PENGERTIAN KONSISTEN DAN CONTOHNYA


  • Pengertian konsisten dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu konsisten ? Apa arti kata konsisten ?
  • Apa yang dimaksud dengan konsisten ?
  • Apa pengertian konsisten dalam kewirausahaan ?

Pengertian Konsisten


Pengertian Konsisten Menurut Para Ahli

Arti konsisten adalah :

Pengertian konsisten adalah kata sifat yang bermakna tidak berubah-ubah, taat asas, komit (commit), teguh pendirian dan tidak plintat-pelintut.

Definisi konsisten adalah fokus pada suatu bidang yang mana kita tidak akan berpindah menuju bidang lain sebelum pondasi bidang pertama benar-benar kuat. (pengertian konsisten dalam hidup menurut Reza M Syarif : 2005)

Pengertian konsisten dalam kewirausahaan adalah kebulatan tekad untuk tetap terus menjalankan usahanya dengan menghadapi berbagai rintangan yang ada di masa kini dan nanti. Seorang wirausahawan tidak akan patah semangat atau berhenti dari kegiatan wirausahanya ketika ia mengalami kebangrutan atau menderita kerugian. Diapun tidak akan pernah puas ketika usahanya berhasil, karena bisnis adalah roda kehidupan yang setiap saat terus berputar tak tentu arah.


Sering kali dalam mengerjakan suatu pekerjaan atau projek, kita dituntut untuk bertindak konsisten. Tindakan yang konsisten atau konsistensi diangkat sebagai salah satu kunci keberhasilan. Contoh konsisten dalam bekerja yaitu tidak pernah bolos kerja dan tetap produktif bekerja walaupun sedang bad mood dsb. Namun apakah arti dari istilah konsisten itu sendiri. Untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut ulasannya.

Istilah konsisten diserap dari kata ‘consistent’ dalam bahasa Inggris yang diperkirakan muncul sekitar tahun 1570 – an. Istilah ‘consistent’ berasal dari istilah ‘consistentem’ yang berarti ‘berdiri dengan kokoh’ atau ‘berdiri tegak’. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, konsisten didefinisikan sebagai kata sifat yang berarti ‘tetap atau tidak berubah – ubah’, ‘taat pada asas’, ‘ajek’. KBBI juga mendefinisikan konsisten sebagai ‘sesuatu yang selaras’.

Merujuk pada “Oxford Dictionary”, pengertian konsisten adalah tindakan sama yang dilakukan secara berulang – ulang dari waktu ke waktu, terutama tindakan ini dilakukan agar adil dan akurat. Konsisten juga diartikan sebagai bakat, standar, maupun efek yang sama sekali tidak berubah dari waktu ke waktu. Selain itu, “Oxford Dictionary” juga mengartikan konsisten sebagai argument atau ide yang tidak mengandung kontradiksi sedikitpun. Namun, konsisten juga dapat didefinisikan sebagi sesuatu yang ‘kompatibel’ atau ‘disepakati berhubungan dengan sesuatu’.

 “Cambridge Dictionary” mengartikan konsisten sebagai ‘sesuatu yang tidak berubah’ atau ‘selalu bertindak atau terjadi secara sama, terutama dalam hal positif’. Selain itu, “Cambridge Dictionary” juga mendefinisikan konsisten sebagai suatu kesepakatan, atau memiliki kesamaan dengan hal lainnya, atau dapat diartikan memiliki prinsip yang sama dengan hal lain.

Sumber lain juga mendefinisikan konsisten sebagai suatu kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dan benar tanpa keluar dari jalur atau batasan yang telah ditentukan. Selain itu, ada pula yang mendefinisikan konsisten sebagai salah satu sikap manusia yang memegang teguh suatu prinsip atau pendirian. Untuk lebih jelasnya, beriut ini beberapa contoh penggunaan istilah konsisten dalam kalimat dan artinya.

  1. Selama dua tahun berturut – turut, Universitas Brawijaya konsisten membawa pulang piala Adhikarta ke kampus mereka.

(kata ‘konsisten’ pada kalimat ini berarti ‘terjadi terus menerus’ atau ‘berulang kali’)

  1. Erdi memang seorang pria yang konsisten pada jalan yang telah ia pilih.

(kata ‘konsisten’ pada kalimat ini berarti ‘memegang teguh pendirian’)

  1. Farah banyak disukai temannya karena ucapan dan perbuatannya selalu konsisten.

(kata ‘konsisten’ pada kalimat ini berarti ‘selaras’ atau ‘sesuai’ atau ‘tidak ada kontradiksi’)


Oke itulah penjelasan pengertian konsisten dan contohnya secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami contoh konsisten dalam bekerja & konsisten dalam hidup secara umum ya ! Lihat juga pengertian ekspansi 🙂