PENGERTIAN KODA


  • Pengertian koda dalam cerpen itu apa sih ?
  • Apa itu koda ? Apa arti kata koda ?
  • Apa pengertian koda dalam fabel ?
  • Pengertian koda dalam teks anekdot itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan koda dalam teks anekdot ?

Pengertian Koda


Pengertian koda Menurut Para Ahli

Arti koda adalah :

Definisi koda adalah pesan yang bisa dipetik dari sebuah cerita atau bacaan.

Pengertian koda adalah sebuah penutup yang berisi kesimpulan atau intisari  sebuah cerita / penulisan yang biasanya terletak di akhir paragraf.

Pengertian koda dalam seni musik adalah bagian terakhir dari sebuah alunan musik. Pendek kata, pengertian koda dalam lagu adalah penutup atau penghujung lagu sebelum berakhirnya sebuah irama musik.


Manusia suka bercerita ataupun mendengarkan cerita. Mulai dari anak-anak yang suka dibacakan dongeng sebelum tidur sampai orang dewasa yang suka membaca novel ataupun menonton cerita dari film-film. Cerita merupakan salah satu jalan untuk menyampaikan nasehat atau pelajaran dengan cara yang menarik.

Kita bisa menasehati anak-anak dengan cara menyenangkan tanpa mereka merasa sedang dinasehati. Kita juga bisa menyentil teman sebaya dengan kisah-kisah tertentu sehingga ia tidak merasa disindir. Setiap cerita biasanya memiliki kesimpulan dan hikmah yang dapat dijadikan pelajaran, baik dari tokoh yang baik maupun tokoh yang jahat.

Bagian cerita yang memuat kesimpulan atau hikmah yang terkandung dalam sebuah cerita disebut juga dengan istilah KODA. Untuk mengetahui pelajaran atau hikmah yang terkandung dalam sebuah cerita kita harus membaca keseluruhan cerita dari awal sampai akhir, sehingga pada umumnya koda terdapat pada bagian akhir cerita. Mari kita lihat contoh koda pada cerita pendek berikut :

Andi adalah seorang siswa sekolah menengah atas tingkat akhir. Sebagai seorang siswa Andi sangat rajin, apalagi ujian nasional akan segera dimulai. Mendekati ujian nasional Andi menyempatkan diri untuk merilekskan otak dengan bermain bersama Ali.

Ali merupakan anak yang sangat malas belajar. Ada-ada saja alasannya untuk menunda belajar. Andi sangat senang bermain bersama Ali. Sekali dua kali bermain bersama, lama kelamaan Andi terpengaruh dengan kemalasan Ali. Andi lebih sering bermain dan sering mencari alasan jika disuruh belajar.

Sampai tiba hari ujian nasional, Andi yang kurang belajar kesulitan menjawab soal-soal ujian sehingga ketika hasil ujian diumumkan ternyata Andi tidak lulus. Andi pun sedih dan menyesal karena sudah malas belajar. Untuk itu kita sebaiknya hati-hati dalam bergaul dan memilih teman.

Pada cerita di atas kalimat terakhir merupakan koda yang secara jelas menyebutkan bahwa memilih teman dalam bergaul sangat penting. Seseorang sangat mudah terpengaruh oleh pergaulan, apalagi bagi remaja yang masih labil.

Dalam sebuah struktur cerita koda tidak harus selalu ada. Koda bersifat opsional, boleh ada boleh juga tidak. Walaupun sebuah cerita tidak memiliki koda, pembaca atau pendengar tetap dapat mengambil pelajaran dari cerita tersebut secara tersirat dengan membaca sebuah cerita dari awal hingga akhir. Pembaca jadi bebas berimajinasi dan kesimpulan yang diambil pembaca pun bisa berbeda-beda tergantung sudut pandang dan pemahamannya.

Koda banyak ditemui pada teks anekdot. Hal ini dikarenakan cerita anekdot pada bagian awalnya tidaklah mempunyai inti yang jelas bahkan terkadang hanya berupa sindiran atau lelucon tanpa makna. Nah agar cerita anekdot ini menjadi jelas, maka diperlukan sebuah koda. Pengertian koda dalam anekdot bisa diartikan sebagai sebuah “lampu penerang” cerita.


Itulah penjelasan singkat mengenai apa yang dimaksud dengan koda dalam Bahasa Indonesia. Oke mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian koda pada teks anekdot ya ! Lihat juga pengertian investasi syariah 🙂