PENGERTIAN KELINCAHAN (AGILITY)


  • Pengertian kelincahan dalam olahraga itu apa sih ?
  • Apa itu kelincahan (agility) ? Apa arti kata agility ?
  • Apa yang dimaksud dengan kelincahan dalam olahraga ?

Pengertian Kelincahan (Agility)


Pengertian Kelincahan Menurut Para Ahli

Arti kelincahan (agility) adalah :

Pengertian kelincahan adalah suatu kemampuan seseorang untuk mengubah arah dan posisi sesuai dengan situasi yang dikehendaki atau dihadapi dengan cara secepat mungkin. (Suharno : 1992)

Definisi kelincahan adalah kemampuan untuk mengubah posisi dan arah tubuh dengan cepat secara tepat waktu ketika sedang bergerak tanpa kehilangan keseimbangan maupun kesadaran akan posisi tubuhnya. (Harsono : 1993)


Ada yang suka menonton film kung fu, silat, wing chun, atau beladiri lainnya? Kita dibuat terpukau melihat kelincahan gerakan para aktor tersebut. Bagaimana mereka bergerak kesana kemari dengan begitu cepat tanpa terjatuh. Kelincahan atau agility adalah salah satu faktor yang menentukan kebugaran jasmani seseorang. Seseorang dikatakan lincah ketika ia mampu bergerak dengan cepat dan mengubah arah gerakannya secara cepat pula dengan tetap menjaga keseimbangan. Jadi tidak hanya cepat bergerak tetapi juga cepat mengubah arah gerakan secara seimbang.

Dengan memiliki kelincahan ada banyak manfaat yang bisa dipetik diantaranya memudahkan kita mengkoordinasikan gerakan-gerakan berganda secara simultan seperti melakukan pukulan dan tendangan sambil mengubah arah secara bersamaan. Kemudian juga memudahkan kita untuk menguasai teknik-teknik tinggi dalam suatu cabang olahraga.

Karena seperti yang kita ketahui biasanya teknik-teknik tingkat atas dalam suatu cabang olahraga menggunakan atau menggabungkan beberapa gerakan sulit sehingga jika memiliki kelincahan kita dapat lebih mudah menguasainya. Selain itu gerakan-gerakan kita menjadi lebih efektif, efisien, dan ekonomis sehingga energi tidak terbuang percuma. Dan terakhir dapat memudahkan orientasi kita terhadap lawan dan lingkungan.

Layaknya komponen kebugaran jasmani yang lain seperti daya tahan otot, kekuatan, kelenturan, dan lain sebagainya, agar dapat bergerak lincah seseorang juga memerlukan latihan. Dalam melakukan latihan kelincahan ini biasanya disesuaikan dengan tujuan latihan. Ada yang bertujuan untuk melatih kelincahan secara umum seperti yang diperlukan pada cabang olahraga pada umumnya serta dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, ada juga yang tujuannya untuk melatih kelincahan secara khusus untuk cabang olahraga tertentu seperti akrobat, loncat indah, softball, dan lain sebagainya.

Beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk melatih kelincahan diantaranya latihan mengubah gerak tubuh dalam arah lurus atau shuttle run, mengubah gerak tubuh dalam arah berkelok-kelok atau zig-zag, mengubah posisi tubuh atau squat thrust, dan kelincahan gerakan bereaksi.

Shuttle run dilakukan dengan cara lari bolak-balik antara dua titik dalam jarak yang tidak terlalu jauh (sekitar 4-5 meter) sebanyak 6-8 kali. Setiap sampai di satu titik, pelaku harus secepat mungkin berbalik arah menuju titik sebaliknya. Sementara zig-zag dilakukan dengan cara berlari bolak balik (sekitar 2-3 kali) dengan cepat antara beberapa titik (sekitar 4-5 titik). Jarak antar titik diatur sekitar 2 meter.

Contohnya seperti latihan berlari zig-zag yang dilakukan pemain sepakbola. Squat thrust dilakukan dengan cara mengubah posisi tubuh jongkok berdiri secara berulang-ulang. Latihan kelincahan gerakan bereaksi dilakukan dengan cara berlari ke beberapa arah seperti ke depan, mundur, ke kiri, dan ke kanan sesuai dengan aba-aba peluit yang dilakukan secara berangkai terus-menerus.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian kelincahan dalam olahraga. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian kelincahan dalam kebugaran jasmani secara umum ya ! Lihat juga pengertian daya tahan otot 🙂