PENGERTIAN KUFUR NIKMAT DAN CONTOHNYA


  • Pengertian kufur nikmat dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu kufur nikmat ? Apa arti kata kufur nikmat ?
  • Apa yang dimaksud dengan kufur nikmat ?
  • Apa perbedaan syukur nikmat dan kufur nikmat ?
  • Apa pengertian kufur nikmat menurut bahasa dan istilah ?

Pengertian Kufur Nikmat


Pengertian Kufur Nikmat Menurut Para Ahli

Arti kufur nikmat adalah :

Pengertian kufur nikmat adalah menggunakan kenikmatan yang telah Allah berikan pada jalan-jalan yang tidak diridhai oleh Allah dan enggan mengucapkan alhamdulillah. (Imam al-Ghazali) 

Definisi kufur nikmat adalah sikap tidak pandai bersyukur dan tidak sadar bahwa sudah terlalu banyak kenikmatan yang Allah berikan kepada diri kita. Hal ini tercantum pada Alquran yaitu “Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, maka tidaklah akan sanggup kamu menghitungnya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan mengingkari (nikmat Allah)” (QS. Ibrahim : ayat 34).


Teman-teman tentu pernah mendengar istilah kufur nikmat, seperti ketika mendengar ceramah atau ketika mengikuti pelajaran agama di sekolah. Apa pengertian kufur nikmat dalam Islam ? Kufur nikmat adalah kebalikan dari istilah syukur nikmat seperti yang terdapat dalam hadits nabi yang menerangkan tentang balasan yang akan diperoleh oleh orang-orang yang mensyukuri nikmat dan orang-orang yang kufur terhadap nikmat Allah. Bagi orang-orang yang bersyukur maka akan ditambah oleh Allah sementara orang-orang yang ingkar atau kufur akan mendapat azab yang pedih.

Secara bahasa kufur artinya menutupi atau mengingkari. Kufur nikmat dapat diartikan mengingkari nikmat yang telah diberikan oleh Allah dimana hatinya tidak mengakui bahwa semua nikmat yang diterima merupakan pemberian Allah, kemudian lisannya juga tidak memuji Allah atas nikmat yang sudah diberi, dan anggota tubuhnya juga tidak digunakan untuk beramal sholeh.

Seorang muslim wajib bersyukur kepada Allah dan tidak boleh menyandarkan apapun nikmat yang diterimanya kepada selain Allah. Contoh kufur nikmat yaitu orang yang dilimpahi kelebihan kekayaan yang menggunakan hartanya untuk melakukan hal-hal yang dilarang Allah seperti membeli narkoba dan minuman keras. Ini adalah contoh orang yang kufur nikmat karena ia telah menggunakan pemberian Allah di jalan yang tidak diridhoi-Nya.

Salah satu contoh orang yang kufur nikmat dalam sejarah dan disebutkan kisahnya di dalam Al-qur’an adalah Qorun. Seorang yang kaya raya akan tetapi tidak bersyukur kepada Allah sehingga dihukum oleh Allah yaitu dengan menenggelamkannya ke dalam bumi bersama harta-hartanya. Hal ini sangat terkenal sehingga jika  ada emas atau benda berharga ditemukan sering disebut dengan istilah harta karun.

Agar kita tidak terjerumus kepada kekufuran maka perlu kita waspadai faktor-faktor yang dapat menyebabkan seseorang menjadi kufur nikmat, diantaranya pondasi agama seseorang yang lemah. Kurangnya dasar agama dalam diri seseorang dapat menyebabkan ia terjerumus pada kufur nikmat dimana ia tidak memahami bahwa segala nikmat yang diperoleh berasal dari Allah.

Untuk itu sangat penting bagi kita untuk terus belajar dan menuntut ilmu agama. Kemudian seseorang juga bisa menjadi kufur nikmat karena godaan hawa nafsu. Walaupun ilmu agama sudah ada tetapi jika seseorang tidak mampu mengendalikan hawa nafsunya maka ia bisa tergelincir pada sikap kufur nikmat. Kufur nikmat bisa juga terjadi karena kesulitan ekonomi. Bukankah pernah kita dengar orang yang mau berpindah agama demi sekardus mie instan. Semoga kita terhindar dari sifat kufur nikmat ini.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kufur nikmat dan contohnya. Nah sekarang kalian sudah paham akan pengertian syukur nikmat dan kufur nikmat kan ! Semoga artikel kufur nikmat ini bisa bermanfaat bati teman-teman semua. Lihat juga pengertian kontroversi dan contohnya 🙂