PENGERTIAN KOMPILASI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian kompilasi dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu kompilasi ? Apa arti kata kompilasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan kompilasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan kompilasi hukum ?
  • Apa pengertian kompilasi hukum Islam ?

Pengertian Kompilasi


Pengertian Kompilasi Menurut Para Ahli

Pengertian kompilasi adalah suatu bentuk kumpulan yang disusun secara teratur seperti daftar informasi, karangan, buku, laporan keuangan audit dsb.

Pengertian kompilasi hukum adalah sebuah buku hukum atau buku kumpulan yang berisikan bahan-bahan hukum, aturan hukum dan pendapat hukum tertentu. (Abdurrahman : 1995)

Pengertian kompilasi hukum Islam adalah berbagai bahan tertulis yang diambil dari berbagai macam buku ataupun tulisan mengenai suatu persolan hukum Islam. Tujuan Kompilasi Hukum Islam adalah untuk mempermudah instansi pemerintah dan masyarakat dalam menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan dengan hukum Islam. Ijma’ para ulama Indonesia pada tanggal 2-5 Februari 1988 sepakat untuk menerima tiga jenis rancangan buku Kompilasi Hukum Islam diantaranya yaitu buku I mengenai hukum perkawinan, buku II mengenai hukum kewarisan dan buku III yang berisikan tentang hukum perwakafan.

Pengertian kompilasi data adalah suatu proses pengumpulan data untuk diseleksi, ditabulasi dan dikelompokkan secara sistematis sesuai dengan kebutuhan data yang diperlukan.


Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, kompilasi (/kom.pi.la.si/) merupakan kata benda yang berarti kumpulan yang tersusun secara teratur (contohnya daftar informasi, karangan, dsb). Secara etimologi, istilah kompilasi diserap dari kata compilation dalam bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Latin compilatio(n-). Kata tersebut sendiri diambil dari kata compilare yang berarti ‘untuk menjarah’ atau ‘untuk mengumpulkan’.

Menurut Oxford Dictionary, pengertian kompilasi adalah proses memproduksi suatu barang, biasanya suatu daftar atau buku, yang disusun atas informasi yang diambil dari berbagai sumber lain. Buku, album rekaman, maupun acara televisi kompilasi biasanya berisi karangan, lagu, atau sejenisnya yang sebelumnya diproduksi secara terpisah kemudian dikumpulkan kembali.

Sedangkan Merriam-Webster mendefinisikan istilah kompilasi sebagai sekumpulan benda ( seperti lagu atau bagian karangan). Selain itu, masih menurut Merriam Webster, kompilasi juga dapat diartikan sebaai suatu tindakan atau proses untuk mengumpulkan barang-barang dan menjadikannya menjadi satu kesatuan. Dari definisi – definisi tersebut dapat disimpulkan jika kompilasi berarti ‘suatu kumpulan ataupun proses mengumpulkan suatu benda yang sebelumbya dibuat secara terpisah menjadi suatu kesatuan, biasanya berupa buku; album rekaman; dan lain sebagainya’.

Lalu, selain definisi istilah kompilasi yang biasa digunakan sehari-hari, istilah kompilasi juga digunakan dalam bidang teknologi – informasi (TI). Dalam dunia TI, kompilasi diartikan sebagai suatu proses penggabungan serta menerjemahkan sesuatu source program menjadi bentuk lain ke dalam bentuk objek. Kompilasi merupakan suatu teknik dalam melakukan pembacaan ulang suatu program yang ditulis dalam bahasa asal yang disebut bahasa sumber, kemudian diterjemahkan ke dalam suatu bahasa lain yang disebut bahasa sasaran.

Untuk membedakan istilah kompilasi ‘mengumpulkan’ dengan istilah kompilasi dalam IT, berikut ini merupakan contoh menggunaan istilah kompilasi dalam kalimat,

Kompilasi dalam artian ‘mengumpulkan’:

  1. Album terakhir dari Rossa merupakan kompilasi dari hits – hits terbaiknya selama 10 tahun berkarya
  2. Ibu membeli buku kompilasi resep – resep masakan nusantara.
  3. Peraturan tentang hukum waris dapat dilihat dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI).

Kompilasi dalam pengertian dunia IT:

  1. Kompilasi yang dilakukan Andi terhambat karena komputernya rusak.
  2. Nanda menggunakan teknik kompilasi yang cukup rumit dibandingkan dengan teknik yang biasa digunakan pada umumnya.

Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian kompilasi dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian ambigu beserta contohnya 🙂