PENGERTIAN KOMITMEN KERJA


  • Pengertian komitmen kerja karyawan itu apa sih ?
  • Apa itu komitmen kerja ? Apa arti kata komitmen kerja ?
  • Apa yang dimaksud dengan komitmen kerja ?
  • Apa contoh komitmen kerja karyawan ?

Pengertian Komitmen Kerja


Pengertian Komitmen Kerja Menurut Para Ahli

Arti komitmen kerja adalah :

 Pengertian komitmen kerja adalah ikatan psikolosis karyawan berupa keinginan yang sangat kuat untuk tetap bertahan menjadi karyawan perusahaan yang ditandai dengan kemauan dalam mengerahkan semua daya dan upaya untuk kepentingan perusahaan. Hal ini dijuga ditandai juga dengan sikap menjunjung tinggi nilai-nilai dan tujuan perusahaan. (Luthans :1995)

Definisi komitmen kerja adalah kesanggupan suatu karyawan atau anggota organisasi untuk tetap memelihara sebuah nilai dalam upaya pencapaian tujuan organisasi secara umum . (Hasibuan : 2005)

Pengertian komitmen kerja adalah derajat dimana karyawan mau percaya sepenuhnya, mau menerima tujuan-tujuan perusahaan serta mau untuk tetap tinggal dan tidak akan meninggalkan perusahaan dalam jangka waktu yang lama. (Mathis dan Jackson : 2008)

Pengertian komitmen kerja karyawan adalah suatu keadaan yang mana seorang karyawan mempunyai keinginan yang kuat untuk mempertahankan keanggotaan dalam perusahaan tersebut. Hal ini bukan mengenai jenjang karir, gaji dan sebagainya, melainkan kenyamanan dan perasaan yang begitu mendalam untuk bekerja di perusahaan tersebut. (Robbins & Judge : 2008)

Contoh komitmen kerja karyawan adalah sebagai berikut :

  • Datang paling pagi dan pulang paling akhir yang dilakukan secara proaktif tanpa ada paksaan sama sekali.
  • Selalu berbicara yang baik-baik mengenai perusahaannya.
  • Bangga dan senantiasa memandang perusahaan secara positif di situasi apapun.
  • Mampu mengerahkan seluruh tenaganya demi tujuan perusahaan dsb.
  • Membina hubungan yang baik terhadap seluruh karyawan dan selalu melakukan yang terbaik bagi perusahaan.

Pekerja atau karyawan merupakan aset penting sebuah perusahaan. Perusahaan-perusahaan besar menyadari benar hal ini sehingga mereka sangat memperhatikan kesejahteraan karyawannya, memberikan kesempatan karyawan untuk meningkatkan kompetensi, bahkan sampai ada perusahaan yang memberikan porsi waktu bagi karyawannya untuk mengerjakan proyek pribadi.

Semua itu dilakukan perusahaan untuk menjaga loyalitas dan kinerja karyawan, serta mengembangkan kreatifitas karyawan. Bagaimana mungkin karyawan dapat bekerja dengan baik jika kebutuhan dasarnya belum terpenuhi.

Disamping kompetensi karyawan, komitmen kerja juga menentukan baik tidaknya kinerja karyawan. Walaupun perusahaan memiliki karyawan yang sangat kompeten dalam pekerjaannya, tetapi jika karyawan tersebut tidak memiliki komitmen kerja yang tinggi maka kinerja yang dihasilkan juga tidak maksimal. Misalnya karyawan tersebut sering terlambat masuk kerja, sering tidak masuk tanpa alasan yang jelas, atau tidak berupaya memberikan kemampuan terbaiknya bagi  perusahaan.

Komitmen kerja dalam ruang lingkup perusahaan atau organisasi dapat diartikan kemauan yang kuat untuk tetap menjadi bagian dari perusahaan atau organisasi dan memberikan kemampuan dan upaya terbaiknya untuk kepentingan perusahaan serta keyakinan terhadap nilai-nilai dan tujuan perusahaan. Komitmen kerja karyawan dapat dikatakan sebagai ikatan psikologis seorang karyawan dengan perusahaan atau organisasi karena keyakinannya terhadap nilai-nilai dan tujuan perusahaan atau organisasi.

Contohnya seorang karyawan pada perusahaan A yang sangat bangga pada perusahaannya, ia selalu berusaha memberikan kemampuan terbaiknya pada perusahaan dan selalu mendahulukan kepentingan perusahaan. Bahkan jika perusahaan sedang mengalami krisis ia akan berupaya mempertahankan perusahaan tersebut dan bukannya malah berusaha mencari pekerjaan baru.

Oleh karena itu sangat penting bagi perusahaan memiliki karyawan yang berkomitmen kerja tinggi. Jika sebuah perusahaan ingin maju maka ia harus berupaya meningkatkan komitmen kerja karyawannya. Dan karyawan yang sudah terbukti berkomitmen kerja tinggi harus dapat dijaga dengan baik.

Ada tiga jenis komitmen kerja yaitu komitmen kerja afektif, komitmen kerja kontinuans, dan komitmen kerja normatif. Komitmen kerja afektif merupakan komitmen yang timbul karena rasa suka atau ketertarikan seseorang terhadap pekerjaannya.

Kemudian komitmen kerja kontinuans yaitu komitmen yang timbul berdasarkan perhitungan untung rugi. Biasanya karena seseorang membutuhkan pekerjaan tersebut, misalnya untuk menafkahi keluarga. Dan terakhir komitmen kerja normatif yang merupakan komitmen yang timbul karena seseorang merasa sudah banyak menerima dari perusahaan sehingga timbul perasaan ingin membalas apa yang sudah diberikan perusahaan.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian komitmen kerja menurut para ahli. Mudah-mudahan sobat bisa memahami contoh komitmen kerja karyawan secara umum ya ! Lihat juga pengertian komitmen cinta 🙂