PENGERTIAN KONSILIASI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian konsiliasi dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu konsiliasi ? Apa arti kata konsiliasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan konsiliasi ?
  • Apa pengertian konsiliasi dalam sosiologi ?
  • Apa contoh konsiliasi ?

Pengertian Konsiliasi


Pengertian Konsiliasi Menurut Para Ahli

Pengertian konsiliasi adalah suatu metode penyelesaian sengketa dengan menyerahkannya kepada konsiliator untuk menjelaskan dan menguraikan berbagai fakta serta membuat suatu usulan keputusan penyelesaian, namun usulan keputuan tersebut sifatnya tidak mengikat. (Huala Adolf : 2005)

Definisi konsiliasi adalah suatu cara penyelesaian sengketa yang bersifat lebih formal daripada mediasi. Putusan yang ditetapkan lewat konsiliasi ini bersifat tidak mengikat. (Peter Behrens : 1992)

Arti konsiliasi adalah : suatu proses untuk mencari perdamaian di luar pengadilan, atau suatu tindakan untuk mencegah dilakukannya proses litigasi. (UU no. 30 Th 1999)

Pengertian konsiliasi adalah suatu cara penyelesaian pertikaian yang sifatnya intenasional dengan menggunakan komite atau bantuan negara lain yang tidak memihak. (The Institue of International Law)


Dalam hubungan antar sesama manusia baik secara individu atau kelompok, perselisihan atau konflik merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindarkan. Berbagai macam perbedaan dapat memicu timbulnya perselisihan, apakah perbedaan pendapat, perbedaan kepentingan, perbedaan latar belakang, dan lain sebagainya. Untuk itu yang kita perlukan adalah suatu cara atau mekanisme untuk menyelesaikan perselisihan. Salah satunya adalah dengan cara konsilias.

Pengertian konsiliasi adalah upaya penyelesaian konflik dengan jalan damai dengan cara mempertemukan pihak-pihak yang berselisih untuk mencari jalan tengah penyelesaian konflik yang disepakati oleh pihak-pihak yang berselisih tersebut. Seperti konsiliasi yang dilakukan untuk menyelesaikan sengketa daerah kekuasaan antara Thailand dan Perancis. Dimana Thailand menuntut daerah Laos dan Kamboja yang pada waktu itu masih termasuk daerah protektorat Perancis.

Dalam konsiliasi diperlukan seorang penengah atau yang disebut juga konsiliator yang sifatnya tidak memihak. Konsiliator ini bisa seseorang, lembaga, atau sebuah negara yang disetujui oleh semua pihak terkait.

Konsiliator yang ditunjuk berhak dan memiliki kewenangan untuk menyampaikan pendapatnya mengenai perselisihan yang terjadi. Akan tetapi ia tidak berhak mengambil keputusan akhir atas perselisihan yang terjadi. Karena merupakan seorang penengah seorang konsiliator sangat diharapkan dapat memberi masukan atau pendapat yang dapat membantu menyelesaikan perselisihan.

Proses konsiliasi memiliki beberapa tahapan. Pertama para pihak yang berselisih menyerahkan perselisihan kepada pihak ketiga atau konsiliator yang disepakati. Kemudian konsiliator akan mendengarkan keterangan lisan dari pihak-pihak yang berselisih mengenai perselisihan yang terjadi. Berdasarkan keterangan-keterangan tersebut konsiliator akan membuat laporan yang berisi kesimpulan dan saran mengenai penyelesaian perselisihan. Laporan ini nantinya akan diserahkan kepada pihak-pihak terkait.

Konsiliasi diupayakan sebelum sebuah permasalahan sampai ke pengadilan. Jika para pihak menemui kesepakatan dalam konsiliasi maka permasalahan tersebut biasanya tidak akan berlanjut ke jalur hukum sehingga lebih menghemat waktu dan biaya. Meskipun demikian hasil konsiliasi sifatnya tidak mengikat seperti putusan pengadilan sehingga bisa saja pihak-pihak yang berselisih kembali berkonflik dan saling menggugat. Apakah kedua belah pihak akan berkonflik lagi mengenai masalah yang sama di kemudian hari, hal ini sepenuhnya tergantung pada pihak-pihak terkait.

Pengertian konsiliasi dalam sosiologi adalah mengendalikan suatu konflik yang terjadi di dalam masyarakat dengan menggunakan lembaga tertentu. Lembaga yang digunakan harus disetujui oleh kedua belah pihak yang sedang bertikai. Contohnya Pak Kades A dan Pak Kades B terlibat cekcok dan saling menyalahkan mengenai masalah banjir yang terus menerus terjadi di wilayahnya sehingga para petani banyak yang gagal panen. Untuk meredakan masalah ini mereka setuju untuk diselesaikan lewat LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa).


Oke itulah penjelasan pengertian konsiliasi dan contohnya secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian konsiliasi secara umum ya ! Lihat juga pengertian progresif dan contohnya 🙂