PENGERTIAN KONTEMPORER DAN CONTOHNYA


  • Pengertian kontemporer dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu kontemporer ? Apa arti kata kontemporer ?
  • Apa yang dimaksud dengan kontemporer ?
  • Apa pengertian arsitektur kontemporer ?
  • Apa pengertian kontemporer musik ?

Pengertian Kontemporer


Pengertian Kontemporer Menurut Para Ahli

Arti kontemporer adalah :

Pengertian kontemporer adalah sesuatu hal yang modern, yang eksis dan terjadi dan masih berlangsung sampai sekarang, atau segala hal yang berkaitan dengan saat ini. Contohnya seni kontemporer yang berarti seni modern yang tidak mengikuti berbagai aturan seni pada zaman dahulu dan seni tersebut berkembang sesuai dengan zaman sekarang.

Definisi kontemporer adalah kekinian, atau sesuatu yang menggambarkan hal-hal yang terjadi pada saat yang sama atau di masa sekarang.

Pengertian kontemporer menurut KBBI adalah segala hal yang berkaitan dengan keadaan dan kejadian yang terjadi pada saat ini.


Secara umum, pengertian kontemporer adalah “pada waktu yang sama, semasa, masa kini, dewasa ini”. Intinya kontemporer itu memiliki sifat kekinian, modern atau lebih tepatnya adalah sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama atau saat ini.

Kontemporer juga mencerminkan bahwa adanya kebebasan dalam menentukan sesuai apa yang berlaku saat itu atau saat ini. Jadi, kontemporer itu benar-benar pada masa sekarang ini bukan merujuk pada masa lalu.

Contohnya budaya kontemporer, yaknik budaya yang bersifat kekinian, modern boleh dikatakan budaya yang tidak terikat dengan aturan-aturan zaman dahulu dan lebih menekankan kepada aturan-aturan yang berlaku pada masa sekarang ini.

Contoh : Arus globalisasi yang masuk ke Indonesia mempengaruhi berbagai budaya yang ada, tidak hanya sampai disitu, budaya-budaya asing juga turut ikut andil masuk ke dalam budaya Indonesia, semisal budaya K-Pop, karena budaya ini ada remaja-remaja Indonesia lebih suka budaya K-Pop daripada budayanya sendiri karena budaya K-Pop sedang trend nya masa ini.

Contoh lainnya adalah kontemporer musik. Pengertian musik kontemporer adalah jenis musik baru yang tidak ada hubungannya dengan musik tradisional. Ciri-ciri musik kontemporer adalah ketidakbiasaan dan kebebasan. Contoh aliran musik kontemporer adalah djent, dub step, trance, trap dsb.

Pengertian arsitektur kontemporer adalah jenis arsitektur modern yang mempunyai ciri-ciri kebebasan dalam berekspresi, menampilkan sesuatu hal yang berbeda dan merupakan aliran baru (bukan kuno) atau merupakan penggabungan dari beberapa macam aliran arsitektur. (L Hilberseimer : 1964)


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian kontemporer dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian kontemporer secara umum ya ! Lihat juga pengertian domisili 🙂