjaga kesehatan dan pola makan diri sendiri, serta berolahraga rutin agar tubuh dapat membuat lemak dan racun dalam tubuh kita.

Hindari merokok dan minum beralkohol. Akan lebih baik jika kita memperbanyak minum air putih karena lebih menyehatkan. Selain itu, kita harus teliti pada setiap produk yang kita beli, kita harus selalu mengecek kandungan kimia dalam produk tersebut.


Oke itulah penjelasan singkat tentang definisi karsinogenik & contoh karsinogenik. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian karsinogenik dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian diartrosis sinartrosis amfiartrosis 🙂