PENGERTIAN KULTURAL


  • Pengertian kultural budaya itu apa sih ?
  • Apa itu kultural ? Apa arti kata kultural ?
  • Apa yang dimaksud dengan kultural ?
  • Apa pengertian landasan kultural ?
  • Apa contoh kultural ?

Pengertian Kultural


Pengertian kultural Menurut Para Ahli

Arti kultural adalah :

Definisi kultural adalah sesuatu hal yang terkait dengan kebudayaan kelompok tertentu serta kebiasaan mereka yang meliputi kepercayaan, tradisi, dsb atau hal-hal yang berkaitan dengan seni rupa seperti seperti musik, teater, melukis, dll.

Pengertian kultural budaya adalah segala cakupan budaya yang sudah ada secara turun temurun yang meliputi bidang seni, pengetahuan, hukum, kepercayaan, adat istiadat,  pola kebiasaan masyarakat dan hal terkait lainnya yang ada di suatu wilayah masyarakat tertentu.

Pengertian landasan kultural adalah landasan yang lebih menekankan kepada nilai-nilai kebudayaan bangsa yaitu suatu kultur budaya yang menjadi jati diri bangsa yang telah ada sejak jaman dahulu dan tidak terpengaruh oleh unsur budaya bangsa lain.


Pengertian kultural adalah sesuatu yang berhubungan dengan kebudayaan. Jadi, segala sesuatu yang ada kaitan dengan unsur budaya disebut kultural. Banyak hal yang berkaitan dengan kultural. Dalam berbagai segi kehidupan manusia, makna kultural melekat erat, misal dalam bidang pendidikan, sosiologi dan sebagainya.

Kebutuhan sehari-hari manusia ada tiga jenis, yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Primer berhubungan dengan kebutuhan pokok seperti makanan, pakaian dan sebagainya. Tersier kebutuhan akan barang mewah. Sedangkan sekunder atau kebutuhan kultural, berhubungan dengan kondisi dimana seseorang tersebut berada. Misal orang yang berada di Surabaya akan berbeda kebutuhannya dengan orang di daerah pedalaman Papua.

Dalam bidang pendidikan, kultural berperan penting. Karena unsur kultural memiliki tujuan untuk melestarikan budaya dari sebuah daerah kepada para generasi penerus, dan cara satu-satunya yang dapat dilakukan adalah dengan jalur pendidikan. Masyarakat berusaha unuk melakukan perubahan yang sesuai dengan perkembangan zama sehingga akan lahir norma, aturan, dan tata tertib baru di masyarakat.

Contoh lain dari segi kultural yang sering kita lihat dan alami adalah fenomena mudik lebaran. Mudik pada saat hari raya Idul Fitri bukanlah kebudayaan Islam di seluruh belahan dunia, tetapi hanya terjadi di Indonesia. Masyarakat yang merantau memanfaatkan momen ini untuk pulang ke kampung halaman supaya bisa bertemu keluarga tercinta. Hal ini sudah berlangsung turun temurun selama entah berapa lamanya. Yang pasti mudik sudah menjadi momen kultural atau kebudayaan bagi bangsa kita.

Ada juga istilah cultural lag atau ketinggalan budaya. Contohnya teknologi komputer tidak menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia, oleh sebab itu anak-anak di daerah pedalaman masih kurang informasi tentang komputer dan bahkan belum bisa mengoperasikannya. Faktor penyebab cultural lag bermacam-macam.

Selain faktor penghambat seperti kurangnya informasi karena keterbatasan transportasi, faktor penyebab lain ialah masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai jenis (heterogenitas). Sebagian orang ada yang siap mental menghadapi teknologi baru dari negara lain, namun sebagian yang lain masih belum siap menerima datangnya teknologi baru tersebut.


Itulah penjelasan singkat tentang arti kultural dan contoh kultural. Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian kultural secara umum ya ! Lihat juga pengertian karsinogenik dan contohnya 🙂