PENGERTIAN KOMITMEN TINGGI DALAM KEWIRAUSAHAAN


  • Pengertian komitmen tinggi dalam kewirausahaan itu apa ?
  • Apa itu komitmen tinggi ? Apa arti kata komitmen tinggi ?
  • Apa yang dimaksud dengan komitmen tinggi ?
  • Jelaskan pentingnya komitmen dalam berwirausaha !
  • Apa contoh komitmen tinggi dalam wirausaha ?

Pengertian Komitmen Tinggi


Pengertian Komitmen Tinggi Menurut Para Ahli

Arti komitmen tinggi adalah :

Pengertian komitmen tinggi adalah suatu bentuk kesepakatan akan suatu hal yang dibuat oleh seseorang terhadap dirinya sendiri ataupun orang lain yang mana komitmen ini harus jelas, terarah, berorientasi pada kemajuan dan tetap terus dijaga hingga mencapai suatu keberhasilan. (Suharyadi dkk : 2007)

Pengertian komitmen tinggi dalam kewirausahaan adalah sebuah komitmen untuk membangun dan memajukan bisnis usahanya sampai berhasil. Komitmen tinggi ini ditandai dengan :

  • Pantang menyerah di segala situasi dan kondisi ekonomi.
  • Punya kesabaran yang kuat dalam membangun usaha.
  • Punya semangat yang tahan uji di setiap penderitaan dan tantangan zaman.
  • Selalu berjuang dan bekerja tanpa mengenal lelah.

Adapun pentingnya komitmen tinggi bagi wirausaha antara lain :

  • Bisa mendapatkan hasil secara lebih maksimal dengan sumber daya yang minimal (lebih efisien).
  • Mampu meningkatkan dan mensukseskan usahanya.
  • Mampu meningkatkan etos semangat kerja baik bagi diri sendiri maupun bagi para bawahannya (karyawannya).

Tidak banyak orang yang bersedia keluar dari zona nyaman dan beralih profesi menjadi wirausahawan. Kebanyakan lebih memilih menjadi pegawai atau karyawan dan menerima kepastian gaji setiap bulan. Bahkan di Indonesia jumlah pengusahanya sangat sedikit yaitu kurang dari 2% dari total seluruh penduduk. Mengapa demikian? Karena profesi wirausahawan merupakan profesi yang penuh resiko, kadang untung besar, di lain waktu bisa merugi. Oleh karena itu untuk menjadi seorang wirausahawan dibutuhkan mental yang kuat, mau bekerja keras, serta memiliki komitmen yang tinggi untuk menjalankan usaha seperti apapun masalah yang datang.

Contoh sederhananya : Pak Jono ingin membuka usaha cuci motor di depan rumahnya. Namun setelah buka selama satu bulan, yang mencuci motor hanya beberapa orang saja dan tingkat keuntungan yang didapatpun tidak seberapa. Lalu bulan berikutnya Pak Jono menutup usaha cuci motornya tersebut dan menggantinya dengan usaha pecel lele.

Dari sini bisa kita lihat Pak Jono sama sekali tidak punya komitmen yang tinggi atas usahanya. Dia hanya mencoba-coba usaha saja tanpa mempunyai komitmen yang jelas. Kalau dia punya komitmen maka usaha cuci motornya akan terus bertahan selama beberapa tahun ke depan.

Komitmen yang tinggi mutlak diperlukan seorang wirausahawan dimana ia memegang teguh janji dan cita-citanya sehingga ia akan bekerja keras menjalankan usaha dan tidak pantang menyerah terhadap semua masalah yang menghambat keberhasilan usahanya. Ia akan fokus pada tujuannya dan tidak akan berhenti berusaha sampai tujuannya tercapai.

Seorang wirausahawan yang berkomitmen tinggi dapat dilihat dari sikapnya dalam menjalankan usaha. Yang pertama adalah ia mengerti benar apa tujuannya berwirausaha. Dengan memahami tujuan yang akan dicapai seorang wirausahawan dapat memantapkan hatinya dan mengerti langkah atau upaya apa yang akan dijalankan.

Kedua diperlukan juga motivasi yang tinggi untuk mencapai tujuan. Dengan motivasi yang besar dari dalam diri, seorang wirausahawan akan lebih mantap dalam menjalankan usaha dan tidak mudah menyerah terhadap berbagai masalah. Kemudian seorang wirausahawan juga harus memiliki kemauan yang keras dalam menyelesaikan pekerjaannya. Sakit sedikit tidak akan digubrisnya dan ia akan berupaya menyelesaikan pekerjaannya.

Kemudian ia juga berupaya melakukan segala pekerjaan dengan cermat dan teliti sehingga hasil pekerjaannya berkualitas. Selain itu ia juga berupaya menyelesaikan pekerjaan sesegera mungkin dan tidak menunda-nunda pekerjaan karena pekerjaan yang ditunda terus-menerus lama-kelamaan akan menumpuk sehingga nanti pengerjaannya jadi terburu-buru dan hasilnya tidak maksimal.

Dalam menjalankan usaha juga diperlukan kepercayaan diri yang tinggi dalam menyelesaikan pekerjaan. Dan yang terakhir diperlukan sikap-sikap positif seperti tabah, ulet, tekun, rajin, memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, dan lain sebagainya.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan berkomitmen tinggi dalam berwirausaha diantaranya mampu meraih hasil maksimal dari seminimal mungkin sumber daya yang digunakan, lebih efisien dalam menggunakan sumber daya, perusahaan menjadi lebih maju dan meningkat, lebih sukses, menambah rasa percaya diri, serta meningkatkan semangat kerja bagi dirinya dan orang-orang di sekitarnya.


Oke itulah penjelasan singkat mengenai pengertian komitmen tinggi bagi wirausaha. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian komitmen tinggi dalam kewirausahaan secara umum ya ! Lihat juga pengertian investasi bodong 🙂