PENGERTIAN KONSTITUSI FLEKSIBEL


  • Pengertian konstitusi fleksibel itu apa sih ?
  • Apa pengertian sifat konstitusi fleksibel dan rigid ?
  • Apa itu sifat konstitusi flexible dan rigid ?
  • Apa arti kata konstitusi fleksibel ?
  • Apa yang dimaksud dengan konstitusi fleksibel dan konstitusi rigid ?

Pengertian Konstitusi Fleksibel


Pengertian Konstitusi Fleksibel Menurut Para Ahli

Arti konstitusi bersifat fleksibel adalah :

Pengertian konstitusi fleksibel adalah suatu bentuk konstitusi yang bisa diubah melalui proses yang sama dengan Undang-Undang, yang mana perubahan tersebut dilakukan dengan cara yang tidak terlalu sulit, contohnya seperti melalui pemungutan suara terbanyak yang mutlak. Contoh konstitusi bersifat fleksibel bisa dilihat pada konstitusi Selandia Baru dan konstitusi Inggris (K.C. Wheare)

Pengertian konstitusi fleksibel adalah konstitusi yang mempunyai ciri-ciri : (1) elastis, (2) diumumkan dan bisa diubah dengan cara yang relatif mudah layaknya Undang-Undang. Sedangkan pengertian konstitusi rigid adalah konstitusi yang mempunyai ciri-ciri (1) hanya bisa diubah dengan cara yang istimewa, khusus atau dengan melalui persyaratan yang cukup berat (2) derajat serta kedudukannya lebih tinggi dari peraturan perundang-undangan lainnya. (Bryce dalam Thaib : 2003)


Konstitusi adalah suatu aturan dasar yang berlaku di suatu negara. Aturan yang lebih sering disebut sebagai undang-undang dasar ini pada dasarnya berisikan hal-hal pokok dalam suatu negara beserta penjelasan singkat akan hak dan kewajiban yang melekat pada diri setiap warga negaranya. Di Indonesia sendiri konstitusi yang berlaku ialah Undang-undang Dasar tahun 1945 (UUD 1945).

Berdasarkan sifatnya, konstitusi dapat dikategorikan menjadi 2 jenis, yakni konstitusi fleksibel dan konstitusi rigid. Sebuah konstitusi bersifat fleksibel artinya konstitusi tersebut apabila ingin diubah sewaktu-waktu, dapat dilakukan melalui mekanisme perubahan yang sama dengan mekanisme pengubahan undang-undang biasa. Adapun konstitusi rigid adalah kebalikannya, yakni suatu konstitusi yang apabila ingin diubah sewaktu-waktu harus melalui mekanisme tersendiri yang berbeda dengan cara mengubah undang-undang.

Berhubung konstitusi fleksibel lebih mudah untuk diubah, maka seiring perkembangan zaman konstitusi jenis ini akan lebih sering mengalami perubahan. Hal serupa tidak akan kita temui pada konstitusi rigid karena mekanisme pengubahannya jauh lebih rumit dan memakan lebih banyak waktu. Contoh konstitusi yang bersifat fleksibel misalnya konstitusi Inggris dan Selandia Baru. Pada kedua negara ini, konstitusi yang ada cenderung lebih luwes untuk diubah jika memang diperlukan suatu perubahan tertentu. Adapun konstitusi yang bersifat rigid dapat kita temukan misalnya di Amerika Serikat, Kanada, dan Jerman.

UUD 1945 yang diterapkan di Indonesia memang tergolong kedalam konstitusi rigid. Akan tetapi dahulu di Indonesia sempat diterapkan konstitusi yang fleksibel. Hal ini terjadi pada tanggal 27 Desember 1949 sampai dengan 17 Agustus 1950. Kala itu memang Indonesia masih menggunakan nama Republik Indonesia Serikat (RIS) sehingga konstitusinya bernama Konstitusi RIS. Konstitusi ini bersifat fleksibel karena dapat diubah hanya dengan cukup mudah terbukti dengan adanya perubahan beberapa kali pada pasal-pasal tertentu hingga akhirnya benar-benar ditetapkan tidak berlaku lagi dalam kurun waktu 8 bulan pasca penetapan konstitusi ini pertama kali.

Mungkin hal ini juga yang menyebabkan konstitusi yang berlaku sekarang (UUD 1945) bersifat rigid. Ini dapat menghindarkan kita dari pengubahan konstitusi yang cukup sering apabila para pemegang kewenangan akan hal ini ingin mengadakan pengubahan sewaktu-waktu. Meskipun bersifat rigid, UUD 1945 tetap memiliki mekanisme pengubahan yang tidak teramat sulit. Hal ini memang sudah disiapkan sejak awal agar konstitusi negara ini dapat menyesuaikan pesatnya perkembangan zaman yang terjadi.


Oke itulah penjelasan pengertian konstitusi fleksibel dan rigid secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami perbedaan konstitusi bersifat fleksibel dan rigid secara umum ya ! Lihat juga pengertian manuver 🙂