PENGERTIAN KOLEKTIF DAN CONTOHNYA


  • Pengertian kolektif itu apa sih ?
  • Apa itu kolektif ? Apa arti kata kolektif ?
  • Apa yang dimaksud dengan kolektif ?
  • Apa yang dimaksud dengan kebutuhan kolektif ?

Pengertian Kolektif dan Contohnya


Pengertian Kolektif Menurut Para Ahli

Arti kolektif adalah :

Pengertian kolektif menurut KBBI adalah sesuatu hal yang bersifat gabungan atau secara bersama-sama.

Pengertian kata kolektif / Definisi kolektif adalah sesuatu hal yang dilakukan secara bersamaan dan dalam jumlah yang banyak. Contoh : Tugas kuliah dikumpulkan secara kolektif. Artinya tugas kuliah tersebut tidak boleh dikumpulkan secara satu persatu mahasiswa, melainkan tugas kuliah dari semua siswa dalam satu kelas dikumpulkan menjadi satu kemudian baru diserahkan ke meja dosen.

Pengertian kolektif adalah segala hal atau tindakan yang dilakukan sekelompok orang secara bersama-sama. Contohnya perbaikan jalan desa yang dilakukan oleh warga secara bersama-sama agar jalan desa menjadi bagus dan dapat dinikmati oleh seluruh warga desa, aksi ini dapat disebut aksi kolektif. Ada beberapa istilah yang menggunakan kata kolektif seperti aksi kolektif, permintaan kolektif, perilaku kolektif, dan lain sebagainya.


Pengertian perilaku kolektif adalah perilaku yang dilakukan sekelompok orang secara bersama-sama sebagai tanggapan spontan terhadap rangsangan tertentu. Perilaku ini merupakan perilaku menyimpang dari kebenaran dan tidak biasa. Contohnya penyerangan yang dilakukan sekelompok orang terhadap kelompok lain karena anggota kelompok tersebut dipukuli oleh oknum anggota kelompok lain.

Tindakan menyerang dan melukai orang lain merupakan tindakan yang salah, walaupun demikian masih saja ada orang-orang tertentu yang melakukannya. Tetapi karena tindakan ini dilakukan sekelompok orang secara bersama-sama maka tindakan ini disebut perilaku kolektif.

Perilaku kolektif timbul sebagai tanggapan terhadap sesuatu yang terjadi sehingga perilaku ini terjadi secara spontan,tidak terstruktur, dan tidak rutin dilakukan. Tindakan penyerangan yang dilakukan sekelompok orang merupakan tanggapan terhadap peristiwa pemukulan salah satu anggotanya.

Sekelompok orang yang memiliki ikatan yang kuat memiliki tingkat solidaritas yang tinggi sehingga melukai salah satu anggota kelompok tersebut sama saja dengan menantang kelompok tersebut secara keseluruhan. Penyerangan ini dilakukan secara spontan dan tidak terencana. Tindakan ini tidak dilakukan secara rutin, hanya timbul ketika ada rangsangan atau sesuatu yang menyebabkan kemarahan kelompok tersebut.

Terjadinya perilaku kolektif ini ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya ada atau tidaknya aturan dalam suatu kelompok, ketegangan yang terjadi dalam masyarakat karena adanya kesenjangan seperti kesenjangan sosial dan ekonomi, menyebarnya isu-isu yang bersifat memprovokasi, ada kejadian-kejadian yang menimbulkan kecemasan dalam masyarakat, dan adanya peran pemimpin kelompok untuk menggerakkan anggotanya.

Sementara itu dalam bidang ekonomi ada istilah permintaan kolektif atau permintaan pasar. Pengertian permintaan kolektif adalah pembelian atau permintaan para pembeli di pasar terhadap satu atau lebih barang dengan harga tertentu dan pada waktu tertentu. Permintaan ini merupakan kumpulan dari seluruh permintaan pembeli di pasar dengan harga dan pada waktu tertentu. Contohnya permintaan para pembeli di pasar terhadap gula pasir pada saat bulan ramadhan.

Pengertian hak kolektif adalah hak golongan dan kelompok yang pada dasarnya merupakan hak yang bersumber dari hak individu. Dengan demikian, maka secara tidak langsung hak kolektif juga termasuk ke dalam HAM (hak asasi manusia).

Pengertian kolektif kolegial adalah suatu ikatan dan interaksi yang dilakukan secara bersamaan layaknya pertemanan sejawat. Pengertian sistem kolektif kolegial adalah sistem dalam suatu organisasi dimana untuk mencapai sebuah tujuan diperlukan adanya suatu koordinasi dan saling membantu antara satu dan lainnya.

Pengertian kepemimpinan kolektif kolegial adalah sistem kepemimpinan dimana pengambilan keputusannya dilakukan secara musyawarah bersama-sama (kolektif) yang mana dalam hal ini semua anggota dan pengurus harus ikut terlibat secara langsung.

Pengertian kolektif dalam teater berarti  seni teater tidak bisa dilakukan sendirian karena harus dilakukan secara bersama-sama serta mengharuskan semua individu yang tergabung di dalamnya untuk mengikuti koordinasi yang sejalan dan seirama membentuk sebuah tim yang harmonis.

Pengertian kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang mempunyai manfaat untuk orang banyak yang berkaitan erat dengan kesejahteraan, keamanan, ketertiban, keindahan, serta kemakmuran masyarakat. Setiap individu tidak wajib memenuhi kebutuhan kolektif karena yang wajib memenuhi kebutuhan kolektif adalah pemerintah.

Contoh kebutuhan kolektif adalah sebagai berikut :

  • Jalan raya
  • Tempat Ibadah
  • Tempat pembuangan sampah
  • Listrik
  • Pasar
  • Sistem pengairan.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kolektif dan contohnya. Oke mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian kolektif secara umum ya ! Lihat juga pengertian koda pada teks anekdot 🙂