PENGERTIAN KOMITMEN CINTA


  • Pengertian komitmen dalam hubungan cinta itu apa sih ?
  • Apa itu komitmen pasangan hidup ?
  • Apa arti kata komitmen cinta ?
  • Apa yang dimaksud dengan komitmen cinta ?

Pengertian Komitmen Cinta


Pengertian Komitmen Cinta Menurut Para Ahli

Arti komitmen cinta adalah :

Definisi komitmen cinta adalah cinta yang  bersifat jangka panjang bukan hanya sekedar berpacaran menghabiskan waktu dan bersenang-senang belaka. Contoh komitmen cinta yang paling nyata adalah komitmen untuk membina hubungan rumah tangga.

Pengertian komitmen cinta adalah arti sebuah hubungan cinta yang mana cinta ini mempunyai visi dan misi yang jelas, seperti melangsungkan ke jenjang pernikahan dan berbagi kehidupan secara bersama-sama. Cinta tanpa komitmen berarti cinta tersebut tidak jelas ke depannya karena tidak ada ikatan dan bebas untuk datang dan pergi kapan saja.


Dalam sebuah hubungan antara pria dan wanita seringkali kita mendengar istilah komitmen cinta. Istilah ini memang lebih sering dihubungkan dengan cinta yang terjadi antara pria dan wanita. Mengapa demikian? Padahal cinta dapat terjadi pada siapa dan apa saja, tidak hanya antara pria dan wanita. Ada cinta orangtua dengan anaknya, cinta kakak dengan adiknya, dan lain sebagainya.

Hal ini karena cinta antara pria dan wanita dimulai dari dua orang yang tidak mempunyai hubungan darah dan tidak saling mengenal sehingga diperlukan sebuah komitmen agar kedua belah pihak dapat menjalani hubungan dengan baik dan saling menghargai apapun masalah atau cobaan yang datang. Ditambah lagi hubungan ini rentan dengan kejenuhan dan godaan yang datang dari luar.

Apa itu komitmen cinta dan mengapa ia diperlukan? Komitmen cinta dalam konteks antara pria dan wanita dapat diartikan kesepakatan atau perjanjian antara pria dan wanita untuk menjalani dan menjaga hubungan cinta antara keduanya. Kedua belah pihak bersepakat dan berjanji untuk saling mencintai satu sama lain dan menjaga hubungan apapun masalah yang datang serta saling setia.

Ada banyak masalah yang menghampiri sebuah hubungan, mulai dari penerimaan terhadap kelebihan dan kekurangan pasangan, orang-orang dari masa lalu, penolakan dari keluarga masing-masing, perbedaan kepentingan, dan masih banyak lagi.

Komitmen cinta sangat diperlukan karena cinta merupakan sebuah bentuk emosi yang bisa pudar atau berubah. Cinta yang pada awalnya sangat menggebu bisa memudar bahkan hilang seiring berjalannya waktu atau karena pengaruh dari luar. Komitmen dalam hubungan cinta membuat seseorang membulatkan tekat dan meneguhkan hatinya menjalani hubungan. Sehingga apapun kekurangan pasangannya dapat diterima dan berusaha diperbaikinya. Ia juga rela berkorban dan bertanggungjawab terhadap orang yang ia cintai.

Contoh nyata dari komitmen cinta adalah pernikahan yang merupakan bentuk perjanjian seumur hidup yang dipandang sah secara agama, hukum, dan negara. Banyak orang yang tidak berani menikah karena tidak berani berkomitmen terhadap hubungan cintanya. Mereka tidak berani mengambil tanggung jawab dan hanya menginginkan hubungan cinta untuk kesenangan semata.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian komitmen dalam cinta. Mmudah-mudahan sobat bisa memahami tipe komitmen cinta Anda ya ! Lihat juga pengertian kolektif dan contohnya 🙂