PENGERTIAN KLARIFIKASI


  • Pengertian klarifikasi itu apa sih ?
  • Apa itu klarifikasi ? Apa arti kata klarifikasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan klarifikasi ?
  • Apa contoh klarifikasi ? Apa tujuan klarifikasi ?

Pengertian Klarifikasi


Pengertian Klarifikasi Menurut Para Ahli

Arti klarifikasi adalah :

Pengertian klarifikasi adalah suatu tindakan yang bertujuan untuk memperoleh penjelasan dan penjernihan terhadap masalah tertentu.

Definisi klarifikasi adalah suatu tindakan untuk menjelaskan sesuatu secara lebih jelas dan mudah dipahami yang berguna untuk membebaskan sesuatu hal dari ambiguitas.


Secara umum, pengertian klarifikasi adalah sebuah cara atau sikap untuk memberi penjelasan tentang hal yang sebenarnya, dari informasi yang sedikit keliru dan sudah terlanjur beredar. Istilah ini lebih sering digunakan oleh orang-orang yang umumnya menjadi sorotan public seperti pejabat, artis, pengusaha sukses dan lain sebagainya. Akan tetapi, bilamana orang biasa yang ingin memberikan klarifikasi, juga bisa menggunakan istilah ini dalam hal menjernihkan informasi yang dirasa kurang tepat, seperti wartawan, mahasiswa, dan lain sebagainya.

Istilah klarifikasi sendiri bila merujuk pada kamus bahasa Indonesia berarti penjernihan atau penjelasan. Tindakan klarifikasi melibatkan minimal dua orang, dimana orang pertama adalah sebagai sumber informasi yang sebenarnya seperti pakar, dan sejenisnya. Sedangkan untuk orang kedua adalah sebagai orang yang menginginkan hal sebenarnya agar sesuatu yang diketahuinya menjadi jelas adanya.

Proses klarifikasi dapat dilakukan secara formal hingga non formal. Untuk yang formal, seperti pejabat sedang diwawancara dalam program acara televisi. Kemudian jika non formal, seperti artis yang sedang dalam acara santai lalu diburu wartawan untuk mengklarifikasi tentang informasi yang beredar tentang dirinya.

Tujuan klarifikasi adalah supaya pemahaman tentang sesuatu masalah dapat diluruskan sehingga kita tidak hanya menerima informasi dari satu nara umber saja, namun juga dapat melakukan perbandingan dari narasumber lain.

Pengertian klarifikasi sejatinya tidak bermakna satu hal saja. Klarifikasi juga bermakna sebagai tindakan menghilangkan partikel padat dari cairan ataupun menghapus kotoran benda padat seperti dengan cara pemanasan atau penyaringan.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian klarifikasi & contoh klarifikasi secara umum ya ! Lihat juga pengertian integritas diri 🙂