PENGERTIAN KONTRAINDIKASI DALAM FARMAKOLOGI


  • Pengertian kontraindikasi dalam farmakologi itu apa sih ?
  • Apa itu kontraindikasi ? Apa arti kata kontraindikasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan kontraindikasi ?
  • Apa pengertian kontraindikasi relatif ?
  • Apa pengertian kontraindikasi absolut ?

Pengertian Kontraindikasi


Pengertian Kontraindikasi Menurut Para Ahli

Arti kontraindikasi adalah :

Pengertian kontraindikasi adalah situasi tertentu di mana obat, prosedur, atau operasi tidak boleh digunakan karena dapat membahayakan orang tersebut.

Definisi kontraindikasi adalah tanda bahwa seseorang tidak boleh melanjutkan pengobatan dengan obat tertentu karena hal termasuk ke dalam kondisi yang mungkin berbahaya.


Pada zaman sekarang kita dapat dengan mudah menemukan berbagai macam obat untuk berbagai penyakit dengan mudah. Kita bisa mendapatkannya di toko, minimarket, apotek, atau tempat-tempat lainnya. Ketika terserang penyakit-penyakit ringan seperti batuk, demam, flu, atau pilek biasanya kita akan langsung membeli obat ke apotek tanpa memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu. Hal ini boleh-boleh saja dilakukan akan tetapi kita harus membaca dengan teliti keterangan obat tersebut terlebih dahulu. Apa efek sampingnya dan bagaimana kontraindikasinya. Jangan sampai setelah makan obat bukannya sembuh justru menimbulkan penyakit atau keluhan lain.

Kontraindikasi adalah salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum kita meminum obat. Apalagi jika obat tersebut tanpa resep dari dokter. Kontraindikasi menerangkan mengenai kondisi-kondisi yang tidak cocok atau beresiko untuk mengonsumsi obat tersebut. Misalnya pada keterangan obat dijelaskan kontraindikasi hipertensi, ini berarti obat tersebut tidak boleh dikonsumsi atau tidak akan bekerja sebagaimana mesti pada orang yang menderita hipertensi, bahkan bisa beresiko terhadap kesehatan orang tersebut.

Lain halnya ketika kita memeriksakan diri ke dokter. Dokter sudah menganalisa kondisi kesehatan kita sehingga ia hanya akan meresepkan jenis obat dan dosis yang sesuai. Jika kita kurang memahami keterangan sebuah obat sebaiknya kita konsultasikan dulu ke dokter apakah obat tersebut cocok untuk kita atau tidak. Lebih baik mengeluarkan uang lebih pergi ke dokter daripada mempertaruhkan kesehatan kita sendiri.

Dalam hal dampaknya terhadap kesehatan ada dua jenis kontraindikasi yaitu kontraindikasi relatif dan kontraindikasi absolut. Pengertian kontraindikasi relatif adalah suatu kondisi yang dapat meningkatkan resiko buruk bagi kesehatan jika mengonsumsi obat tersebut. Meskipun demikian pada situasi-situasi tertentu ketika tidak ada pilihan lain maka obat ini dapat dikonsumsi. Misalnya penggunaan ibuprofen untuk menghilangkan nyeri pada wanita hamil trimester ketiga dimana penggunaan obat ini dapat menyebabkan penutupan prematur pembuluh darah pada jantung. Akan tetapi jika tidak ada pilihan lain maka wanita hamil dapat mengonsumsi ibuprofen.

Sedangkan pengertian kontraindikasi absolut adalah jenis kontarindikasi yang harus benar-benar dipatuhi karena jika tetap dilakukan akan berbahaya bagi kesehatan. Contohnya orang-orang yang memiliki alergi dengan obat anti-inflamasi non-steroid tidak boleh mengonsumsi ibuprofen sama sekali karena dapat membahayakan kesehatannya.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian kontraindikasi dalam farmakologi secara umum ya ! Lihat juga pengertian imunisasi dasar lengkap 🙂