PENGERTIAN KONTRAPRESTASI


  • Pengertian kontraprestasi dalam pajak itu apa sih ?
  • Apa itu kontraprestasi ? Apa arti kata kontraprestasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan kontraprestasi ?
  • Apa pengertian kontraprestasi tidak langsung ?
  • Apa pengertian kontraprestasi individual ?

Pengertian Kontraprestasi


Pengertian Kontraprestasi Menurut Para Ahli

Arti kontraprestasi adalah :

Definisi kontraprestasi adalah jasa timbal balik atas terjadinya suatu tindakan tertentu. Bahasa inggris kontraprestasi adalah contraprestation.

Pengertian kontraprestasi adalah kontraprestasi adalah prestasi atau hal-hal yang harus dilakukan seseorang atau kelompok terhadap prestasi yang sudah diberikan oleh pihak lain sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Bentuknya bisa bermacam-macam, bisa dalam bentuk uang, barang, atau jasa. Istilah kontraprestasi sering kita temui dalam kontrak kerja atau proposal sebuah kegiatan.


Contohnya dalam sebuah kontrak kerja antara seorang artis dengan pihak event organizer atau eo. Di dalam kontrak disebutkan apa saja kewajiban artis dan berapa harga yang wajib dibayarkan oleh pihak eo. Jika pihak eo sudah memenuhi kewajibannya dengan membayarkan honor artis tersebut maka si artis harus menjalankan kewajibannya sesuai dengan yang tertera di kontrak. Jika ada pihak yang tidak menyelesaikan kewajibannya dengan baik maka pihak tersebut dikatakan melakukan wanprestasi.

Untuk dapat menjalankan sebuah kegiatan dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Pihak penyelenggara kegiatan biasanya mencari tambahan dana dengan membuat proposal kegiatan untuk diajukan ke pihak sponsor.

Sebagai timbal balik atas bantuan dana yang diberikan maka dalam proposal dicantumkan kontraprestasi apa saja yang akan menjadi hak sponsor. Misalnya sponsor akan menjadi sponsor tunggal, akan disediakan porsi iklan yang cukup besar, logo sponsor akan disertakan dalam tiket dan spanduk kegiatan, dan lain sebagainya.

Salah satu faktor penting diterima atau tidaknya sebuah proposal kegiatan adalah isi kontraprestasi yang dicantumkan. Membuat kontraprestasi dalam sebuah proposal harus dilakukan dengan hati-hati. Jangan sampai calon sponsor merasa prestasi yang akan mereka berikan tidak sepadan dengan kontraprestasi yang ditawarkan.

Kita juga harus memperhatikan apakah kegiatan yang akan dilaksanakan cukup menarik bagi calon sponsor. Misalnya kegiatan kesehatan tentu tidak mungkin sponsornya dari perusahaan rokok. Kegiatan yang sering disponsori oleh perusahaan rokok seperti acara-acara musik.

Istilah kontraprestasi juga terdapat dalam bidang perpajakan. Pengertian kontraprestasi dalam pajak mengindikasikan bahwa pajak yang dipungut dari wajib pajak tidak akan mendapatkan kontraprestasi atau timbal balik secara langsung dan individual. Artinya masyarakat yang membayar pajak tidak akan menikmati hasilnya secara langung dan perorangan, melainkan secara bersama-sama dengan anggota masyarakat lain yang mungkin tidak membayar pajak.

Pengertian kontraprestasi individual adalah timbal balik yang didapatkan oleh setiap masing-masing individu atau perorangan secara langsung. Kontraprestasi individual tidak akan didapatkan dalam sistem perpajakan. Hal ini dikarenakan kontraprestasi dalam pajak bersifat kolektif yang mana individu yang membayar pajak ataupun yang tidak membayar pajak akan sama-sama menikmati hasilnya.

Pengertian kontraprestasi tidak langsung dalam pajak berarti bahwa setiap wajib pajak tidak mendapatkan imbalan secara langsung atas pajak yang mereka bayarkan. Dengan demikian, wajib pajak tersebut akan menikmati hasil dari kegiatan membayar pajak pada masa yang akan datang atau bahkan bisa tidak mendapatkan imbalan sama sekali.


Oke mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian kontraprestasi dalam pajak secara umum ya ! Lihat juga pengertian konstan 🙂