PENGERTIAN KONSTAN


  • Pengertian konstan itu apa sih ?
  • Apa itu konstan ? Apa arti kata konstan ?
  • Apa yang dimaksud dengan konstan ?
  • Apa itu kecepatan konstan ?
  • Apa yang dimaksud dengan berat konstan ?

Pengertian Konstan


Pengertian Konstan Menurut Para Ahli

Arti konstan adalah :

Definisi konstan adalah sesuatu yang tidak pernah berubah atau tidak ada variasi.

Pengertian konstan adalah segala sesuatu yang bersifat tetap dan tidak berubah. Misalnya hasil ulangan siswa disebut konstan jika dalam beberapa kali ujian nilainya selalu tetap dan tidak berubah. Tidak menjadi lebih baik atau lebih buruk. Atau produktivitas sebuah perusahaan dikatakan konstan jika dalam beberapa tahun hasil evaluasinya tidak menunjukkan peningkatan dan tidak pula terjadi penurunan.


Dari contoh di atas dapat kita lihat bahwa sesuatu yang konstan bersifat STABIL. Akan tetapi kestabilan itu tidak ditunjang dengan perkembangan sehingga hal ini juga tidak baik jika terjadi terus-menerus karena dapat menyebabkan ketertinggalan dengan yang lain, apalagi untuk bidang-bidang yang membutuhkan perkembangan yang cepat seperti ekonomi dan bisnis.

Misalnya produktivitas perusahaan yang konstan, hal ini tentu tidak baik karena perusahaan tidak akan berkembang dan akan tertinggal dengan yang lain. Bahkan perusahaan dapat terancam bangkrut karena tidak dapat bersaing.

Selain itu istilah konstan juga digunakan untuk menunjukkan keadaan yang terjadi terus-menerus tanpa ada jeda dan tidak ada hentinya. Misalnya suara berisik musik dari rumah sebelah yang terdengar terus-menerus sejak tadi pagi sangat menggangu. Atau serangan tembakan yang terjadi terus-menerus dari tadi malam di lokasi peperangan membuat langit terlihat kemerahan.

Dalam bidang ekonomi dikenal istilah modal konstan. Setiap perusahaan membutuhkan modal agar dapat beroperasi, baik dari dana sendiri ataupun melalui pinjaman. Pengertian modal konstan adalah modal aktif yang tertanam di perusahaan yang besarnya selalu tetap dan tidak berubah. Misalnya tanah untuk lokasi perusahaan. Tanah sebagai tempat mendirikan perusahaan atau untuk fungsi lain bersifat tetap dan sangat jarang berubah kecuali jika ada penambahan lokasi baru.

Dalam ilmu pengukuran dikenal juga istilah kesalahan konstan. Dalam melakukan pengukuran terhadap suatu objek sangat diperlukan ketelitian karena hal ini berpengaruh pada hasil pengukuran, apalagi untuk objek-objek yang membutuhkan tingkat ketelitian sangat tinggi. Pengertian kesalahan konstan adalah kesalahan yang mempengaruhi hasil pengukuran secara terus-menerus.

Contohnya pengukuran tinggi benda yang dilakukan dengan meteran yang kalibrasinya buruk. Walaupun diukur oleh orang yang berbeda dan dilakukan berkali-kali hasil pengukuran akan tetap keliru.

Pengertian kecepatan konstan adalah gerak lurus beraturan, yang mana percepatannya bisa berubah-ubah namun kecepatannya konstan. Bisa dibilang kecepatan konstan adalah kecepatan yang konsisten dan stabil.

Pengertian berat konstan adalah berat yang memiliki ukuran tetap yang diukur mulai dari saat penimbangan pertama hingga dilakukannya penimbangan ulang.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian konstan dan contohnya. Mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian kata konstan ya ! Lihat juga pengertian konsekuensi dan contohnya 🙂