PENGERTIAN KOLEGA DAN PELANGGAN


  • Pengertian kolega dan pelanggan itu apa sih ?
  • Apa itu kolega ? Apa arti kata kolega ?
  • Apa yang dimaksud dengan kolega dan pelanggan ?
  • Apa pengertian kerjasama dengan kolega dan pelanggan ?

Pengertian Kolega dan Pelanggan


Pengertian Kolega dan Pelanggan Menurut Para Ahli

Arti kolega dan pelanggan adalah :

Pengertian kolega adalah rekan seprofesi, teman kerja, teman bisnis ataupun teman sejawat yang berada di dalam satu kantor. Dalam urusan bisnis kolega dibedakan menjadi 2 yaitu kolega internal dan kolega eksternal.

Pengertian kolega internal adalah kolega yang berasal dari dalam perusahaan yaitu sesama karyawan atau unit kerja yang menjadi teman atau partner dalam menyelesaikan tugas yang diberikan perusahan.

Pengertian kolega eksternal adalah kolega yang berasal dari luar perusahaan seperti organisasi ataupun pihak-pihak yang dapat memberikan kontribusi dan membantu perusahaan.

Pengertian pelanggan adalah organisasi atau orang perorangan yang membeli atau menggunakan produk barang dan jasa tertentu secara terus menerus. Pelanggan terbagi dua yakni pelanggan internal dan pelanggan eksternal.

Pengertian pelanggan internal adalah pelanggan yang berasal dari dalam perusahaan seperti karyawan, unit kerja dsb. Sedangkan pengertian pelanggan eksternal adalah pihak luar atau organisasi di luar perusahan yang membeli atau menggunakan produk perusahaan.

Di dalam suatu bisnis, seorang karyawan tidak bisa bekerja secara sendiri-sendiri dalam menyelesaikan pekerjaannya. Hal ini dikarenakan bisnis berjalan berdasarkan sistem dan tim kerja. Suatu tim kerja yang baik akan menjadikan sistem di dalam perusahaan menjadi baik pula. Apabila sistem perusahaan baik maka perusahaan tersebut akan berjalan dengan baik pula.

Dengan demikian, pengertian kerjasama dengan kolega adalah kerjasama yang bersifat horizontal yaitu satu level atau setingkat, dimana rekan kerja yang satu divisi ataupun berbeda divisi yang masih berkaitan secara bersama-sama saling bahu-membahu dan tolong menolong untuk mencapai tujuan perusahaan.

Pengertian kerjasama dengan pelanggan adalah bentuk kerjasama perusahaan dengan pelanggan yang terbagi ke dalam tiga bentuk yaitu :

  • Kerjasama pelanggan perseorangan yaitu pribadi atau individu-individu yang membeli dan menggunakan produk.
  • Kerjasama pelanggan kolektif yaitu pelanggan yang belum mempunyai kantor dan lembaga hukum yang resmi.
  • Kerjasama pelanggan kantoran yaitu pelanggan yang sudah berbadan hukum seperti kantor swasta ataupun kantor pemerintahan.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian bekerjasama dengan kolega dan pelanggan serta perbedaan kolega dan pelanggan. Mudah-mudahan kalian bisa menjelaskan pengertian kolega dan pelanggan secara umum ya ! Lihat juga pengertian tengkulak 🙂