PENGERTIAN KUMULATIF DAN CONTOHNYA


  • Pengertian kumulatif dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu kumulatif ? Apa arti kata kumulatif ?
  • Apa yang dimaksud dengan kumulatif ?
  • Apa yang dimaksud dengan sosiologi bersifat kumulatif ?
  • Apa pengertian kumulatif terbuka ?

Pengertian Kumulatif


Pengertian Kumulatif Menurut Para Ahli

Arti kumulatif adalah :

Pengertian kumulatif adalah sesuatu yang meningkat dalam segi jumlah, kekuatan, atau efek dengan penambahan berturut-turut atau langkah-langkah bertahap. Peningkatan ini bisa berakibat menjadi lebih baik atau lebih buruk dari waktu ke waktu melalui serangkaian penambahan.

Definisi kumulatif adalah menumpuk, menimbun, makin lama makin besar, berasal dari bahasa latin “Cumulare”.

Pengertian hukuman kumulatif adalah hukuman yang diberi sanksi berganda seperti hukuman pidana denda dan penjara kurungan. Hukuman kumulatif ini terjadi jika satu orang melakukan dua atau lebih tindak pidana pada waktu yang bersamaan.

Pengertian kumulatif menurut sosiologi yaitu sosiologi adalah ilmu yang dibentuk dari teori-teori yang sudah ada terdahulu. Dengan demikian teori sosiologi sudah banyak diperbaiki, diperluas dan memperhalus teori-teori yang lama.

Pengertian data kumulatif adalah jenis data yang tidak dinyatakan dengan angka-angka, biasanya data ini berbentuk kata-lata atau penyataan. Contoh data kumulatif : kemiskinan dan pengangguran meningkat.

Pengertian kumulatif terbuka adalah sifat UU yang bisa kapan saja dibahas atau dapat diajukan sewaktu-waktu tanpa harus melalui proses prolegnas (program legislasi nasional) terlebih dahulu.


Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah kumulatif. Istilah ini merupakan kata sifat dari kata kerja kumulasi. Dalam penggunaannya kita akan mendapati kata ini digabungkan dengan kata lain, contohnya seperti data kumulatif, nilai kumulatif, indeks prestasi kumulatif atau IPK, beban studi kumulatif, dakwaan kumulatif, dan lain sebagainya.

Pengertian kumulatif adalah segala sesuatu yang sifatnya penggabungan, penumpukan, atau penambahan dari bagian-bagian. Seperti istilah indeks prestasi kumulatif yang berarti nilai yang menyatakan prestasi akademik seorang mahasiswa selama menempuh perkuliahan mulai dari semester pertama hingga semester yang telah dijalani atau semester akhir. IPK inilah yang nantinya akan dicantumkan dalam transkrip nilai ketika sudah menerima ijazah.

Atau istilah dakwaan kumulatif dalam bidang hukum yang berarti dakwaan yang terdiri dari beberapa tindak pidana sekaligus yang masing-masing berdiri sendiri. Seperti seseorang yang didakwa melakukan tindak pidana pembunuhan, pencurian, dan pemerkosaan. Setiap dakwaan harus dapat dibuktikan dan jika ada dakwaan yang tidak terbukti maka terdakwa harus dibebaskan dari dakwaan tersebut.

Kumulatif memperlihatkan keseluruhan kondisi dari suatu objek sehingga kita memiliki gambaran yang lebih luas dan mendalam mengenai objek tersebut. Gambaran atau pemahaman mendalam mengenai sesuatu membantu kita dalam mengambil tindakan atau keputusan yang tepat.

Contohnya kajian dampak kumulatif yang ditimbulkan sebuah proyek pembangunan pabrik terhadap lingkungan sekitar. Selain memperhatikan dampak langsung dari proyek tersebut kita juga harus meneliti dampak-dampak lain secara keseluruhan yang akan timbul dari pembangunan pabrik yang akan mempengaruhi lingkungan disekitarnya baik lingkungan hidup maupun lingkungan masyarakat.

Seperti limbah pabrik yang dapat mengotori sungai yang kemudian dapat merusak populasi hewan di sekitar pabrik, mempengaruhi tanaman di sekitar sungai, mengotori sumber air minum, bahkan sampai mempengaruhi pemanasan global. Atau dari segi pengaruh proyek tersebut terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat sekitar, seperti menambah peluang kerja, menambah peluang usaha, meningkatkan ekonomi masyarakat, dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui dampak kumulatif ini sehingga para pemimpin sebagai pemegang keputusan dapat mengambil keputusan terbaik apakah akan meloloskan proyek tersebut atau tidak dengan mengukur mana yang lebih besar manfaat atau kerugiannya.


Itulah penjelasan singkat tentang definisi kumulatif dan contoh kumulatif. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian kumulatif dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian inspiratif 🙂