PENGERTIAN KONSEKUENSI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian konsekuensi dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu konsekuensi ? Apa arti kata konsekuensi ?
  • Apa yang dimaksud dengan konsekuensi logis ?
  • Apa pengertian konsekuensi logis ?
  • Apa pengertian konsekuensi hukum / yuridis ?

Pengertian Konsekuensi


Pengertian Konsekuensi Menurut Para Ahli

Arti konsekuensi adalah :

Definisi konsekuensi adalah hasil akhir atau dampak dari suatu perbuatan jika hal tersebut dilakukan.

Pengertian konsekuensi adalah dampak yang terjadi jika suatu keputusan tertentu di ambil. Dampak ini bisa bersifat positif atau negatif terhadap orang, benda, situasi, sistem dsb. Pendek kata, pengertian konsekuensi adalah hal-hal yang akan muncul apabila kita melakukan sebuah pilihan keputusan tertentu.


Istilah konsekuensi artinya hal-hal yang timbul sebagai akibat atas sebuah pilihan, perbuatan, atau keputusan. Perbuatan apapun yang kita lakukan, besar ataupun kecil, pasti ada konsekuensinya. Semakin besar suatu perbuatan atau keputusan maka semakin besar pula konsekuensi yang mengikutinya.

Contohnya yang sangat sering terjadi adalah jika kita malas mengerjakan pekerjaan rumah maka esok harinya kita akan dihukum di sekolah. Atau perbuatan yang lebih berat seperti jika seorang pejabat berani melakukan korupsi maka konsekuensinya jika ketahuan adalah hukuman penjara.

Konsekuensi adalah sesuatu yang mau tidak mau harus kita terima. Meskipun tidak suka kita tidak bisa menolaknya. Contohnya jika malas belajar maka kita akan bodoh. Suka ataupun tidak seseorang yang malas belajar akan tetap bodoh. Mau protes ataupun marah-marah keadaan tidak akan berubah kecuali jika ia merubah diri dengan rajin belajar. Konsekuensi yang diterima seseorang pada dasarnya bersifat logis karena ia timbul sebagai akibat dari suatu perbuatan atau keputusan.

Anak-anak sebaiknya sudah mulai diajari tentang menerima konsekuensi atas perbuatannya. Hal ini bertujuan agar ketika dewasa ia mampu menerima dan menjalani akibat yang ditimbulkan dari semua keputusan dan perbuatannya.

Contohnya mulai dari hal-hal kecil seperti seorang siswa yang membawa handphone ke sekolah sementara peraturan sekolah melarang hal tersebut. Konsekuensinya guru akan menyita handphone siswa tersebut sementara waktu. Sebelum menyita handphone guru harus terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa bahwa perbuatannya melanggar peraturan sekolah, dan penyitaan ini merupakan konsekuensi dari perbuatannya.

Guru juga harus menjelaskan mengapa membawa handphone ke sekolah tidak diperbolehkan. Hal ini dilakukan agar di pikiran anak-anak tertanam bahwa apa yang ia terima bukan semata-mata sebuah hukuman akan tetapi konsekuensi logis atas perbuatannya.

Karena masa anak-anak dan remaja adalah masa yang labil sehingga guru tidak bisa secara otoriter menghukum anak tanpa menjelaskan terlebih dahulu alasan mengapa perbuatan tersebut dilarang. Jika tidak maka konsekuensi yang diterima anak tidak akan berdampak positif bagi dirinya, malah bisa jadi si anak semakin nakal dan mengulangi perbuatannya.

Pengertian konsekuensi logis adalah suatu kondisi yang akan dan sudah pasti akan terjadi jika kita melaksanakan konsidi tertentu. Contoh konsekuensi logis yang paling sederhana adalah jika kita makan maka konsekuensi logisnya adalah pasti kenyang. Tidak ada orang yang makan terus lapar karena tidak logis (tidak masuk diakal).

Pengertian konsekuensi hukum adalah suatu dampak akibat yang terjadi dikarenakan adanya suatu hubungan hukum. Hubungan hukum ini secara tidak langsung akan memberikan hak dan kewajiban yang telah ditentukan oleh perundang-undangan dan peraturan yang berlaku di suatu negara. Dengan demikian jika dilanggar akan mengakibatkan orang yang melanggar tersebut dapat dituntut di meja hijau.

Contoh konsekuensi hukum / konsekuensi yuridis : Jika kita membawa sepeda motor tanpa plat nomor dan STNK maka kita harus bersiap-siap dengan konsekuensi hukum berupa penyitaan kendaraan, di denda atau masuk tahanan karena melanggar Undang-Undang yang berlaku.

Pengertian konsekuensi ekonomi adalah suatu dampak perubahan dari suatu yang bernilai ekonomis seperti laporan akuntansi terhadap perilaku para penggunanya seperti investor, kreditor, pemerintah dan keputusan bisnis lainnya.

Contoh : jika aliran cash flow dalam laporan akuntansi perusahaan tahun ini sangat jauh lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya, para pengguna laporan keuangan akan merasa khawatir dan tentu saja akan mengubah perilaku dan pandangan mereka terhadap perusahaan tersebut.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian konsekuensi dan contohnya. Mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian konsekuensi secara umum ya ! Lihat juga pengertian komitmen kerja 🙂