PENGERTIAN KEBIRI


  • Pengertian kebiri pada manusia itu apa sih ?
  • Apa itu kebiri ? Apa arti kata dikebiri ?
  • Apa yang dimaksud dengan kebiri ?
  • Apa pengertian mengebiri ?

Pengertian Kebiri


Pengertian Kebiri Menurut Para Ahli

Arti kata kebiri adalah :

Definisi kebiri adalah :

  • mencabut kekuatan, semangat, atau melemahkan sesuatu.
  • mencabut sifat kejantanan atau memandulkan.
  • menghapus andresium dari bunga dalam proses penyerbukan silang buatan.

Belum lama ini gencar terdengar rencana hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual. Hal ini dipicu banyaknya kasus kejahatan seksual bahkan yang melibatkan anak-anak baik sebagai korban maupun pelaku. Hukuman ini dianggap dapat memberi efek jera dan meminimalkan terjadinya kejahatan seksual. Walaupun demikian hal ini masih menjadi perdebatan dalam masyarakat, banyak yang pro dan ada juga yang kontra.

Kebiri sebenarnya sudah dilakukan jauh sejak zaman dahulu dan dilakukan di banyak negara seperti negara-negara eropa, timur tengah, asia timur, afrika, dan asia selatan. Alasannyapun beragam, ada yang dilakukan oleh orang yang memenangkan suatu pertempuran terhadap lawan yang mati sebagai tanda bahwa ia menghabisi keperkasaan lawan. Ada juga karena alasan agama. Atau bisa juga dilakukan kepada laki-laki yang akan bekerja atau menjadi pegawai istana.

Pengertian kebiri adalah tindakan memandulkan makhluk hidup baik jantan ataupun betina dengan cara pembedahan secara fisik atau menggunakan zat kimia. Pada jantan dihilangkan fungsi testisnya dan pada betina dihilangkan fungsi ovariumnya. Tindakan kebiri dapat dilakukan baik pada manusia maupun hewan.

Pendek kata, pengertian dikebiri sama saja dengan dihilangkannya keturunannya secara permanen. Sedangkan dalam istilah ungkapan konotasi, pengertian mengebiri adalah mematikan sesuatu.

Tindakan mengebiri biasanya dilakukan dengan cara pembedahan secara fisik yaitu dengan cara memotong alat genital secara permanen. Hal ini menyebabkan orang atau hewan tersebut mandul secara permanen. Seiring bertambahnya ilmu pengetahuan tindakan kebiri dilakukan dengan menyuntikan zat kimia yaitu antiandrogen ke tubuh seseorang atau dengan meminum pil. Zat antiandrogen ini akan mengurangi hormon testosteron pada pria yang menyebabkan hilangnya nafsu seksual seseorang.

Tindakan kebiri ini lebih meminimalkan resiko kematian bagi objek yang dikebiri. Efeknya pun tidak permanen, setelah beberapa waktu efeknya akan hilang dan objek harus mengkonsumsi pil atau disuntik kembali.

Tindakan kebiri secara kimia ini juga memiliki efek samping seperti penumpukan lemak yang menimbulkan penyakit jantung dan pembuluh darah, kurangnya semangat hidup, bahkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan osteoporosis.

Istilah kebiri dalam bahasa indonesia juga digunakan sebagai ragam kata tak baku untuk menunjukkan tindakan menghilangkan atau mengurangi bagian sesuatu secara licik. Contohnya seorang mandor yang mengurangi upah pekerja untuk kepentingan pribadinya. Tindakan ini dapat disebut mengebiri hak pekerja karena pekerja sudah bekerja keras dan sudah sepatutnya mendapat upah setimpal diambil dengan semena-mena oleh mandor.


Oke itulah penjelasan singkat mengenai definisi kebiri. Mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian kebiri secara umum ya ! Lihat juga pengertian kaum dhuafa 🙂